Cara Mudah Daftar BPJS Kesehatan dengan Nomor WhatsApp


Cara Mudah Daftar BPJS Kesehatan dengan Nomor WhatsApp

BPJS Kesehatan merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dengan BPJS Kesehatan, masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang komprehensif, mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga pengobatan di rumah sakit.

Untuk mendaftar BPJS Kesehatan, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan, salah satunya melalui nomor WhatsApp. Cara ini cukup mudah dan praktis, sehingga dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Langkah-langkah untuk mendaftar BPJS Kesehatan melalui nomor WhatsApp adalah sebagai berikut:

no wa bpjs kesehatan

Daftar BPJS Kesehatan lewat WhatsApp, mudah dan cepat.

  • WhatsApp BPJS Kesehatan: 08118750400
  • Ketik nama lengkap
  • Kirim NIK dan foto KTP
  • Pilih kelas perawatan
  • Bayar iuran pertama
  • Kartu BPJS Kesehatan digital
  • Aktifkan kartu BPJS Kesehatan
  • Siap digunakan

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat dengan mudah mendaftar BPJS Kesehatan melalui nomor WhatsApp. Setelah kartu BPJS Kesehatan Anda aktif, Anda dapat langsung menggunakannya untuk berobat di rumah sakit atau klinik yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

WhatsApp BPJS Kesehatan: 08118750400

Untuk mendaftar BPJS Kesehatan melalui WhatsApp, Anda dapat menghubungi nomor 08118750400. Nomor ini merupakan nomor resmi WhatsApp BPJS Kesehatan yang melayani pendaftaran BPJS Kesehatan bagi peserta baru maupun peserta lama yang ingin melakukan perubahan data.

Setelah Anda menghubungi nomor tersebut, Anda akan diminta untuk mengikuti petunjuk yang diberikan oleh sistem. Petunjuk tersebut meliputi:

  • Mengetik nama lengkap Anda
  • Mengirimkan NIK dan foto KTP Anda
  • Memilih kelas perawatan yang Anda inginkan
  • Membayar iuran pertama BPJS Kesehatan Anda

Setelah Anda mengikuti semua petunjuk tersebut, kartu BPJS Kesehatan digital Anda akan langsung aktif dan dapat digunakan untuk berobat di rumah sakit atau klinik yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Namun, perlu diingat bahwa sebelum menggunakan kartu BPJS Kesehatan digital Anda, Anda harus terlebih dahulu mengaktifkannya. Aktivasi kartu BPJS Kesehatan digital dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN atau melalui kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Ketik nama lengkap

Setelah Anda menghubungi nomor WhatsApp BPJS Kesehatan (08118750400), Anda akan diminta untuk mengetik nama lengkap Anda.

Nama lengkap yang Anda ketik harus sesuai dengan nama lengkap yang tertera di KTP Anda. Pastikan Anda mengetik nama lengkap Anda dengan benar dan lengkap, termasuk gelar akademis jika ada.

Jika Anda salah mengetik nama lengkap Anda, Anda dapat membatalkan pendaftaran dan memulai kembali proses pendaftaran dari awal.

Setelah Anda selesai mengetik nama lengkap Anda, tekan tombol “Kirim” untuk melanjutkan proses pendaftaran.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengetik nama lengkap Anda, Anda dapat menghubungi petugas BPJS Kesehatan melalui telepon atau datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Kirim NIK dan foto KTP

Setelah Anda mengetik nama lengkap Anda, Anda akan diminta untuk mengirim NIK dan foto KTP Anda.

NIK yang Anda kirim harus sesuai dengan NIK yang tertera di KTP Anda. Pastikan Anda mengetik NIK Anda dengan benar dan lengkap, tanpa spasi atau tanda baca.

Foto KTP yang Anda kirim harus jelas dan tidak buram. Pastikan seluruh bagian KTP terlihat jelas, termasuk foto Anda, nama Anda, NIK Anda, dan masa berlaku KTP Anda.

Jika Anda salah mengetik NIK atau mengirim foto KTP yang buram, Anda dapat membatalkan pendaftaran dan memulai kembali proses pendaftaran dari awal.

Setelah Anda selesai mengetik NIK dan mengirim foto KTP Anda, tekan tombol “Kirim” untuk melanjutkan proses pendaftaran.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengirim NIK dan foto KTP, Anda dapat menghubungi petugas BPJS Kesehatan melalui telepon atau datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Pilih kelas perawatan

Setelah Anda mengirim NIK dan foto KTP Anda, Anda akan diminta untuk memilih kelas perawatan yang Anda inginkan.

BPJS Kesehatan menawarkan tiga kelas perawatan, yaitu:

  • Kelas I: Kelas perawatan dengan fasilitas terbaik dan biaya iuran bulanan tertinggi.
  • Kelas II: Kelas perawatan dengan fasilitas sedang dan biaya iuran bulanan lebih rendah dari Kelas I.
  • Kelas III: Kelas perawatan dengan fasilitas paling sederhana dan biaya iuran bulanan terendah.

Anda dapat memilih kelas perawatan sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Namun, perlu diingat bahwa kelas perawatan yang lebih tinggi akan memberikan fasilitas yang lebih baik dan biaya iuran bulanan yang lebih mahal.

Setelah Anda memilih kelas perawatan yang diinginkan, tekan tombol “Kirim” untuk melanjutkan proses pendaftaran.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam memilih kelas perawatan, Anda dapat menghubungi petugas BPJS Kesehatan melalui telepon atau datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Bayar iuran pertama

Setelah Anda memilih kelas perawatan yang diinginkan, Anda akan diminta untuk membayar iuran pertama BPJS Kesehatan Anda.

  • Jumlah iuran pertama:

    Jumlah iuran pertama BPJS Kesehatan yang harus Anda bayar tergantung pada kelas perawatan yang Anda pilih. Berikut ini adalah rinciannya:

    • Kelas I: Rp80.000
    • Kelas II: Rp51.000
    • Kelas III: Rp25.500
  • Cara pembayaran:

    Anda dapat membayar iuran pertama BPJS Kesehatan Anda melalui berbagai cara, antara lain:

    • Transfer bank
    • ATM
    • Internet banking
    • Mobile banking
    • Kantor pos
    • Kantor BPJS Kesehatan
  • Batas waktu pembayaran:

    Anda harus membayar iuran pertama BPJS Kesehatan Anda paling lambat 30 hari setelah Anda mendaftar. Jika Anda tidak membayar iuran pertama Anda tepat waktu, maka pendaftaran BPJS Kesehatan Anda akan dibatalkan.

  • Bukti pembayaran:

    Setelah Anda membayar iuran pertama BPJS Kesehatan Anda, simpanlah bukti pembayaran tersebut dengan baik. Bukti pembayaran tersebut akan berguna jika Anda perlu mengajukan klaim BPJS Kesehatan di kemudian hari.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam membayar iuran pertama BPJS Kesehatan Anda, Anda dapat menghubungi petugas BPJS Kesehatan melalui telepon atau datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Kartu BPJS Kesehatan digital

Setelah Anda membayar iuran pertama BPJS Kesehatan Anda, kartu BPJS Kesehatan digital Anda akan langsung aktif dan dapat digunakan untuk berobat di rumah sakit atau klinik yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Kartu BPJS Kesehatan digital dapat diakses melalui aplikasi Mobile JKN. Anda dapat mengunduh aplikasi Mobile JKN di Google Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS).

Setelah Anda mengunduh aplikasi Mobile JKN, Anda dapat melakukan pendaftaran akun dengan menggunakan NIK dan nomor ponsel Anda. Setelah akun Anda aktif, Anda dapat langsung melihat kartu BPJS Kesehatan digital Anda di aplikasi Mobile JKN.

Kartu BPJS Kesehatan digital memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Mudah dibawa-bawa
  • Tidak perlu khawatir hilang atau rusak
  • Dapat digunakan untuk berobat di seluruh rumah sakit dan klinik yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan
  • Dapat digunakan untuk mengajukan klaim BPJS Kesehatan secara online

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengakses kartu BPJS Kesehatan digital Anda, Anda dapat menghubungi petugas BPJS Kesehatan melalui telepon atau datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Aktifkan kartu BPJS Kesehatan

Sebelum Anda dapat menggunakan kartu BPJS Kesehatan digital Anda, Anda harus terlebih dahulu mengaktifkannya.

Ada dua cara untuk mengaktifkan kartu BPJS Kesehatan digital, yaitu:

  1. Melalui aplikasi Mobile JKN:
    1. Buka aplikasi Mobile JKN
    2. Login dengan menggunakan NIK dan nomor ponsel Anda
    3. Pilih menu “Kartu Digital”
    4. Klik tombol “Aktifkan Kartu”
    5. Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel Anda
    6. Kartu BPJS Kesehatan digital Anda akan langsung aktif
  2. Melalui kantor BPJS Kesehatan:
    1. Datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat
    2. Bawa kartu BPJS Kesehatan fisik Anda dan KTP Anda
    3. Minta petugas BPJS Kesehatan untuk mengaktifkan kartu BPJS Kesehatan digital Anda
    4. Kartu BPJS Kesehatan digital Anda akan langsung aktif

Setelah kartu BPJS Kesehatan digital Anda aktif, Anda dapat langsung menggunakannya untuk berobat di rumah sakit atau klinik yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengaktifkan kartu BPJS Kesehatan digital Anda, Anda dapat menghubungi petugas BPJS Kesehatan melalui telepon atau datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Siap digunakan

Setelah kartu BPJS Kesehatan digital Anda aktif, Anda dapat langsung menggunakannya untuk berobat di rumah sakit atau klinik yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Untuk menggunakan kartu BPJS Kesehatan digital Anda, cukup tunjukkan kartu BPJS Kesehatan digital Anda di aplikasi Mobile JKN kepada petugas rumah sakit atau klinik.

Petugas rumah sakit atau klinik akan memindai kode QR yang terdapat pada kartu BPJS Kesehatan digital Anda. Setelah kode QR dipindai, data Anda akan muncul di sistem rumah sakit atau klinik.

Setelah data Anda muncul di sistem rumah sakit atau klinik, Anda dapat langsung berobat tanpa harus membayar biaya pengobatan.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam menggunakan kartu BPJS Kesehatan digital Anda, Anda dapat menghubungi petugas BPJS Kesehatan melalui telepon atau datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang BPJS Kesehatan yang sering ditanyakan:

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat BPJS Kesehatan?
Jawaban: BPJS Kesehatan memberikan banyak manfaat, antara lain:

  • Pelayanan kesehatan dasar, seperti pemeriksaan kesehatan, pengobatan penyakit umum, dan persalinan.
  • Pelayanan kesehatan rujukan, seperti perawatan di rumah sakit spesialis atau subspesialis, operasi, dan cuci darah.
  • Pemberian obat-obatan sesuai dengan resep dokter.
  • Pelayanan kesehatan gigi dasar, seperti pemeriksaan gigi, penambalan gigi, dan pembersihan karang gigi.

Pertanyaan 2: Siapa saja yang dapat menjadi peserta BPJS Kesehatan?
Jawaban: Seluruh penduduk Indonesia dapat menjadi peserta BPJS Kesehatan, baik pekerja formal maupun informal, serta anak-anak dan orang tua yang tidak bekerja.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara mendaftar BPJS Kesehatan?
Jawaban: Ada beberapa cara untuk mendaftar BPJS Kesehatan, antara lain:

  • Melalui kantor BPJS Kesehatan terdekat
  • Melalui website BPJS Kesehatan
  • Melalui aplikasi Mobile JKN
  • Melalui WhatsApp BPJS Kesehatan (08118750400)

Pertanyaan 4: Berapa biaya iuran BPJS Kesehatan?
Jawaban: Biaya iuran BPJS Kesehatan berbeda-beda tergantung pada kelas perawatan yang dipilih. Berikut adalah rincian biaya iuran BPJS Kesehatan per bulan:

  • Kelas I: Rp80.000
  • Kelas II: Rp51.000
  • Kelas III: Rp25.500

Pertanyaan 5: Bagaimana cara membayar iuran BPJS Kesehatan?
Jawaban: Iuran BPJS Kesehatan dapat dibayar melalui berbagai cara, antara lain:

