Makanan Sehat untuk Ibu Hamil: Pentingnya Gizi untuk Kesehatan Ibu dan Bayi


Makanan Sehat untuk Ibu Hamil: Pentingnya Gizi untuk Kesehatan Ibu dan Bayi

Kehamilan adalah masa yang sangat penting bagi seorang wanita. Selama masa ini, ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan. Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan memengaruhi kesehatan ibu dan bayi, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Gizi yang baik selama kehamilan dapat membantu mencegah berbagai masalah kesehatan, seperti anemia, preeklamsia, dan diabetes gestasional. Selain itu, gizi yang baik juga dapat membantu meningkatkan berat badan bayi yang sehat, mengurangi risiko kelahiran prematur, dan mencegah cacat lahir. Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi selama masa kehamilan.

Secara umum, ibu hamil membutuhkan kalori lebih banyak daripada wanita yang tidak hamil. Jumlah kalori yang dibutuhkan tergantung pada usia, aktivitas, dan berat badan ibu hamil. Namun, rata-rata ibu hamil membutuhkan tambahan sekitar 300 kalori per hari. Kalori ini dapat diperoleh dari berbagai jenis makanan, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.


Artikel Terkait

Bagikan: