Cara Cek Status Kepesertaan BPJS Kesehatan


Cara Cek Status Kepesertaan BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan merupakan salah satu program pemerintah yang sangat penting untuk menjamin kesehatan masyarakat. Dengan adanya BPJS Kesehatan, masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang komprehensif dan berkualitas tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Untuk dapat menggunakan layanan BPJS Kesehatan, peserta harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran dan membayar iuran setiap bulannya. Setelah terdaftar, peserta akan mendapatkan kartu BPJS Kesehatan yang dapat digunakan untuk mengakses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Bagi peserta BPJS Kesehatan, penting untuk mengetahui status kepesertaannya secara berkala. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa peserta masih aktif dan dapat menggunakan layanan BPJS Kesehatan dengan lancar.

cek aktif bpjs kesehatan

Pastikan status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda masih aktif untuk mendapatkan layanan kesehatan dengan lancar.

  • Akses situs web BPJS Kesehatan
  • Login dengan NIK dan kata sandi
  • Pilih menu “Cek Status Kepesertaan”
  • Lihat status kepesertaan Anda
  • Hubungi BPJS Kesehatan Care Center
  • Datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat
  • Gunakan aplikasi Mobile JKN
  • Kirim SMS ke 0877-7550-0400

Dengan mengetahui status kepesertaan BPJS Kesehatan secara berkala, Anda dapat memastikan bahwa Anda selalu dapat menggunakan layanan kesehatan yang dibutuhkan tanpa harus khawatir.

Akses situs web BPJS Kesehatan

Salah satu cara untuk mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan adalah melalui situs web resmi BPJS Kesehatan. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  • Buka situs web BPJS Kesehatan

    Kunjungi situs web resmi BPJS Kesehatan di https://www.bpjs-kesehatan.go.id/.

  • Login dengan NIK dan kata sandi

    Setelah berada di halaman utama situs web BPJS Kesehatan, klik tombol “Login” di pojok kanan atas. Masukkan NIK dan kata sandi Anda, lalu klik tombol “Masuk”.

  • Pilih menu “Cek Status Kepesertaan”

    Setelah berhasil login, Anda akan dibawa ke halaman beranda. Di halaman ini, pilih menu “Cek Status Kepesertaan” yang berada di bagian atas layar.

  • Lihat status kepesertaan Anda

    Pada halaman “Cek Status Kepesertaan”, Anda dapat melihat status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda. Informasi yang ditampilkan meliputi nomor BPJS Kesehatan, nama peserta, tanggal lahir, jenis kelamin, status kepesertaan, dan kelas perawatan.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengakses situs web BPJS Kesehatan atau tidak memiliki akun, Anda dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center di nomor 165 atau datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Login dengan NIK dan kata sandi

Untuk dapat mengakses situs web BPJS Kesehatan dan mengecek status kepesertaan Anda, Anda perlu memiliki akun. Jika Anda belum memiliki akun, Anda dapat membuatnya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan NIK dan nomor ponsel Anda

    Pastikan Anda memiliki NIK dan nomor ponsel yang terdaftar di BPJS Kesehatan.

  • Kunjungi situs web BPJS Kesehatan

    Buka situs web resmi BPJS Kesehatan di https://www.bpjs-kesehatan.go.id/.

  • Klik tombol “Daftar”

    Pada halaman utama situs web BPJS Kesehatan, klik tombol “Daftar” yang berada di pojok kanan atas.

  • Ikuti petunjuk pendaftaran

    Isi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar. Pastikan Anda memasukkan NIK, nomor ponsel, dan alamat email yang aktif.

Setelah berhasil mendaftar, Anda akan menerima email aktivasi akun. Klik tautan aktivasi yang terdapat dalam email tersebut untuk mengaktifkan akun Anda. Setelah akun Anda aktif, Anda dapat login ke situs web BPJS Kesehatan menggunakan NIK dan kata sandi yang Anda buat saat pendaftaran.

Pilih menu “Cek Status Kepesertaan”

Setelah berhasil login ke situs web BPJS Kesehatan, Anda dapat mengecek status kepesertaan Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Arahkan kursor ke menu “Peserta”

    Pada halaman beranda situs web BPJS Kesehatan, arahkan kursor ke menu “Peserta” yang berada di bagian atas layar. Akan muncul beberapa pilihan menu, pilih “Cek Status Kepesertaan”.

  • Pilih jenis peserta

    Pada halaman “Cek Status Kepesertaan”, pilih jenis peserta yang ingin Anda lihat statusnya. Anda dapat memilih antara “Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)”, “Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU)”, atau “Peserta Bukan Pekerja (BP)”.

  • Masukkan nomor BPJS Kesehatan atau NIK

    Masukkan nomor BPJS Kesehatan atau NIK Anda pada kolom yang tersedia. Pastikan Anda memasukkan nomor yang benar dan lengkap.

  • Klik tombol “Cari”

    Setelah memasukkan nomor BPJS Kesehatan atau NIK, klik tombol “Cari” untuk melihat status kepesertaan Anda.

Dalam beberapa detik, status kepesertaan Anda akan muncul di layar. Informasi yang ditampilkan meliputi nomor BPJS Kesehatan, nama peserta, tanggal lahir, jenis kelamin, status kepesertaan, dan kelas perawatan. Jika status kepesertaan Anda aktif, maka Anda dapat menggunakan layanan BPJS Kesehatan dengan lancar. Namun, jika status kepesertaan Anda tidak aktif, maka Anda perlu melakukan pembayaran iuran untuk mengaktifkan kembali kepesertaan Anda.

Lihat status kepesertaan Anda

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan melihat status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda di layar. Informasi yang ditampilkan meliputi:

  • Nomor BPJS Kesehatan

    Nomor BPJS Kesehatan Anda adalah nomor identitas yang unik diberikan kepada setiap peserta BPJS Kesehatan. Nomor ini tertera pada kartu BPJS Kesehatan Anda.

  • Nama peserta

    Nama peserta adalah nama lengkap Anda sesuai dengan yang terdaftar di BPJS Kesehatan.

  • Tanggal lahir

    Tanggal lahir adalah tanggal lahir Anda sesuai dengan yang terdaftar di BPJS Kesehatan.

  • Jenis kelamin

    Jenis kelamin adalah jenis kelamin Anda sesuai dengan yang terdaftar di BPJS Kesehatan.

  • Status kepesertaan

    Status kepesertaan menunjukkan apakah kepesertaan BPJS Kesehatan Anda aktif atau tidak. Jika status kepesertaan Anda aktif, maka Anda dapat menggunakan layanan BPJS Kesehatan dengan lancar. Namun, jika status kepesertaan Anda tidak aktif, maka Anda perlu melakukan pembayaran iuran untuk mengaktifkan kembali kepesertaan Anda.

  • Kelas perawatan

    Kelas perawatan menunjukkan kelas perawatan yang Anda pilih saat mendaftar BPJS Kesehatan. Kelas perawatan yang tersedia meliputi kelas I, kelas II, dan kelas III.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau mengalami kesulitan dalam melihat status kepesertaan Anda, Anda dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center di nomor 165 atau datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Hubungi BPJS Kesehatan Care Center

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengakses situs web BPJS Kesehatan, tidak memiliki akun, atau memiliki pertanyaan terkait status kepesertaan Anda, Anda dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center di nomor 165.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghubungi BPJS Kesehatan Care Center:

  1. Hubungi nomor 165

    Tekan nomor 165 pada ponsel atau telepon rumah Anda. Pastikan Anda memiliki pulsa atau saldo telepon yang cukup.

  2. Pilih bahasa

    Setelah terhubung dengan BPJS Kesehatan Care Center, Anda akan diminta untuk memilih bahasa yang ingin Anda gunakan. Tekan 1 untuk bahasa Indonesia atau 2 untuk bahasa Inggris.

  3. Pilih menu layanan

    Setelah memilih bahasa, Anda akan diminta untuk memilih menu layanan yang Anda inginkan. Tekan 1 untuk informasi umum, 2 untuk pendaftaran peserta, 3 untuk perubahan data peserta, 4 untuk pembayaran iuran, atau 5 untuk pengaduan.

  4. Sampaikan pertanyaan atau masalah Anda

    Setelah memilih menu layanan, Anda akan terhubung dengan petugas BPJS Kesehatan Care Center. Sampaikan pertanyaan atau masalah Anda kepada petugas tersebut dengan jelas dan lengkap.

  5. Dapatkan solusi

    Petugas BPJS Kesehatan Care Center akan membantu Anda menyelesaikan pertanyaan atau masalah Anda. Jika diperlukan, petugas akan mencatat data Anda dan meneruskan pertanyaan atau masalah Anda ke bagian terkait untuk ditindaklanjuti.

BPJS Kesehatan Care Center beroperasi 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Anda dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center kapan saja Anda membutuhkan bantuan.

Selain menghubungi BPJS Kesehatan Care Center, Anda juga dapat datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk mendapatkan informasi dan bantuan terkait status kepesertaan Anda.

Datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat

Jika Anda tidak memiliki akses internet atau mengalami kesulitan dalam mengakses situs web BPJS Kesehatan dan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center, Anda dapat datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk mendapatkan informasi dan bantuan terkait status kepesertaan Anda.

  • Cari tahu lokasi kantor BPJS Kesehatan terdekat

    Anda dapat mencari tahu lokasi kantor BPJS Kesehatan terdekat melalui situs web resmi BPJS Kesehatan atau dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center di nomor 165.

  • Datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat

    Setelah mengetahui lokasi kantor BPJS Kesehatan terdekat, datanglah ke kantor tersebut pada jam kerja. Pastikan Anda membawa kartu identitas diri (KTP) dan kartu BPJS Kesehatan Anda.

  • Ambil nomor antrian

    Setelah sampai di kantor BPJS Kesehatan, ambil nomor antrian di bagian pendaftaran. Tunggu hingga nomor antrian Anda dipanggil.

  • Sampaikan maksud dan tujuan Anda

    Setelah nomor antrian Anda dipanggil, sampaikan maksud dan tujuan Anda kepada petugas BPJS Kesehatan. Petugas akan membantu Anda mengecek status kepesertaan Anda dan memberikan informasi yang Anda perlukan.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah terkait status kepesertaan Anda, jangan ragu untuk bertanya kepada petugas BPJS Kesehatan. Petugas akan dengan senang hati membantu Anda menyelesaikan pertanyaan atau masalah Anda.

Gunakan aplikasi Mobile JKN

Aplikasi Mobile JKN adalah aplikasi resmi BPJS Kesehatan yang dapat digunakan untuk mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan, membayar iuran, melihat riwayat pelayanan kesehatan, dan mengakses berbagai layanan BPJS Kesehatan lainnya.

Untuk menggunakan aplikasi Mobile JKN, Anda harus terlebih dahulu mengunduhnya dari Google Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS). Setelah terunduh, buka aplikasi Mobile JKN dan lakukan pendaftaran akun.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi Mobile JKN untuk mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan:

  1. Buka aplikasi Mobile JKN

    Setelah terdaftar akun, buka aplikasi Mobile JKN di ponsel Anda.

  2. Login dengan akun Anda

    Masukkan username dan password akun Anda, lalu klik tombol “Masuk”.

  3. Pilih menu “Peserta”

    Setelah berhasil login, pilih menu “Peserta” yang berada di bagian bawah layar.

  4. Lihat status kepesertaan Anda

    Pada halaman “Peserta”, Anda dapat melihat status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda. Informasi yang ditampilkan meliputi nomor BPJS Kesehatan, nama peserta, tanggal lahir, jenis kelamin, status kepesertaan, dan kelas perawatan.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi Mobile JKN, Anda dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center di nomor 165 atau datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Aplikasi Mobile JKN memudahkan Anda untuk mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan dan mengakses berbagai layanan BPJS Kesehatan lainnya kapan saja dan di mana saja.

Kirim SMS ke 0877-7550-0400

Selain melalui situs web, aplikasi Mobile JKN, dan kantor BPJS Kesehatan, Anda juga dapat mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan melalui SMS. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengirim SMS ke 0877-7550-0400 untuk mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan:

  • Buka aplikasi SMS di ponsel Anda

    Buka aplikasi SMS di ponsel Anda dan buat pesan baru.

  • Ketik NIK Anda

    Pada bagian penerima, masukkan nomor 0877-7550-0400. Pada bagian isi pesan, ketik NIK Anda tanpa spasi. Misalnya, jika NIK Anda adalah 1234567890123456, maka Anda harus mengetik 1234567890123456.

  • Kirim SMS

    Setelah selesai mengetik NIK Anda, kirim SMS tersebut.

  • Tunggu balasan SMS

    Tunggu beberapa saat hingga Anda menerima balasan SMS dari BPJS Kesehatan. Balasan SMS tersebut akan berisi informasi tentang status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda.

Pastikan Anda mengirim SMS dari nomor ponsel yang terdaftar di BPJS Kesehatan. Jika Anda mengirim SMS dari nomor ponsel yang tidak terdaftar, maka Anda tidak akan menerima balasan SMS.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang kesehatan:

Question 1: Apa saja jenis-jenis penyakit tidak menular?
Answer 1: Penyakit tidak menular meliputi penyakit jantung, stroke, kanker, diabetes, dan penyakit paru-paru kronis.