  • Transfer bank
  • ATM
  • Internet banking
  • Mobile banking
  • Kantor pos
  • Kantor BPJS Kesehatan

Pertanyaan 6: Bagaimana cara mendapatkan kartu BPJS Kesehatan?
Jawaban: Setelah mendaftar BPJS Kesehatan dan membayar iuran pertama, Anda akan mendapatkan kartu BPJS Kesehatan digital di aplikasi Mobile JKN. Anda juga dapat meminta kartu BPJS Kesehatan fisik di kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Pertanyaan 7: Bagaimana cara menggunakan kartu BPJS Kesehatan?
Jawaban: Untuk menggunakan kartu BPJS Kesehatan, cukup tunjukkan kartu BPJS Kesehatan digital Anda di aplikasi Mobile JKN kepada petugas rumah sakit atau klinik. Petugas rumah sakit atau klinik akan memindai kode QR yang terdapat pada kartu BPJS Kesehatan digital Anda. Setelah kode QR dipindai, data Anda akan muncul di sistem rumah sakit atau klinik dan Anda dapat langsung berobat tanpa harus membayar biaya pengobatan.

Demikian beberapa pertanyaan umum tentang BPJS Kesehatan yang sering ditanyakan. Jika Anda memiliki pertanyaan lain, silakan hubungi petugas BPJS Kesehatan melalui telepon atau datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Selain mengetahui tentang BPJS Kesehatan, Anda juga perlu mengetahui beberapa tips untuk menjaga kesehatan Anda. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan Anda:

Tips

Selain mengetahui tentang BPJS Kesehatan, Anda juga perlu mengetahui beberapa tips untuk menjaga kesehatan Anda. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan Anda:

1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi
Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak. Hindari makanan yang tinggi gula, garam, dan lemak jenuh.

2. Berolahraga secara teratur
Berolahraga secara teratur dapat membantu menjaga berat badan yang sehat, mengurangi risiko penyakit kronis, dan meningkatkan kesehatan mental. Lakukan olahraga intensitas sedang selama 30 menit setiap hari, atau olahraga intensitas berat selama 20 menit setiap hari.

3. Tidur yang cukup
Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Orang dewasa membutuhkan tidur selama 7-8 jam setiap malam. Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup agar tubuh Anda dapat beristirahat dan pulih.

4. Kelola stres
Stres dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Temukan cara untuk mengelola stres dengan baik, seperti berolahraga, meditasi, atau menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menjaga kesehatan Anda tetap baik dan terhindar dari berbagai penyakit.

Demikian beberapa tips untuk menjaga kesehatan Anda. Selain itu, jangan lupa untuk rutin memeriksakan kesehatan Anda ke dokter untuk memastikan kesehatan Anda tetap dalam kondisi yang baik.

Conclusion

BPJS Kesehatan merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dengan BPJS Kesehatan, masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang komprehensif, mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga pengobatan di rumah sakit.

Untuk mendaftar BPJS Kesehatan, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan, salah satunya melalui nomor WhatsApp. Cara ini cukup mudah dan praktis, sehingga dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Setelah mendaftar BPJS Kesehatan, Anda akan mendapatkan kartu BPJS Kesehatan digital di aplikasi Mobile JKN. Anda juga dapat meminta kartu BPJS Kesehatan fisik di kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Kartu BPJS Kesehatan dapat digunakan untuk berobat di rumah sakit atau klinik yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Untuk menggunakan kartu BPJS Kesehatan, cukup tunjukkan kartu BPJS Kesehatan digital Anda di aplikasi Mobile JKN kepada petugas rumah sakit atau klinik.

Selain mengetahui tentang BPJS Kesehatan, Anda juga perlu mengetahui beberapa tips untuk menjaga kesehatan Anda. Beberapa tips untuk menjaga kesehatan antara lain mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, berolahraga secara teratur, tidur yang cukup, dan mengelola stres.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menjaga kesehatan Anda tetap baik dan terhindar dari berbagai penyakit.

Demikian informasi tentang BPJS Kesehatan dan tips menjaga kesehatan. Semoga bermanfaat!


Artikel Terkait

Bagikan:

Tags