Cara Mudah Cek Nomor BPJS Kesehatan


Cara Mudah Cek Nomor BPJS Kesehatan

Kartu BPJS Kesehatan merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan milik pemerintah. Kartu ini juga dapat digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di beberapa fasilitas kesehatan milik swasta yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Jika Anda lupa nomor kartu BPJS Kesehatan Anda, jangan khawatir. Ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengeceknya.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk mengecek nomor kartu BPJS Kesehatan Anda:

cara cek kartu bpjs kesehatan

Berikut adalah 6 cara mudah cek nomor kartu BPJS Kesehatan:

  • Lewat Aplikasi Mobile JKN
  • Lewat BPJS Kesehatan Care Center 165
  • Lewat SMS ke 087775500400
  • Lewat Website BPJS Kesehatan
  • Lewat Aplikasi CHIKA
  • Datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan

Dengan mengikuti cara-cara di atas, Anda bisa dengan mudah mengecek nomor kartu BPJS Kesehatan Anda.

Lewat Aplikasi Mobile JKN

Aplikasi Mobile JKN adalah aplikasi resmi dari BPJS Kesehatan yang dapat digunakan untuk mengecek nomor kartu BPJS Kesehatan. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store (untuk pengguna Android) dan App Store (untuk pengguna iOS).

Untuk mengecek nomor kartu BPJS Kesehatan menggunakan Aplikasi Mobile JKN, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh dan instal Aplikasi Mobile JKN di ponsel Anda.
  2. Buka aplikasi dan pilih menu “Kartu Digital”.
  3. Masuk ke akun BPJS Kesehatan Anda menggunakan NIK dan kata sandi. Jika Anda belum memiliki akun, Anda dapat mendaftar terlebih dahulu.
  4. Setelah berhasil masuk, Anda akan melihat nomor kartu BPJS Kesehatan Anda di halaman utama aplikasi.

Selain untuk mengecek nomor kartu BPJS Kesehatan, Aplikasi Mobile JKN juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan lainnya, seperti:

  • Mendaftar peserta BPJS Kesehatan baru.
  • Membayar iuran BPJS Kesehatan.
  • Melihat riwayat pembayaran iuran BPJS Kesehatan.
  • Mengajukan klaim BPJS Kesehatan.
  • Melihat status pengajuan klaim BPJS Kesehatan.
  • Dll.

Dengan menggunakan Aplikasi Mobile JKN, Anda dapat dengan mudah mengakses berbagai layanan BPJS Kesehatan kapan saja dan di mana saja.

Lewat BPJS Kesehatan Care Center 165

BPJS Kesehatan Care Center 165 adalah layanan informasi dan pengaduan BPJS Kesehatan yang tersedia 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

  • Hubungi BPJS Kesehatan Care Center 165 melalui telepon.

    Anda dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165 melalui telepon di nomor 165. Layanan ini tersedia 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Pastikan Anda memiliki pulsa yang cukup sebelum menghubungi nomor tersebut.

  • Hubungi BPJS Kesehatan Care Center 165 melalui WhatsApp.

    Anda juga dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165 melalui WhatsApp di nomor 08118750400. Layanan ini tersedia 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Pastikan Anda memiliki kuota internet yang cukup sebelum menghubungi nomor tersebut.

  • Hubungi BPJS Kesehatan Care Center 165 melalui email.

    Jika Anda ingin menyampaikan keluhan atau pengaduan secara tertulis, Anda dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165 melalui email di alamat [email protected]

  • Hubungi BPJS Kesehatan Care Center 165 melalui media sosial.

    BPJS Kesehatan Care Center 165 juga dapat dihubungi melalui media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Anda dapat menyampaikan pertanyaan atau keluhan Anda melalui akun media sosial resmi BPJS Kesehatan.

Setelah menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165, sampaikan maksud Anda untuk mengecek nomor kartu BPJS Kesehatan. Petugas BPJS Kesehatan akan meminta data diri Anda, seperti NIK dan nama lengkap. Setelah data Anda diverifikasi, petugas BPJS Kesehatan akan memberikan nomor kartu BPJS Kesehatan Anda.

Lewat SMS ke 087775500400

Anda juga dapat mengecek nomor kartu BPJS Kesehatan melalui SMS ke 087775500400. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi pesan singkat (SMS) di ponsel Anda.
  2. Ketik NIKNomor Kartu Keluarga Anda.
  3. Kirim SMS tersebut ke nomor 087775500400.

Setelah mengirim SMS tersebut, Anda akan menerima balasan SMS dari BPJS Kesehatan yang berisi nomor kartu BPJS Kesehatan Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengecek nomor kartu BPJS Kesehatan melalui SMS ke 087775500400:

  • Pastikan Anda menggunakan nomor ponsel yang terdaftar di BPJS Kesehatan.
  • Pastikan Anda mengetik NIK dan Nomor Kartu Keluarga dengan benar.
  • Layanan SMS ini dikenakan biaya sesuai dengan tarif operator seluler Anda.

Jika Anda mengalami kesulitan saat mengecek nomor kartu BPJS Kesehatan melalui SMS ke 087775500400, Anda dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165 untuk mendapatkan bantuan.

Lewat Website BPJS Kesehatan

Anda juga dapat mengecek nomor kartu BPJS Kesehatan melalui website resmi BPJS Kesehatan di alamat www.bpjs-kesehatan.go.id.

  • Buka website BPJS Kesehatan.

    Buka browser di komputer atau ponsel Anda, lalu kunjungi website resmi BPJS Kesehatan di alamat www.bpjs-kesehatan.go.id.

  • Pilih menu “Cek Nomor Kartu”.

    Pada halaman utama website BPJS Kesehatan, pilih menu “Cek Nomor Kartu” yang terletak di bagian atas halaman.

  • Masukkan NIK dan tanggal lahir Anda.

    Pada halaman “Cek Nomor Kartu”, masukkan NIK dan tanggal lahir Anda pada kolom yang tersedia. Pastikan Anda memasukkan data dengan benar.

  • Klik tombol “Cek”.

    Setelah memasukkan NIK dan tanggal lahir, klik tombol “Cek” untuk melanjutkan.

Setelah mengklik tombol “Cek”, sistem akan menampilkan nomor kartu BPJS Kesehatan Anda. Pastikan Anda mencatat nomor kartu tersebut atau menyimpannya di tempat yang aman.

Lewat Aplikasi CHIKA

Aplikasi CHIKA (Chatbot Kesehatan Indonesia) adalah layanan chatbot resmi dari BPJS Kesehatan yang dapat digunakan untuk mengecek nomor kartu BPJS Kesehatan. Aplikasi CHIKA tersedia di berbagai platform, seperti Telegram, Facebook Messenger, dan WhatsApp.

  • Buka aplikasi CHIKA.

    Buka aplikasi CHIKA di platform yang Anda gunakan. Jika Anda belum memiliki aplikasi CHIKA, Anda dapat mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS).

  • Pilih menu “Cek Nomor Kartu”.

    Pada halaman utama aplikasi CHIKA, pilih menu “Cek Nomor Kartu” yang terletak di bagian bawah layar.

  • Masukkan NIK dan tanggal lahir Anda.

    Pada halaman “Cek Nomor Kartu”, masukkan NIK dan tanggal lahir Anda pada kolom yang tersedia. Pastikan Anda memasukkan data dengan benar.

  • Klik tombol “Kirim”.

    Setelah memasukkan NIK dan tanggal lahir, klik tombol “Kirim” untuk melanjutkan.

Setelah mengklik tombol “Kirim”, CHIKA akan menampilkan nomor kartu BPJS Kesehatan Anda. Pastikan Anda mencatat nomor kartu tersebut atau menyimpannya di tempat yang aman.

Datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan

Jika Anda tidak memiliki akses ke internet atau mengalami kesulitan untuk mengecek nomor kartu BPJS Kesehatan melalui cara-cara di atas, Anda dapat datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

  • Bawa dokumen identitas diri.

    Saat datang ke kantor BPJS Kesehatan, jangan lupa untuk membawa dokumen identitas diri Anda, seperti KTP, SIM, atau Paspor.

  • Ambil nomor antrian.

    Setelah sampai di kantor BPJS Kesehatan, ambil nomor antrian di loket pendaftaran. Tunggu hingga nomor antrian Anda dipanggil.

  • Sampaikan maksud kedatangan Anda.

    Setelah nomor antrian Anda dipanggil, sampaikan maksud kedatangan Anda kepada petugas BPJS Kesehatan. Petugas akan meminta Anda untuk menunjukkan dokumen identitas diri dan menanyakan beberapa pertanyaan terkait data diri Anda.

  • Petugas akan memberikan nomor kartu BPJS Kesehatan Anda.

    Setelah petugas memverifikasi data diri Anda, petugas akan memberikan nomor kartu BPJS Kesehatan Anda. Pastikan Anda mencatat nomor kartu tersebut atau menyimpannya di tempat yang aman.

Dengan datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan, Anda dapat mengecek nomor kartu BPJS Kesehatan sekaligus berkonsultasi dengan petugas BPJS Kesehatan jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah terkait BPJS Kesehatan.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait kesehatan:

Question 1: Apa saja jenis-jenis penyakit jantung?
Answer 1: Penyakit jantung meliputi berbagai kondisi yang memengaruhi jantung dan pembuluh darah. Beberapa jenis penyakit jantung yang umum meliputi penyakit jantung koroner, gagal jantung, aritmia, dan penyakit jantung bawaan.

Question 2: Apa saja gejala penyakit stroke?
Answer 2: Gejala stroke dapat meliputi kesulitan bicara atau memahami pembicaraan, kelemahan atau mati rasa pada wajah, lengan, atau kaki, kesulitan melihat pada satu atau kedua mata, sakit kepala parah secara tiba-tiba, dan kesulitan berjalan atau menjaga keseimbangan.

Question 3: Bagaimana cara mencegah penyakit diabetes?
Answer 3: Untuk mencegah penyakit diabetes, Anda dapat melakukan beberapa hal, seperti menjaga berat badan ideal, berolahraga secara teratur, mengonsumsi makanan sehat, dan menghindari merokok dan alkohol.

Question 4: Apa saja manfaat olahraga bagi kesehatan?
Answer 4: Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya dapat membantu menjaga berat badan ideal, mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes, meningkatkan kekuatan otot dan tulang, meningkatkan daya tahan tubuh, dan memperbaiki suasana hati.

Question 5: Apa saja tanda-tanda demam berdarah dengue (DBD)?
Answer 5: Tanda-tanda DBD meliputi demam tinggi hingga 40 derajat Celcius, sakit kepala, nyeri otot dan persendian, ruam kulit, mimisan, dan gusi berdarah.

Question 6: Bagaimana cara mengatasi diare?
Answer 6: Untuk mengatasi diare, Anda dapat melakukan beberapa hal, seperti minum banyak cairan, mengonsumsi makanan yang mudah dicerna, menghindari makanan pedas dan berlemak, dan mengonsumsi obat antidiare jika perlu.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait kesehatan. Jika Anda memiliki pertanyaan lain, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan lainnya.

Selain menjaga kesehatan dengan cara-cara di atas, Anda juga dapat melakukan beberapa tips berikut untuk hidup lebih sehat:

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk hidup lebih sehat:

Tip 1: Makan makanan sehat dan bergizi.
Konsumsi makanan yang kaya akan buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak. Batasi konsumsi makanan olahan, makanan tinggi gula, dan makanan tinggi lemak jenuh dan trans.

Tip 2: Berolahraga secara teratur.
Lakukan aktivitas fisik sedang selama setidaknya 150 menit setiap minggu, atau aktivitas fisik berat selama setidaknya 75 menit setiap minggu. Anda dapat memilih jenis olahraga yang Anda sukai, seperti jalan kaki, berlari, bersepeda, atau berenang.

Tip 3: Jaga berat badan ideal.
Berat badan ideal dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, dan beberapa jenis kanker. Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, cobalah untuk menurunkan berat badan secara bertahap dengan cara yang sehat.

Tip 4: Hindari rokok dan alkohol.
Merokok dan konsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung, stroke, kanker, dan penyakit paru-paru. Jika Anda merokok, cobalah untuk berhenti merokok. Jika Anda minum alkohol, batasi konsumsi alkohol Anda.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat hidup lebih sehat dan mengurangi risiko berbagai penyakit.

Selain mengikuti tips-tips di atas, Anda juga dapat menjaga kesehatan mental Anda dengan cara-cara berikut:

Conclusion

Kesehatan adalah salah satu hal terpenting dalam hidup. Dengan menjaga kesehatan, kita dapat menjalani hidup dengan lebih produktif dan bahagia. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan, mulai dari menjaga pola makan, berolahraga secara teratur, menjaga berat badan ideal, hingga menghindari rokok dan alkohol.

Dalam artikel ini, kita telah membahas beberapa cara untuk menjaga kesehatan, termasuk:

  • Makan makanan sehat dan bergizi.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Jaga berat badan ideal.
  • Hindari rokok dan alkohol.
  • Periksakan kesehatan secara rutin.
  • Ikuti tips-tips untuk menjaga kesehatan mental.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, kita dapat hidup lebih sehat dan mengurangi risiko berbagai penyakit. Oleh karena itu, jangan pernah abaikan kesehatan Anda. Mulailah hidup sehat mulai dari sekarang untuk masa depan yang lebih baik.


Artikel Terkait

Bagikan: