Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Mangga merupakan salah satu buah tropis yang populer di Indonesia. Buah ini memiliki rasa manis dan segar yang khas. Selain nikmat untuk dikonsumsi, mangga juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Mangga mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalium, dan folat. Buah ini juga merupakan sumber antioksidan yang baik yang dapat menangkal radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Dengan mengonsumsi mangga secara teratur, Anda dapat merasakan berbagai manfaat kesehatannya, seperti:

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Berikut ini adalah 6 manfaat penting buah mangga untuk kesehatan:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Menjaga kesehatan mata
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Mencegah penyakit jantung
  • Melancarkan pencernaan
  • Mencegah kanker

Dengan mengonsumsi mangga secara teratur, Anda dapat merasakan berbagai manfaat kesehatannya tersebut.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mangga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, yang merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C membantu tubuh memproduksi sel darah putih, yang berperan penting dalam melawan infeksi.

  • Mencegah masuk angin dan flu

    Konsumsi mangga secara teratur dapat membantu mencegah masuk angin dan flu, terutama saat musim hujan atau saat daya tahan tubuh sedang lemah.

  • Mempercepat penyembuhan luka

    Vitamin C dalam mangga juga membantu mempercepat penyembuhan luka. Nutrisi ini berperan penting dalam pembentukan kolagen, protein yang dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

  • Mencegah penyakit kronis

    Antioksidan dalam mangga dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat memicu berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, dan kanker.

  • Meningkatkan penyerapan zat besi

    Mangga juga mengandung vitamin A, yang membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan. Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk produksi sel darah merah.

Dengan mengonsumsi mangga secara teratur, Anda dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi diri dari berbagai penyakit.

Menjaga Kesehatan Mata

Mangga merupakan sumber vitamin A yang sangat baik, yang merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A membantu melindungi kornea mata dan menjaga kesehatan sel-sel retina.

  • Mencegah rabun senja

    Konsumsi mangga secara teratur dapat membantu mencegah rabun senja, yaitu kesulitan melihat dalam kondisi cahaya redup. Hal ini karena vitamin A berperan penting dalam pembentukan rhodopsin, protein yang dibutuhkan untuk penglihatan malam.

  • Mencegah mata kering

    Mangga juga mengandung vitamin E, yang membantu menjaga kesehatan lapisan air mata. Lapisan air mata ini berfungsi untuk melindungi mata dari kekeringan dan iritasi.

  • Mencegah katarak

    Antioksidan dalam mangga dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat memicu terjadinya katarak. Katarak adalah kekeruhan pada lensa mata yang dapat menyebabkan gangguan penglihatan.

  • Menjaga kesehatan makula

    Lutein dan zeaxanthin adalah dua antioksidan yang ditemukan dalam mangga yang berperan penting dalam menjaga kesehatan makula, bagian mata yang bertanggung jawab untuk penglihatan sentral. Konsumsi mangga secara teratur dapat membantu mencegah degenerasi makula, penyakit mata yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

Dengan mengonsumsi mangga secara teratur, Anda dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah berbagai gangguan penglihatan.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Mangga mengandung serat makanan yang tinggi, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Serat makanan bekerja dengan cara mengikat kolesterol di saluran pencernaan dan mencegahnya diserap ke dalam tubuh.

  • Menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat)

    Kolesterol LDL adalah jenis kolesterol jahat yang dapat menumpuk di dinding arteri dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Konsumsi mangga secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung.

  • Meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik)

    Kolesterol HDL adalah jenis kolesterol baik yang membantu membersihkan kolesterol LDL dari dinding arteri dan membawanya kembali ke hati untuk dibuang. Konsumsi mangga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan mengurangi risiko penyakit jantung.

  • Mencegah penumpukan plak di arteri

    Serat makanan dalam mangga juga dapat membantu mencegah penumpukan plak di arteri. Plak adalah zat lengket yang terbentuk dari kolesterol, lemak, kalsium, dan zat lainnya. Penumpukan plak di arteri dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

  • Menurunkan risiko penyakit jantung

    Dengan menurunkan kadar kolesterol LDL, meningkatkan kadar kolesterol HDL, dan mencegah penumpukan plak di arteri, konsumsi mangga secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, seperti serangan jantung dan stroke.

Dengan mengonsumsi mangga secara teratur, Anda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Ada banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, dan gaya hidup tidak sehat. Konsumsi mangga secara teratur dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan cara:

Menurunkan kadar kolesterol

Mangga mengandung serat makanan yang tinggi, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Serat makanan bekerja dengan cara mengikat kolesterol di saluran pencernaan dan mencegahnya diserap ke dalam tubuh. Menurunkan kadar kolesterol dapat mengurangi risiko penyakit jantung, seperti serangan jantung dan stroke.

Mencegah penumpukan plak di arteri

Serat makanan dalam mangga juga dapat membantu mencegah penumpukan plak di arteri. Plak adalah zat lengket yang terbentuk dari kolesterol, lemak, kalsium, dan zat lainnya. Penumpukan plak di arteri dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Konsumsi mangga secara teratur dapat membantu mencegah penumpukan plak di arteri dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Menurunkan tekanan darah

Mangga mengandung kalium yang tinggi, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kalium bekerja dengan cara menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh. Konsumsi natrium yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah, sedangkan konsumsi kalium yang tinggi dapat membantu menurunkan tekanan darah. Menurunkan tekanan darah dapat mengurangi risiko penyakit jantung, seperti serangan jantung dan stroke.

Mencegah diabetes

Konsumsi mangga secara teratur dapat membantu mencegah diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi. Diabetes dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, seperti serangan jantung dan stroke. Mangga mengandung serat makanan yang tinggi, yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Dengan mengonsumsi mangga secara teratur, Anda dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan berbagai cara. Mangga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mencegah penumpukan plak di arteri, menurunkan tekanan darah, dan mencegah diabetes.

Melancarkan Pencernaan

Mangga mengandung serat makanan yang tinggi, yang penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat makanan bekerja dengan cara menambahkan bulk pada tinja dan membuatnya lebih mudah dikeluarkan. Konsumsi mangga secara teratur dapat membantu mencegah dan mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti:

Sembelit

Sembelit adalah kondisi dimana seseorang kesulitan buang air besar. Sembelit dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurang konsumsi serat makanan, kurang minum air putih, dan gaya hidup tidak aktif. Konsumsi mangga secara teratur dapat membantu mengatasi sembelit dengan cara menambahkan bulk pada tinja dan membuatnya lebih mudah dikeluarkan.

Diare

Diare adalah kondisi dimana seseorang mengalami buang air besar lebih sering dari biasanya, dengan tinja yang encer atau berair. Diare dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi bakteri atau virus, keracunan makanan, dan intoleransi makanan. Konsumsi mangga secara teratur dapat membantu mengatasi diare dengan cara menyerap kelebihan air dalam tinja dan membuatnya lebih padat.

Divertikulitis

Divertikulitis adalah kondisi dimana kantong-kantong kecil terbentuk di dinding usus besar. Kantong-kantong ini dapat terinfeksi dan menyebabkan nyeri, demam, dan diare. Konsumsi mangga secara teratur dapat membantu mencegah divertikulitis dengan cara menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah terbentuknya kantong-kantong di dinding usus besar.

Kanker usus besar

Kanker usus besar merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum di dunia. Konsumsi mangga secara teratur dapat membantu menurunkan risiko kanker usus besar dengan cara menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah terbentuknya polip, yang merupakan pertumbuhan abnormal pada dinding usus besar yang dapat berkembang menjadi kanker.

Dengan mengonsumsi mangga secara teratur, Anda dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit, diare, divertikulitis, dan kanker usus besar.

Mencegah Kanker

Mangga mengandung berbagai nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi mangga secara teratur dapat membantu menurunkan risiko kanker tertentu, seperti:

Kanker payudara

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum pada wanita. Konsumsi mangga secara teratur dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara dengan cara menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Mangga mengandung senyawa polifenol yang disebut quercetin, yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Kanker usus besar

Kanker usus besar merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum di dunia. Konsumsi mangga secara teratur dapat membantu menurunkan risiko kanker usus besar dengan cara menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah terbentuknya polip, yang merupakan pertumbuhan abnormal pada dinding usus besar yang dapat berkembang menjadi kanker. Mangga mengandung serat makanan yang tinggi, yang dapat membantu membersihkan usus besar dan mencegah terbentuknya polip.

Kanker paru-paru

Kanker paru-paru merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum dan mematikan di dunia. Konsumsi mangga secara teratur dapat membantu menurunkan risiko kanker paru-paru dengan cara melindungi sel-sel paru-paru dari kerusakan akibat radikal bebas. Mangga mengandung antioksidan yang disebut beta-karoten, yang dapat membantu memperbaiki kerusakan sel-sel paru-paru dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Kanker prostat

Kanker prostat merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum pada pria. Konsumsi mangga secara teratur dapat membantu menurunkan risiko kanker prostat dengan cara menghambat pertumbuhan sel kanker prostat. Mangga mengandung senyawa polifenol yang disebut gallic acid, yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu melindungi sel-sel prostat dari kerusakan dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Dengan mengonsumsi mangga secara teratur, Anda dapat membantu mencegah berbagai jenis kanker dengan cara meningkatkan kesehatan sel-sel tubuh, melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, dan menghambat pertumbuhan sel kanker.


Artikel Terkait

Bagikan: