Cara Mudah Mengecek BPJS Kesehatan


Cara Mudah Mengecek BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan adalah program pemerintah yang memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh warga negara Indonesia. Dengan BPJS Kesehatan, Anda dapat mengakses layanan kesehatan di berbagai fasilitas kesehatan, mulai dari puskesmas hingga rumah sakit.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengecek BPJS Kesehatan Anda. Salah satunya adalah melalui situs web resmi BPJS Kesehatan. Anda juga dapat mengecek BPJS Kesehatan Anda melalui aplikasi JKN Mobile yang dapat diunduh di App Store atau Google Play.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengecek BPJS Kesehatan Anda melalui situs web resmi BPJS Kesehatan:

mengecek bpjs kesehatan

Berikut ini adalah 9 poin penting tentang mengecek BPJS kesehatan:

  • Akses situs web BPJS Kesehatan
  • Unduh aplikasi JKN Mobile
  • Siapkan nomor BPJS Kesehatan
  • Masukkan nomor BPJS Kesehatan
  • Cek status kepesertaan BPJS Kesehatan
  • Cek saldo BPJS Kesehatan
  • Cek riwayat pengobatan BPJS Kesehatan
  • Cek informasi keluarga BPJS Kesehatan
  • Hubungi customer service BPJS Kesehatan

Dengan mengecek BPJS Kesehatan secara berkala, Anda dapat memastikan bahwa Anda dan keluarga Anda terlindungi oleh program jaminan kesehatan pemerintah ini.

Akses situs web BPJS Kesehatan

Salah satu cara termudah untuk mengecek BPJS Kesehatan Anda adalah melalui situs web resmi BPJS Kesehatan. Situs web ini menyediakan berbagai informasi tentang BPJS Kesehatan, termasuk status kepesertaan, saldo, riwayat pengobatan, dan informasi keluarga.

  • Buka situs web BPJS Kesehatan

    Anda dapat mengakses situs web BPJS Kesehatan di alamat https://www.bpjs-kesehatan.go.id/.

  • Pilih menu “Cek Kepesertaan”

    Pada halaman utama situs web BPJS Kesehatan, pilih menu “Cek Kepesertaan” yang terletak di bagian atas halaman.

  • Masukkan nomor BPJS Kesehatan Anda

    Pada halaman “Cek Kepesertaan”, masukkan nomor BPJS Kesehatan Anda pada kolom yang tersedia. Pastikan Anda memasukkan nomor BPJS Kesehatan yang benar dan lengkap.

  • Klik tombol “Cek”

    Setelah Anda memasukkan nomor BPJS Kesehatan, klik tombol “Cek” untuk melihat informasi tentang kepesertaan BPJS Kesehatan Anda.

Melalui situs web BPJS Kesehatan, Anda dapat mengecek berbagai informasi tentang BPJS Kesehatan Anda dengan mudah dan cepat. Pastikan Anda memiliki akses internet yang stabil untuk mengakses situs web BPJS Kesehatan.

Unduh aplikasi JKN Mobile

Selain melalui situs web, Anda juga dapat mengecek BPJS Kesehatan Anda melalui aplikasi JKN Mobile. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di App Store (untuk perangkat iOS) dan Google Play (untuk perangkat Android).

  • Buka App Store atau Google Play

    Buka App Store (untuk perangkat iOS) atau Google Play (untuk perangkat Android) di perangkat Anda.

  • Cari aplikasi JKN Mobile

    Pada kolom pencarian, ketik “JKN Mobile” dan tekan tombol “Cari”.

  • Pilih aplikasi JKN Mobile

    Pilih aplikasi JKN Mobile yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan.

  • Klik tombol “Instal”

    Klik tombol “Instal” untuk mengunduh dan memasang aplikasi JKN Mobile di perangkat Anda.

Setelah aplikasi JKN Mobile terpasang di perangkat Anda, Anda dapat langsung menggunakannya untuk mengecek BPJS Kesehatan Anda. Pastikan Anda memiliki akses internet yang stabil untuk menggunakan aplikasi JKN Mobile.

Siapkan nomor BPJS Kesehatan

Sebelum Anda dapat mengecek BPJS Kesehatan Anda, pastikan Anda memiliki nomor BPJS Kesehatan Anda. Nomor BPJS Kesehatan adalah nomor identitas yang diberikan kepada setiap peserta BPJS Kesehatan. Nomor ini biasanya terdiri dari 13 digit angka dan tertera pada kartu BPJS Kesehatan Anda.

Jika Anda tidak memiliki kartu BPJS Kesehatan, Anda dapat mencari nomor BPJS Kesehatan Anda melalui situs web BPJS Kesehatan atau aplikasi JKN Mobile. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mencari nomor BPJS Kesehatan Anda melalui situs web BPJS Kesehatan:

  1. Buka situs web BPJS Kesehatan di alamat https://www.bpjs-kesehatan.go.id/.
  2. Pilih menu “Cek Kepesertaan” yang terletak di bagian atas halaman.
  3. Masukkan data diri Anda, seperti nama lengkap, tanggal lahir, dan nomor identitas (KTP/SIM/Paspor).
  4. Klik tombol “Cari”.
  5. Nomor BPJS Kesehatan Anda akan ditampilkan pada hasil pencarian.

Jika Anda tidak memiliki akses internet, Anda dapat mencari nomor BPJS Kesehatan Anda melalui layanan pelanggan BPJS Kesehatan di nomor telepon 1500 400. Pastikan Anda menyiapkan data diri Anda, seperti nama lengkap, tanggal lahir, dan nomor identitas (KTP/SIM/Paspor) saat menghubungi layanan pelanggan BPJS Kesehatan.

Setelah Anda memiliki nomor BPJS Kesehatan, Anda dapat menggunakannya untuk mengecek BPJS Kesehatan Anda melalui situs web BPJS Kesehatan, aplikasi JKN Mobile, atau layanan pelanggan BPJS Kesehatan.


Artikel Terkait

Bagikan: