Jadwal Waktu Adzan Subuh Surabaya Hari Ini Beserta Doa

lisa


Jadwal Waktu Adzan Subuh Surabaya Hari Ini Beserta Doa

Menjalankan shalat subuh merupakan kewajiban bagi seluruh umat muslim, baik laki-laki maupun perempuan. Shalat subuh memiliki keutamaan yang sangat besar dan dianjurkan untuk dikerjakan secara berjamaah di masjid atau musala.

Bagi masyarakat Surabaya dan sekitarnya, mengetahui jadwal waktu adzan subuh sangat penting untuk mempersiapkan diri agar dapat menunaikan ibadah shalat subuh tepat waktu. Berikut ini adalah penjelasan mengenai waktu adzan subuh di Surabaya hari ini dan doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah adzan berkumandang.

Jadwal Waktu Adzan Subuh Surabaya Hari Ini

Adapun 9 poin penting mengenai adzan subuh Surabaya hari ini adalah sebagai berikut:

  • Waktu imsak
  • Waktu subuh
  • Waktu terbit matahari
  • Bacaan niat shalat subuh
  • Tata cara shalat subuh
  • Doa setelah adzan subuh
  • Keutamaan shalat subuh
  • Hukum meninggalkan shalat subuh
  • Tips agar tidak kesiangan shalat subuh

Dengan memperhatikan kesembilan poin penting tersebut, umat muslim di Surabaya dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menunaikan ibadah shalat subuh tepat waktu dan memperoleh keutamaannya.

Waktu Imsak

Dalam menentukan waktu adzan subuh, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah waktu imsak. Berikut ini adalah 4 poin penting terkait waktu imsak:

Pengertian Imsak
Imsak adalah waktu ketika umat Muslim berhenti makan dan drinken sebelum waktu subuh tiba.
Waktu Imsak
Waktu imsak umumnya ditentukan sekitar 10-15 menit sebelum waktu subuh. Hal ini untuk memberikan waktu bagi umat Muslim untuk mempersiapkan diri, seperti mengambil wudhu dan memakai pakaian yang sesuai.
Hukum Imsak
Imsak hukumnya sunnah, namun sangat dianjurkan untuk diamalkan. Dengan berimsak, umat Muslim dapat lebih fokus dalam mempersiapkan diri untuk shalat subuh.
Manfaat Imsak
Selain untuk mempersiapkan diri shalat subuh, berimsak juga memiliki beberapa keutamaan, di antaranya adalah: melatih kedisiplinan, mencegah makan dan drinken berlebihan, serta membantu menjaga kesehatan penca.

Dengan memahami waktu imsak dan hukumnya, umat Muslim dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menunaikan shalat subuh tepat waktu dan memperoleh keutamaannya.

Waktu Subuh

Waktu subuh merupakan waktu dimulainya ibadah shalat subuh. Berikut ini adalah 4 poin penting terkait waktu shubuh:

  • Pengertian Waktu Subuh
    Waktu subuh adalah waktu ketika fajar shadiq telah muncul. Fajar shadiq adalah cahaya putih yang mulai terlihat di ufuk timur sebelum matahari terbit.
  • Waktu Dimulainya Shalat Subuh
    Waktu dimulainya shalat subuh adalah ketika fajar shadiq telah merata di seluruh ufuk timur. Hal ini ditandai dengan hilangnya warna hitam pada langit.
  • Waktu Berakhirnya Shalat Subuh
    Waktu berakhirnya shalat subuh adalah ketika matahari mulai terbit. Oleh karena itu, disunahkan untuk menyegerakan shalat subuh sebelum matahari terbit.
  • Keutamaan Shalat Subuh Tepat Waktu
    Menunaikan shalat subuh tepat waktu memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah: mendapatkan pahala yang berlipat ganda, diampuni dosa-dosanya, dan dicintai oleh Allah SWT.

Dengan memahami waktu subuh dan keutamaannya, umat Muslim diharapkan dapat menunaikan shalat subuh tepat waktu dan memperoleh ganjaran pahala yang besar.

Waktu Terbit Matahari

Waktu terbit matahari merupakan waktu ketika sebagian pinggir atas matahari pertama kali muncul di ufuk timur. Berikut ini adalah penjelasan mengenai waktu terbit matahari terkait adzan subuh Surabaya hari ini:

Dalam penentuan waktu adzan subuh, waktu terbit matahari menjadi salah satu faktor penting. Hal ini dikarenakan waktu berakhirnya shalat subuh adalah ketika matahari mulai terbit. Oleh karena itu, adzan subuh dikumandangkan sekitar 15-30 menit sebelum waktu terbit matahari, agar umat Muslim memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri dan menunaikan shalat subuh sebelum matahari terbit.

Umat Muslim di Surabaya dapat memperoleh informasi waktu terbit matahari dari berbagai sumber, seperti kalender, aplikasi waktu shalat, atau situs web resmi instansi terkait. Dengan mengetahui waktu terbit matahari, umat Muslim dapat memperkirakan waktu adzan subuh dan mempersiapkan diri untuk menunaikan shalat subuh tepat waktu.

Menyegerakan shalat subuh sebelum matahari terbit memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah: mendapatkan pahala yang lebih besar, diampuni dosa-dosanya, dan terhindar dari kemurkaan Allah SWT. Oleh karena itu, umat Muslim dianjurkan untuk selalu berusaha menunaikan shalat subuh tepat waktu, bahkan jika waktu terbit matahari masih lama.

Bacaan Niat Shalat Subuh

Niat merupakan salah satu rukun shalat yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah bacaan niat shalat subuh:

  • Bagi Laki-laki
    ุงูุตูŽู„ูู‘ู‰ ุณูู†ูŽู‘ุฉูŽ ุงู„ุตูู‘ุจู’ุญู ุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ู…ูุณู’ุชูŽู‚ู’ุจูู„ูŽ ุงู„ู’ู‚ูุจู’ู„ูŽุฉู ุฃูŽุฏูŽุงุกู‹ ู„ู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰
    Ushalli sunnatal-shubhi rak’ataini mustaqbilal-qiblati adaa’an lillaahi ta’aalaa
  • Bagi Perempuan
    ุงูุตูŽู„ูู‘ู‰ ุณูู†ูŽู‘ุฉูŽ ุงู„ุตูู‘ุจู’ุญู ุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ู…ูุณู’ุชูŽู‚ู’ุจูู„ูŽุฉูŽ ุงู„ู’ู‚ูุจู’ู„ูŽุฉู ุฃูŽุฏูŽุงุกู‹ ู„ู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰
    Ushalli sunnatal-shubhi rak’ataini mustaqbilatal-qiblati adaa’an lillaahi ta’aalaa

Tata cara mengucapkan niat shalat subuh adalah sebagai berikut:

  1. Bacaan niat dibaca dalam hati.
  2. Bacaan niat dibaca setelah takbiratul ihram.
  3. Bacaan niat dibaca dengan jelas dan benar.

Dengan membaca niat shalat subuh dengan benar, Insya Allah shalat subuh yang dikerjakan akan diterima oleh Allah SWT.

Tata Cara Shalat Subuh

Tata cara shalat subuh terdiri dari beberapa gerakan dan bacaan. Berikut ini adalah penjelasan tata cara shalat subuh secara lengkap:

1. Niat
Niat shalat subuh dibaca dalam hati setelah takbiratul ihram.

2. Takbiratul Ihram
Takbiratul ihram diucapkan dengan mengangkat kedua tangan hingga sejajar telinga, sambil membaca “Allahu Akbar”.

3. Membaca Surat Al-Fatihah
Setelah takbiratul ihram, dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah.

4. Membaca Surat Pendek
Setelah membaca surat Al-Fatihah, dilanjutkan dengan membaca surat pendek. Surat pendek yang dibaca bisa surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, atau An-Nas.

5. Ruku’
Setelah membaca surat pendek, dilanjutkan dengan ruku’. Ruku’ dilakukan dengan cara membungkukkan badan hingga punggung lurus dan kedua tangan diletakkan di atas lutut.

6. I’tidal
Setelah ruku’, dilanjutkan dengan i’tidal. I’tidal dilakukan dengan cara berdiri tegak seperti semula.

7. Sujud
Setelah i’tidal, dilanjutkan dengan sujud. Sujud dilakukan dengan cara meletakkan dahi, hidung, kedua tangan, kedua lutut, dan ujung kaki di lantai. Pastikan dahi dan hidung menempel di lantai.

8. Duduk di Antara Dua Sujud
Setelah sujud, dilanjutkan dengan duduk di antara dua sujud. Duduk di antara dua sujud dilakukan dengan cara duduk di atas tumit kiri dan telapak kaki kanan ditegakkan.

9. Sujud Kedua
Setelah duduk di antara dua sujud, dilanjutkan dengan sujud kedua. Sujud kedua dilakukan dengan cara yang sama seperti sujud pertama.

10. Tasyahud Akhir
Setelah sujud kedua, dilanjutkan dengan tasyahud akhir. Tasyahud akhir dilakukan dengan cara duduk bersila dan membaca doa tasyahud.

11. Salam
Setelah tasyahud akhir, dilanjutkan dengan salam. Salam dilakukan dengan cara menoleh ke kanan dan ke kiri sambil mengucapkan “Assalamualaikum warahmatullah”.

Doa Setelah Adzan Subuh

Setelah mendengar adzan subuh, sangat dianjurkan untuk membaca doa setelah adzan. Berikut ini adalah beberapa doa yang bisa dibaca setelah adzan subuh:

  • Doa Pertama
    ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฑูŽุจูŽู‘ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ุฏูŽู‘ุนู’ูˆูŽุฉู ุงู„ุชูŽู‘ุงู…ูŽู‘ุฉู ูˆุงู„ุตูŽู‘ู„ุงุฉู ุงู„ู’ู‚ูŽุงุฆูู…ูŽุฉู ุขุชู ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู‹ุง ุงู„ู’ูˆูŽุณููŠู„ูŽุฉูŽ ูˆูŽุงู„ู’ููŽุถููŠู„ูŽุฉูŽ ูˆูŽุงุจู’ุนูŽุซู’ู‡ู ู…ูŽู‚ูŽุงู…ู‹ุง ู…ูŽุญู’ู…ููˆุฏู‹ุง ุงู„ูŽู‘ุฐููŠ ูˆูŽุนูŽุฏู’ุชูŽู‡ู ุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ู„ูŽุง ุชูุฎู’ู„ููู ุงู„ู’ู…ึดูŠุนูŽุงุฏูŽ
    Allahumma rabba haazihi da’watit-taammah wash-shalaatil-qaa-imah, aati Muhammadal-wasilata wal-fadhiilata wab’ashhu maqaaman-mahmuudan-ladzii wa’adtahu, innaka laa tukhliful-mii’aad.
  • Doa Kedua
    ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฅูู†ูู‘ูŠ ุฃูŽุณู’ุฃูŽู„ููƒูŽ ุนูู„ู’ู…ู‹ุง ู†ูŽุงููุนู‹ุง ูˆูŽุฑูุฒู’ู‚ู‹ุง ุทูŽูŠูู‘ุจู‹ุง ูˆูŽุนูŽู…ูŽู„ู‹ุง ู…ูุชูŽู‚ูŽุจูŽู‘ู„ู‹ุง
    Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’an wa rizqon thoyyiban wa ‘amalan mutaqobbalaa.
  • Doa Ketiga
    ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฅูู†ู‘ููŠ ุฃูŽุณู’ุฃูŽู„ููƒูŽ ุงู„ู’ุนูŽูู’ูˆูŽ ูˆูŽุงู„ู’ุนูŽุงูููŠูŽุฉูŽ ูููŠ ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ูˆูŽุงู„ู’ุขุฎูุฑูŽุฉู
    Allahumma inni as-aluka al-‘afwa wal-‘aafiyah fid-dun-yaa wal-aakhirah.
  • Doa Keempat
    ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฅูู†ู‘ููŠ ุฃูŽุณู’ุฃูŽู„ููƒูŽ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉูŽ ูˆูŽุฃูŽุนููˆุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู
    Allahumma inni as-aluka al-jannah wa a’uudzu bika minan-naar.

Membaca doa setelah adzan subuh memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah: mendapatkan pahala yang besar, diampuni dosa-dosanya, dan dikabulkan doanya.

Keutamaan Shalat Subuh

Shalat subuh memiliki banyak keutamaan yang luar biasa. Berikut ini adalah beberapa keutamaan shalat subuh:

  • Mendapatkan Pahala yang Berlipat Ganda
    Shalat subuh bernilai sama dengan shalat malam semalam penuh.
  • Diampuni Dosa-dosanya
    Umat Muslim yang menunaikan shalat subuh secara berjamaah, dosanya akan diampuni oleh Allah SWT.
  • Dicintai oleh Allah SWT
    Allah SWT sangat mencintai umat Muslim yang menunaikan shalat subuh tepat waktu.
  • Mendapatkan Cahaya di Hari Kiamat
    Umat Muslim yang istiqamah menunaikan shalat subuh akan mendapatkan cahaya di hari kiamat.

Dengan mengetahui keutamaan shalat subuh, diharapkan umat Muslim semakin semangat untuk menunaikan ibadah shalat subuh dengan khusyuk dan tepat waktu.

Hukum Meninggalkan Shalat Subuh

Meninggalkan shalat subuh merupakan dosa besar dalam agama Islam. Hukum meninggalkan shalat subuh adalah haram dan dapat menyebabkan pelakunya mendapat murka dari Allah SWT. Rasulullah ๏ทบ bersabda dalam sebuah hadis:

“Barangsiapa meninggalkan shalat subuh dengan sengaja, maka ia telah melakukan ุงู„ูƒูุฑ ุงู„ุฃูƒุจุฑ (kekafiran yang besar).” (HR. Ahmad)

Dalam hadis lain, Rasulullah ๏ทบ juga bersabda:

“Tidak ada shalat yang lebih berat bagi orang munafik daripada shalat subuh dan shalat Isya. Sungguh, mereka tidak mau mengerjakannya kecuali dengan malas.” (HR. Muslim)

Beberapa konsekuensi buruk yang dapat ditimbulkan dari meninggalkan shalat subuh antara lain:

  • Mendapat dosa besar dan murka Allah SWT.
  • Dapat menghapus pahala shalat-shalat lainnya.
  • Menyebabkan hilangnya rasa malu dan takut kepada Allah SWT.
  • Membuat hati menjadi keras dan tidak peka.
  • Menjadi kebiasaan buruk yang sulit dihilangkan.

Oleh karena itu, umat Islam diwajibkan untuk menunaikan shalat subuh dengan tepat waktu dan penuh kekhusyukan. Meninggalkan shalat subuh dengan sengaja merupakan perbuatan dosa besar yang harus dihindari.

Tips Agar Tidak Kesiangan Shalat Subuh

Agar dapat menunaikan shalat subuh tepat waktu, ada beberapa tips yang dapat dilakukan. Berikut ini adalah beberapa tips agar tidak kesiangan shalat subuh:

  • Tidur Lebih Awal
    Tidurlah lebih awal pada malam hari, sekitar pukul 9-10 malam. Hal ini akan membantu tubuh untuk mendapatkan istirahat yang cukup dan siap untuk bangun sahur dan shalat subuh tepat waktu.
  • Atur Alarm dengan Benar
    Atur alarm dengan benar, sekitar 15-30 menit sebelum waktu imsak. Hal ini akan memberikan waktu yang cukup untuk bangun, berwudu, dan mempersiapkan diri untuk shalat subuh.
  • Letakkan Alarm Jauh dari Tempat Tidur
    Letakkan alarm jauh dari tempat tidur, sehingga Anda harus bangun dari tempat tidur untuk mematikannya. Hal ini akan membantu Anda untuk benar-benar bangun dan tidak tergoda untuk tidur lagi.
  • Minum Air Putih Sebelum Tidur
    Minum air putih sebelum tidur dapat membantu Anda untuk bangun lebih mudah saat waktu imsak tiba. Hal ini karena air putih dapat membantu tubuh terhidrasi dan meningkatkan metabolisme.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Insya Allah Anda dapat terhindar dari kesiangan shalat subuh dan dapat menunaikannya tepat waktu.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait adzan subuh Surabaya hari ini:

Question 1: Kapan waktu imsak dan subuh di Surabaya hari ini?
Answer 1: Waktu imsak dan subuh di Surabaya hari ini dapat dilihat pada jadwal waktu shalat yang dikeluarkan oleh instansi terkait, seperti Kementerian Agama atau aplikasi waktu shalat.

Question 2: Bagaimana cara mengetahui waktu adzan subuh di Surabaya?
Answer 2: Waktu adzan subuh di Surabaya dapat diketahui dengan mendengarkan siaran langsung adzan dari masjid atau musala terdekat, atau melalui aplikasi waktu shalat.

Question 3: Apakah hukum meninggalkan shalat subuh?
Answer 3: Meninggalkan shalat subuh hukumnya haram dan termasuk dosa besar.

Question 4: Apa saja keutamaan shalat subuh?
Answer 4: Keutamaan shalat subuh antara lain mendapatkan pahala yang berlipat ganda, diampuni dosa-dosanya, dan dicintai oleh Allah SWT.

Question 5: Bagaimana cara agar tidak kesiangan shalat subuh?
Answer 5: Tips agar tidak kesiangan shalat subuh antara lain tidur lebih awal, mengatur alarm dengan benar, meletakkan alarm jauh dari tempat tidur, dan minum air putih sebelum tidur.

Question 6: Berapa waktu yang dianjurkan untuk membaca doa setelah adzan subuh?
Answer 6: Tidak ada waktu yang ditentukan secara pasti untuk membaca doa setelah adzan subuh. Namun, dianjurkan untuk membaca doa segera setelah mendengar adzan.

Question 7: Apa saja bacaan doa yang dianjurkan setelah adzan subuh?
Answer 7: Beberapa bacaan doa yang dianjurkan setelah adzan subuh antara lain: “Allahumma rabba haazihi da’watit-taammah wash-shalaatil-qaa-imah, aati Muhammadal-wasilata wal-fadhiilata wab’ashhu maqaaman-mahmuudan-ladzii wa’adtahu, innaka laa tukhliful-mii’aad.”, “Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’an wa rizqon thoyyiban wa ‘amalan mutaqobbalaa.”, dan “Allahumma inni as-aluka al-‘afwa wal-‘aafiyah fid-dun-yaa wal-aakhirah.”

Dengan mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, diharapkan umat Muslim di Surabaya dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menunaikan ibadah shalat subuh tepat waktu dan memperoleh keutamaannya.

Selain mengetahui informasi dan menjawab pertanyaan terkait adzan subuh Surabaya hari ini, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri menunaikan shalat subuh dengan lebih baik:

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri menunaikan shalat subuh dengan lebih baik:

1. Tidur Lebih Awal
Tidurlah lebih awal pada malam hari, sekitar pukul 9-10 malam. Hal ini akan membantu tubuh untuk mendapatkan istirahat yang cukup dan siap untuk bangun sahur dan shalat subuh tepat waktu.

2. Atur Alarm dengan Benar
Atur alarm dengan benar, sekitar 15-30 menit sebelum waktu imsak. Hal ini akan memberikan waktu yang cukup untuk bangun, berwudu, dan mempersiapkan diri untuk shalat subuh.

3. Persiapkan Perlengkapan Shalat dari Malam Hari
Persiapkan perlengkapan shalat, seperti sarung, mukena, dan sajadah dari malam hari. Hal ini akan menghemat waktu dan memudahkan Anda untuk langsung melaksanakan shalat subuh ketika waktu imsak tiba.

4. Bangun Segera Saat Mendengar Adzan
Ketika mendengar adzan subuh, segera bangun dan jangan menunda-nunda. Segera berwudu dan bersiap untuk melaksanakan shalat subuh.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Insya Allah Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menunaikan shalat subuh tepat waktu dan memperoleh keutamaannya.

Demikianlah informasi dan tips terkait adzan subuh Surabaya hari ini. Semoga bermanfaat bagi umat Muslim di Surabaya untuk mempersiapkan diri menunaikan shalat subuh dengan baik dan tepat waktu.

Conclusion

Adzan subuh merupakan panggilan untuk umat Muslim untuk segera menunaikan ibadah shalat subuh. Di Surabaya, adzan subuh dikumandangkan sekitar 15-30 menit sebelum waktu subuh tiba. Untuk mengetahui waktu adzan subuh yang tepat, umat Muslim dapat mendengarkan siaran langsung adzan dari masjid atau musala terdekat, atau melalui aplikasi waktu shalat.

Menunaikan shalat subuh tepat waktu memiliki banyak keutamaan, di antaranya mendapatkan pahala yang berlipat ganda, diampuni dosa-dosanya, dan dicintai oleh Allah SWT. Oleh karena itu, umat Muslim di Surabaya diharapkan untuk mempersiapkan diri dengan baik untuk menunaikan shalat subuh tepat waktu.

Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri menunaikan shalat subuh dengan baik antara lain tidur lebih awal, mengatur alarm dengan benar, mempersiapkan perlengkapan shalat dari malam hari, dan bangun segera saat mendengar adzan. Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Insya Allah umat Muslim di Surabaya dapat menunaikan shalat subuh tepat waktu dan memperoleh keutamaannya.

Marilah kita jadikan adzan subuh sebagai pengingat untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menunaikan ibadah shalat subuh dengan penuh kekhusyukan. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita dan memberikan pahala yang berlimpah kepada kita semua.


Artikel Terkait

Bagikan:

lisa

Hai, nama aku Lisa! Udah lebih dari 5 tahun nih aku terjun di dunia tulis-menulis. Gara-gara hobi membaca dan menulis, aku jadi semakin suka buat berbagi cerita sama kalian semua. Makasih banget buat kalian yang udah setia baca tulisan-tulisanku selama ini. Oh iya, jangan lupa cek juga tulisan-tulisanku di Stikes Perintis, ya. Dijamin, kamu bakal suka! Makasih lagi buat dukungannya, teman-teman! Tanpa kalian, tulisanku nggak akan seistimewa ini. Keep reading and let's explore the world together! ๐Ÿ“–โค๏ธ

Cek di Google News

Artikel Terbaru