Pantun Sehat: Tangan Bersih, Badan Sehat


Pantun Sehat: Tangan Bersih, Badan Sehat

Di zaman modern ini, kesehatan menjadi salah satu prioritas utama bagi banyak orang. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan menjaga kebersihan diri, terutama kebersihan tangan.

Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sering digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas, mulai dari makan, bekerja, hingga bersentuhan dengan orang lain. Oleh karena itu, menjaga kebersihan tangan sangat penting untuk mencegah penyebaran kuman dan penyakit.

Berikut beberapa pantun sehat yang dapat mengingatkan kita untuk selalu menjaga kebersihan tangan:

Pantun Sehat

Menjaga kebersihan tangan, Kunci hidup sehat bugar.

  • Cuci tangan pakai sabun.
  • Sebelum makan dan sesudah.
  • Hindari menyentuh wajah.
  • Gunakan hand sanitizer.
  • Jaga kebersihan kuku.
  • Jangan berbagi makanan dan minuman.
  • Buang sampah pada tempatnya.

Dengan menjaga kebersihan tangan, Kita terhindar dari penyakit.

Cuci tangan pakai sabun.

Mencuci tangan dengan sabun merupakan salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyebaran kuman dan penyakit. Sabun dapat membunuh kuman dan virus yang menempel di tangan, sehingga tangan menjadi bersih dan higienis.

Waktu-waktu penting untuk mencuci tangan dengan sabun antara lain:

  • Sebelum makan dan setelah makan.
  • Setelah menggunakan toilet.
  • Setelah memegang uang atau benda-benda kotor.
  • Setelah bersin atau batuk.
  • Setelah menyentuh hewan.

Untuk mencuci tangan dengan benar, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Basahi tangan dengan air mengalir.
  2. Tuangkan sabun secukupnya ke telapak tangan.
  3. Gosok kedua telapak tangan hingga berbusa.
  4. Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela jari, kuku, dan punggung tangan.
  5. Bilas tangan dengan air mengalir hingga bersih.
  6. Keringkan tangan dengan handuk bersih atau tisu.

Dengan mencuci tangan pakai sabun secara teratur, kita dapat melindungi diri dari berbagai penyakit, seperti diare, muntaber, flu, dan penyakit lainnya.

Sebelum makan dan sesudah.

Mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan sesudah makan sangat penting untuk menjaga kebersihan makanan dan mencegah penyebaran kuman dan penyakit.

  • Sebelum makan

    Mencuci tangan sebelum makan dapat mencegah masuknya kuman dan bakteri dari tangan ke dalam makanan. Kuman dan bakteri tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti diare, muntaber, dan penyakit lainnya.

  • Sesudah makan

    Mencuci tangan sesudah makan dapat menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel di tangan, sehingga tangan menjadi bersih dan higienis. Sisa-sisa makanan tersebut dapat menjadi tempat berkembang biaknya kuman dan bakteri.

Dengan mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan sesudah makan, kita dapat melindungi diri dari berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh kita.

Hindari menyentuh wajah.

Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sering disentuh oleh tangan. Padahal, tangan kita seringkali menjadi tempat berkumpulnya kuman dan bakteri. Oleh karena itu, menghindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor dapat membantu mencegah penyebaran kuman dan penyakit.

Berikut beberapa contoh kebiasaan menyentuh wajah yang harus dihindari:

  • Menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang kotor.
  • Menggaruk wajah dengan tangan yang kotor.
  • Menyandarkan wajah di tangan yang kotor.
  • Menutup mulut atau hidung dengan tangan saat batuk atau bersin.

Jika terpaksa harus menyentuh wajah, pastikan tangan kita sudah dicuci bersih dengan sabun dan air mengalir.

Dengan menghindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, kita dapat melindungi diri dari berbagai penyakit, seperti flu, pilek, diare, dan penyakit lainnya.

Gunakan hand sanitizer.

Hand sanitizer merupakan cairan pembersih tangan yang efektif membunuh kuman dan bakteri. Hand sanitizer dapat digunakan saat tidak ada akses ke air dan sabun, seperti saat bepergian atau berada di tempat umum.

Untuk menggunakan hand sanitizer dengan benar, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tuangkan hand sanitizer secukupnya ke telapak tangan.
  2. Gosok kedua telapak tangan hingga kering.
  3. Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela jari, kuku, dan punggung tangan.
  4. Biarkan hand sanitizer mengering di tangan.

Hand sanitizer efektif membunuh kuman dan bakteri, tetapi tidak dapat menggantikan cuci tangan dengan sabun dan air. Cuci tangan dengan sabun dan air tetap merupakan cara terbaik untuk membersihkan tangan dan mencegah penyebaran kuman dan penyakit.

Namun, hand sanitizer dapat menjadi alternatif yang baik ketika tidak ada akses ke air dan sabun. Dengan menggunakan hand sanitizer secara teratur, kita dapat membantu menjaga kebersihan tangan dan melindungi diri dari berbagai penyakit.

Jaga kebersihan kuku.

Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang sering menyimpan kuman dan bakteri. Oleh karena itu, menjaga kebersihan kuku sangat penting untuk mencegah penyebaran kuman dan penyakit.

  • Potong kuku secara teratur

    Kuku yang panjang dan kotor dapat menjadi tempat berkumpulnya kuman dan bakteri. Oleh karena itu, potong kuku secara teratur agar tetap pendek dan bersih.

  • Bersihkan kuku dengan sabun dan air

    Saat mencuci tangan, jangan lupa untuk membersihkan kuku dengan sabun dan air. Gunakan sikat kuku untuk membersihkan kotoran yang menempel di bawah kuku.

  • Hindari menggigit kuku

    Menggigit kuku dapat merusak kuku dan menyebabkan infeksi. Selain itu, menggigit kuku juga dapat menyebarkan kuman dan bakteri ke dalam mulut.

  • Gunakan cat kuku dengan benar

    Jika ingin menggunakan cat kuku, pastikan untuk menggunakan cat kuku yang berkualitas baik dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya. Gunakan cat kuku secukupnya dan jangan terlalu tebal. Bersihkan cat kuku secara teratur agar tidak menjadi tempat berkumpulnya kuman dan bakteri.

Dengan menjaga kebersihan kuku, kita dapat melindungi diri dari berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh kita.


Artikel Terkait

Bagikan:

Tags