Question 2: Bagaimana cara mencegah penyakit tidak menular?
Answer 2: Penyakit tidak menular dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti makan makanan bergizi seimbang, berolahraga secara teratur, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi alkohol berlebihan.

Question 3: Apa saja gejala penyakit jantung?
Answer 3: Gejala penyakit jantung meliputi nyeri dada, sesak napas, mudah lelah, dan jantung berdebar-debar.

Question 4: Apa yang harus dilakukan jika mengalami gejala penyakit jantung?
Answer 4: Jika mengalami gejala penyakit jantung, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Question 5: Apa saja jenis-jenis kanker?
Answer 5: Jenis-jenis kanker meliputi kanker paru-paru, kanker payudara, kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker kulit.

Question 6: Bagaimana cara mendeteksi kanker secara dini?
Answer 6: Kanker dapat dideteksi secara dini melalui pemeriksaan kesehatan rutin, seperti mammografi untuk kanker payudara, pap smear untuk kanker serviks, dan kolonoskopi untuk kanker usus besar.

Question 7: Apa saja manfaat olahraga bagi kesehatan?
Answer 7: Olahraga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, menjaga berat badan yang sehat, dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes dan kanker.

Question 8: Berapa lama waktu yang dianjurkan untuk berolahraga setiap hari?
Answer 8: Waktu yang dianjurkan untuk berolahraga setiap hari adalah minimal 30 menit.

Question 9: Apa saja jenis-jenis makanan sehat?
Answer 9: Makanan sehat meliputi buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan ikan.

Question 10: Bagaimana cara menjaga berat badan yang sehat?
Answer 10: Berat badan yang sehat dapat dijaga dengan mengonsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur, dan membatasi asupan makanan tinggi kalori dan lemak.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain tentang kesehatan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan lainnya.

Selain FAQ di atas, berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan Anda:

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan Anda:

Tip 1: Makan makanan sehat
Konsumsilah makanan yang kaya nutrisi, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan ikan. Batasi konsumsi makanan tinggi kalori, lemak, dan gula.

Tip 2: Berolahraga secara teratur
Olahraga teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, menjaga berat badan yang sehat, dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes dan kanker. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari.

Tip 3: Jaga berat badan yang sehat
Berat badan yang sehat dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rencana penurunan berat badan yang sehat.

Tip 4: Hindari kebiasaan tidak sehat
Hindari kebiasaan tidak sehat seperti merokok, mengonsumsi alkohol berlebihan, dan begadang. Kebiasaan-kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit dan gangguan kesehatan.

Tip 5: Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin
Pemeriksaan kesehatan secara rutin dapat membantu mendeteksi penyakit sejak dini, sehingga dapat diobati dengan lebih efektif. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang jadwal pemeriksaan kesehatan yang tepat untuk Anda.

Tip 6: Dapatkan tidur yang cukup
Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Orang dewasa umumnya membutuhkan tidur selama 7-8 jam per malam. Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap malam.

Tip 7: Kelola stres dengan baik
Stres dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Kelola stres dengan baik melalui teknik-teknik seperti olahraga, yoga, meditasi, atau berbicara dengan teman atau keluarga.

Tip 8: Jaga kebersihan diri
Menjaga kebersihan diri sangat penting untuk mencegah penyebaran penyakit. Cuci tangan Anda secara teratur dengan sabun dan air mengalir, terutama sebelum makan, setelah menggunakan toilet, dan setelah menyentuh hewan atau benda kotor.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menjaga kesehatan Anda dan mengurangi risiko berbagai penyakit.

Selain tips di atas, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan lainnya jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah kesehatan.

Conclusion

Kesehatan adalah harta yang paling berharga. Dengan menjaga kesehatan, kita dapat menjalani hidup yang lebih produktif dan bahagia. Oleh karena itu, sangat penting untuk menerapkan pola hidup sehat dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Berikut adalah beberapa poin utama yang telah dibahas dalam artikel ini:

  • Pentingnya menjaga kesehatan untuk hidup yang lebih produktif dan bahagia.
  • Cara-cara untuk menjaga kesehatan, seperti makan makanan sehat, berolahraga secara teratur, menjaga berat badan yang sehat, dan menghindari kebiasaan tidak sehat.
  • Manfaat pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk mendeteksi penyakit sejak dini dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan lainnya jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah kesehatan. Dengan menjaga kesehatan dan memeriksakan kesehatan secara rutin, Anda dapat hidup lebih lama dan lebih sehat.

Salam sehat!


Artikel Terkait

Bagikan: