Mengenal Kantor BPJS Kesehatan Jakarta Barat


Mengenal Kantor BPJS Kesehatan Jakarta Barat

Kantor BPJS Kesehatan Jakarta Barat merupakan salah satu kantor cabang BPJS Kesehatan yang berlokasi di Jakarta Barat. Kantor ini menyediakan berbagai layanan terkait dengan program JKN-KIS, seperti pendaftaran peserta, pembayaran iuran, penggantian biaya perawatan, dan pelayanan informasi. Bagi Anda yang tinggal di Jakarta Barat dan membutuhkan informasi atau layanan terkait dengan BPJS Kesehatan, Anda dapat mengunjungi kantor cabang ini.

Kantor BPJS Kesehatan Jakarta Barat terletak di Jalan Daan Mogot Raya No. 21, RT.1/RW.3, Kecamatan Kalideres, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Kantor ini buka setiap hari kerja, Senin sampai Jumat, mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Anda dapat menghubungi kantor ini melalui telepon di nomor (021) 5595 1680 atau melalui email di [jktbarat@bpjs- kesehatan.go.id](mailto:jktbarat@bpjs- kesehatan.go.id). Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi situs web resmi BPJS Kesehatan di [www.bpjs- kesehatan.go.id](https://www.bpjs- kesehatan.go.id/bpjs- kesehatan-kabupaten-kota/bpjs- kesehatan-kota-dki- jakarta-barat/).

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas secara rinci berbagai layanan yang tersedia di Kantor BPJS Kesehatan Jakarta Barat. Kita juga akan memberikan informasi mengenai cara pendaftaran peserta JKN-KIS, cara pembayaran iuran, dan cara penggantian biaya perawatan.

kantor bpjs kesehatan jakarta barat

Pelayanan lengkap BPJS Kesehatan Jakarta Barat

  • Pendaftaran peserta
  • Pembayaran iuran
  • Penggantian biaya perawatan
  • Pelayanan informasi
  • Alamat strategis
  • Jam operasional jelas

Dengan berbagai layanan dan kemudahan yang tersedia, Kantor BPJS Kesehatan Jakarta Barat menjadi pilihan utama bagi warga Jakarta Barat untuk mengakses layanan BPJS Kesehatan.

Pendaftaran peserta

Pendaftaran peserta JKN-KIS di Kantor BPJS Kesehatan Jakarta Barat dapat dilakukan secara langsung atau melalui daring (online).

  • Datang langsung ke kantor

    Anda dapat datang langsung ke Kantor BPJS Kesehatan Jakarta Barat yang beralamat di Jalan Daan Mogot Raya No. 21, RT.1/RW.3, Kecamatan Kalideres, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Pastikan Anda membawa dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti KTP, KK, dan fotokopi buku tabungan.

  • Daftar online

    Anda juga dapat mendaftar peserta JKN-KIS secara online melalui situs web BPJS Kesehatan atau melalui aplikasi Mobile JKN. Pastikan Anda memiliki akun BPJS Kesehatan terlebih dahulu. Setelah memiliki akun, Anda dapat mengikuti langkah-langkah pendaftaran peserta JKN-KIS yang tersedia di situs web atau aplikasi.

  • Pilih Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP)

    Pada saat pendaftaran, Anda akan diminta untuk memilih FKTP yang akan menjadi tempat Anda berobat pertama kali jika sakit. Anda dapat memilih FKTP yang terdekat dengan tempat tinggal atau tempat kerja Anda.

  • Bayar iuran pertama

    Setelah pendaftaran selesai, Anda akan diberikan nomor peserta JKN-KIS. Anda harus membayar iuran pertama JKN-KIS sesuai dengan kelas perawatan yang dipilih. Pembayaran iuran dapat dilakukan melalui bank, kantor pos, atau melalui aplikasi Mobile JKN.

Setelah semua proses pendaftaran selesai, Anda akan resmi menjadi peserta JKN-KIS dan dapat menikmati layanan kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pembayaran iuran

Pembayaran iuran BPJS Kesehatan dapat dilakukan di Kantor BPJS Kesehatan Jakarta Barat, melalui bank, kantor pos, atau melalui aplikasi Mobile JKN. Berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai masing-masing metode pembayaran:

1. Pembayaran di Kantor BPJS Kesehatan Jakarta Barat

Anda dapat membayar iuran BPJS Kesehatan secara langsung di Kantor BPJS Kesehatan Jakarta Barat yang beralamat di Jalan Daan Mogot Raya No. 21, RT.1/RW.3, Kecamatan Kalideres, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Pastikan Anda membawa nomor peserta JKN-KIS dan uang tunai yang cukup untuk membayar iuran.

2. Pembayaran melalui bank

Anda dapat membayar iuran BPJS Kesehatan melalui bank yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Beberapa bank yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan antara lain Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank BCA, dan Bank CIMB Niaga. Anda dapat membayar iuran BPJS Kesehatan melalui ATM, teller bank, atau melalui internet banking.

3. Pembayaran melalui kantor pos

Anda dapat membayar iuran BPJS Kesehatan melalui kantor pos. Pastikan Anda membawa nomor peserta JKN-KIS dan uang tunai yang cukup untuk membayar iuran. Anda dapat membayar iuran BPJS Kesehatan di loket kantor pos atau melalui pos giro.

4. Pembayaran melalui aplikasi Mobile JKN

Anda dapat membayar iuran BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN. Pastikan Anda memiliki akun BPJS Kesehatan terlebih dahulu. Setelah memiliki akun, Anda dapat mengikuti langkah-langkah pembayaran iuran yang tersedia di aplikasi Mobile JKN.

Pembayaran iuran BPJS Kesehatan harus dilakukan sebelum tanggal 10 setiap bulannya. Jika Anda terlambat membayar iuran, Anda akan dikenakan denda sebesar 2% dari total iuran yang harus dibayar. Pastikan Anda membayar iuran BPJS Kesehatan tepat waktu agar tidak dikenakan denda.

Demikian penjelasan mengenai pembayaran iuran BPJS Kesehatan di Kantor BPJS Kesehatan Jakarta Barat. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Kantor BPJS Kesehatan Jakarta Barat melalui telepon di nomor (021) 5595 1680 atau melalui email di [jktbarat@bpjs- kesehatan.go.id](mailto:jktbarat@bpjs- kesehatan.go.id).


Artikel Terkait

Bagikan: