Kesehatan Masyarakat UNAIR: Sebuah Program Unggulan untuk Masa Depan


Kesehatan Masyarakat UNAIR: Sebuah Program Unggulan untuk Masa Depan

Kesehatan masyarakat merupakan salah satu bidang ilmu yang sangat penting dalam menjaga dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Oleh karena itu, Universitas Airlangga (UNAIR) sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, menyediakan program studi kesehatan masyarakat yang berkualitas dan berstandar internasional.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang program studi kesehatan masyarakat UNAIR, mulai dari kurikulum yang diajarkan hingga prospek kerja lulusannya.

kesehatan masyarakat unair

Kesehatan masyarakat UNAIR unggul dalam berbagai aspek.

  • Kurikulum berstandar internasional
  • Dosen berpengalaman dan kompeten
  • Fasilitas lengkap dan modern
  • Metode pembelajaran inovatif
  • Akreditasi A dari BAN-PT
  • Lulusan terserap di berbagai bidang
  • Prospek kerja luas
  • Gaji lulusan tinggi
  • Reputasi baik di dunia kerja

Dengan berbagai keunggulan tersebut, kesehatan masyarakat UNAIR menjadi pilihan tepat bagi siapa saja yang ingin berkarier di bidang kesehatan masyarakat.

Kurikulum berstandar internasional

Kurikulum kesehatan masyarakat UNAIR dirancang untuk memenuhi standar internasional dan mempersiapkan lulusannya untuk berkarier di bidang kesehatan masyarakat global.

  • Fokus pada masalah kesehatan global

    Kurikulum kesehatan masyarakat UNAIR mencakup berbagai mata kuliah yang membahas masalah kesehatan global, seperti penyakit menular, kesehatan ibu dan anak, serta gizi.

  • Pembelajaran berbasis masalah

    Kurikulum kesehatan masyarakat UNAIR menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah (PBL) yang mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis dan memecahkan masalah kesehatan masyarakat secara sistematis.

  • Magang di luar negeri

    Mahasiswa kesehatan masyarakat UNAIR memiliki kesempatan untuk mengikuti magang di luar negeri, seperti di negara-negara Asia Tenggara, Eropa, dan Amerika Serikat.

  • Dosen tamu internasional

    Kesehatan masyarakat UNAIR mendatangkan dosen tamu internasional untuk memberikan kuliah dan berbagi pengalaman dengan mahasiswa.

Dengan kurikulum yang berstandar internasional, lulusan kesehatan masyarakat UNAIR memiliki kompetensi yang diakui secara global dan siap untuk berkarier di bidang kesehatan masyarakat di mana saja.

Dosen berpengalaman dan kompeten

Kesehatan masyarakat UNAIR memiliki dosen-dosen yang berpengalaman dan kompeten di bidang kesehatan masyarakat. Sebagian besar dosen kesehatan masyarakat UNAIR memiliki gelar doktor (S3) dari universitas ternama di dalam dan luar negeri.

Dosen-dosen kesehatan masyarakat UNAIR juga aktif dalam penelitian dan publikasi ilmiah. Mereka telah menghasilkan banyak karya ilmiah yang diterbitkan di jurnal-jurnal ilmiah nasional dan internasional. Selain itu, dosen-dosen kesehatan masyarakat UNAIR juga aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Dengan pengalaman dan kompetensi yang dimiliki, dosen-dosen kesehatan masyarakat UNAIR mampu memberikan pengajaran dan bimbingan yang berkualitas kepada mahasiswa. Mahasiswa kesehatan masyarakat UNAIR akan mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang up-to-date dan relevan dengan perkembangan ilmu kesehatan masyarakat terkini.

Selain itu, dosen-dosen kesehatan masyarakat UNAIR juga sangat ramah dan terbuka kepada mahasiswa. Mereka selalu siap membantu mahasiswa dalam memahami materi kuliah dan menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan.

Dengan dosen-dosen yang berpengalaman dan kompeten, kesehatan masyarakat UNAIR menjadi pilihan tepat bagi siapa saja yang ingin belajar tentang kesehatan masyarakat dan mempersiapkan diri untuk berkarier di bidang kesehatan masyarakat.

Fasilitas lengkap dan modern

Kesehatan masyarakat UNAIR didukung oleh fasilitas yang lengkap dan modern untuk menunjang kegiatan belajar mengajar dan penelitian.

  • Ruang kuliah yang nyaman

    Kesehatan masyarakat UNAIR memiliki ruang kuliah yang nyaman dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas multimedia, seperti proyektor, layar lebar, dan sound system.

  • Laboratorium yang lengkap

    Kesehatan masyarakat UNAIR memiliki berbagai laboratorium yang lengkap untuk mendukung kegiatan praktikum mahasiswa, seperti laboratorium kesehatan lingkungan, laboratorium kesehatan masyarakat, dan laboratorium biostatistik.

  • Perpustakaan yang modern

    Kesehatan masyarakat UNAIR memiliki perpustakaan yang modern dan lengkap dengan koleksi buku, jurnal, dan tesis tentang kesehatan masyarakat. Perpustakaan kesehatan masyarakat UNAIR juga menyediakan akses ke berbagai database jurnal ilmiah online.

  • Fasilitas olahraga yang lengkap

    Kesehatan masyarakat UNAIR memiliki fasilitas olahraga yang lengkap, seperti lapangan olahraga, kolam renang, dan pusat kebugaran. Fasilitas olahraga ini dapat digunakan oleh mahasiswa kesehatan masyarakat UNAIR untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.

Dengan fasilitas yang lengkap dan modern, mahasiswa kesehatan masyarakat UNAIR dapat belajar dan mengembangkan keterampilan mereka dengan optimal.

Metode pembelajaran inovatif

Kesehatan masyarakat UNAIR menggunakan metode pembelajaran inovatif yang mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis, kreatif, dan mampu memecahkan masalah kesehatan masyarakat secara sistematis.

Salah satu metode pembelajaran inovatif yang digunakan di kesehatan masyarakat UNAIR adalah problem-based learning (PBL). Dalam metode PBL, mahasiswa diberikan sebuah kasus kesehatan masyarakat yang nyata dan diminta untuk menganalisisnya dan mencari solusinya.

Metode PBL mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis dan kreatif dalam menganalisis kasus kesehatan masyarakat. Mahasiswa juga dituntut untuk mampu bekerja sama dalam tim untuk memecahkan masalah kesehatan masyarakat tersebut.

Selain PBL, kesehatan masyarakat UNAIR juga menggunakan metode pembelajaran inovatif lainnya, seperti case study, role play, dan simulation. Metode pembelajaran inovatif ini membuat mahasiswa lebih aktif dalam belajar dan lebih memahami materi kuliah.

Dengan metode pembelajaran inovatif, mahasiswa kesehatan masyarakat UNAIR akan lebih siap untuk menghadapi tantangan di dunia kerja dan mampu menjadi tenaga kesehatan masyarakat yang profesional dan kompeten.

Akreditasi A dari BAN-PT

Kesehatan masyarakat UNAIR telah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi A merupakan peringkat akreditasi tertinggi yang diberikan oleh BAN-PT.

  • Standar nasional

    Akreditasi A dari BAN-PT menunjukkan bahwa kesehatan masyarakat UNAIR telah memenuhi standar nasional pendidikan tinggi di Indonesia.

  • Kualitas lulusan terjamin

    Lulusan kesehatan masyarakat UNAIR memiliki kualitas yang terjamin karena program studinya telah terakreditasi A oleh BAN-PT.

  • Diakui secara nasional dan internasional

    Akreditasi A dari BAN-PT membuat kesehatan masyarakat UNAIR diakui secara nasional dan internasional.

  • Kerja sama dengan institusi lain

    Akreditasi A dari BAN-PT memudahkan kesehatan masyarakat UNAIR untuk menjalin kerja sama dengan institusi lain, baik di dalam maupun luar negeri.

Dengan akreditasi A dari BAN-PT, kesehatan masyarakat UNAIR menjadi pilihan tepat bagi siapa saja yang ingin belajar tentang kesehatan masyarakat dan mempersiapkan diri untuk berkarier di bidang kesehatan masyarakat.

Lulusan terserap di berbagai bidang

Lulusan kesehatan masyarakat UNAIR memiliki prospek kerja yang luas dan terserap di berbagai bidang.

  • Institusi pemerintah

    Lulusan kesehatan masyarakat UNAIR dapat bekerja di berbagai institusi pemerintah, seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

  • Lembaga swasta

    Lulusan kesehatan masyarakat UNAIR juga dapat bekerja di berbagai lembaga swasta, seperti rumah sakit, klinik, dan perusahaan asuransi kesehatan.

  • Organisasi non-pemerintah

    Lulusan kesehatan masyarakat UNAIR dapat bekerja di berbagai organisasi non-pemerintah (NGO), seperti lembaga donor internasional dan lembaga swadaya masyarakat (LSM).

  • Wirausaha

    Lulusan kesehatan masyarakat UNAIR juga dapat menjadi wirausaha dengan membuka usaha sendiri di bidang kesehatan, seperti klinik kesehatan, apotek, dan laboratorium kesehatan.

Dengan berbagai bidang pekerjaan yang terbuka, lulusan kesehatan masyarakat UNAIR tidak perlu khawatir tentang prospek kerja setelah lulus kuliah.

Prospek kerja luas

Kesehatan masyarakat UNAIR memiliki prospek kerja yang luas karena lulusannya memiliki kompetensi yang dibutuhkan di berbagai bidang.

  • Analis kesehatan

    Lulusan kesehatan masyarakat UNAIR dapat bekerja sebagai analis kesehatan di berbagai institusi pemerintah, seperti Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan.

  • Epidemiolog

    Lulusan kesehatan masyarakat UNAIR dapat bekerja sebagai epidemiolog untuk menyelidiki dan menganalisis penyebaran penyakit.

  • Promotor kesehatan

    Lulusan kesehatan masyarakat UNAIR dapat bekerja sebagai promotor kesehatan untuk memberikan penyuluhan dan edukasi kesehatan kepada masyarakat.

  • Manajer kesehatan

    Lulusan kesehatan masyarakat UNAIR dapat bekerja sebagai manajer kesehatan di berbagai institusi kesehatan, seperti rumah sakit dan klinik.

Selain itu, lulusan kesehatan masyarakat UNAIR juga dapat bekerja di berbagai bidang lain, seperti public health policy, global health, dan health economics.

Gaji lulusan tinggi

Lulusan kesehatan masyarakat UNAIR memiliki gaji yang tinggi. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), rata-rata gaji lulusan kesehatan masyarakat UNAIR adalah Rp7.500.000 per bulan. Gaji ini lebih tinggi dari rata-rata gaji lulusan sarjana kesehatan masyarakat di Indonesia yang hanya sekitar Rp6.000.000 per bulan.

Tingginya gaji lulusan kesehatan masyarakat UNAIR disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Akreditasi A dari BAN-PT

    Kesehatan masyarakat UNAIR telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Akreditasi A menunjukkan bahwa kesehatan masyarakat UNAIR memiliki kualitas yang baik dan lulusannya memiliki kompetensi yang tinggi.

  • Dosen berpengalaman dan kompeten

    Kesehatan masyarakat UNAIR memiliki dosen-dosen yang berpengalaman dan kompeten di bidang kesehatan masyarakat. Dosen-dosen tersebut memiliki gelar doktor (S3) dari universitas ternama di dalam dan luar negeri.

  • Kurikulum yang up-to-date

    Kurikulum kesehatan masyarakat UNAIR selalu diperbarui sesuai dengan perkembangan ilmu kesehatan masyarakat terkini. Hal ini membuat lulusan kesehatan masyarakat UNAIR memiliki ilmu dan pengetahuan yang up-to-date dan dibutuhkan oleh dunia kerja.

Dengan gaji yang tinggi, lulusan kesehatan masyarakat UNAIR dapat hidup sejahtera dan berkontribusi secara maksimal kepada masyarakat.

Jika Anda tertarik untuk berkarier di bidang kesehatan masyarakat, maka kesehatan masyarakat UNAIR adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Reputasi baik di dunia kerja

Kesehatan masyarakat UNAIR memiliki reputasi yang baik di dunia kerja. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya lulusan kesehatan masyarakat UNAIR yang bekerja di berbagai institusi ternama, baik di dalam maupun luar negeri.

Beberapa institusi tempat lulusan kesehatan masyarakat UNAIR bekerja, antara lain:

  • Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
  • Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)
  • Bank Dunia
  • United Nations Children’s Fund (UNICEF)
  • Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo
  • Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Airlangga

Reputasi baik kesehatan masyarakat UNAIR di dunia kerja disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Akreditasi A dari BAN-PT

    Kesehatan masyarakat UNAIR telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Akreditasi A menunjukkan bahwa kesehatan masyarakat UNAIR memiliki kualitas yang baik dan lulusannya memiliki kompetensi yang tinggi.

  • Dosen berpengalaman dan kompeten

    Kesehatan masyarakat UNAIR memiliki dosen-dosen yang berpengalaman dan kompeten di bidang kesehatan masyarakat. Dosen-dosen tersebut memiliki gelar doktor (S3) dari universitas ternama di dalam dan luar negeri.

  • Kurikulum yang up-to-date

    Kurikulum kesehatan masyarakat UNAIR selalu diperbarui sesuai dengan perkembangan ilmu kesehatan masyarakat terkini. Hal ini membuat lulusan kesehatan masyarakat UNAIR memiliki ilmu dan pengetahuan yang up-to-date dan dibutuhkan oleh dunia kerja.

Dengan reputasi yang baik di dunia kerja, lulusan kesehatan masyarakat UNAIR tidak perlu khawatir tentang prospek kerja setelah lulus kuliah.

Jika Anda ingin berkarier di bidang kesehatan masyarakat, maka kesehatan masyarakat UNAIR adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang kesehatan masyarakat UNAIR:

Question 1: Apa saja persyaratan untuk masuk ke kesehatan masyarakat UNAIR?
Answer 1: Persyaratan untuk masuk ke kesehatan masyarakat UNAIR adalah sebagai berikut:

  • Lulusan SMA/SMK/MA jurusan IPA atau IPS
  • Nilai rapor minimal rata-rata 7,00
  • Nilai UTBK minimal 500

Question 2: Berapa biaya kuliah di kesehatan masyarakat UNAIR?
Answer 2: Biaya kuliah di kesehatan masyarakat UNAIR bervariasi tergantung pada jalur masuk dan kemampuan ekonomi mahasiswa. Biaya kuliah untuk jalur SNMPTN dan SBMPTN adalah sekitar Rp2.500.000 per semester. Sedangkan untuk jalur mandiri, biaya kuliah berkisar antara Rp5.000.000 hingga Rp7.000.000 per semester.

Question 3: Apa saja fasilitas yang tersedia di kesehatan masyarakat UNAIR?
Answer 3: Kesehatan masyarakat UNAIR memiliki berbagai fasilitas yang lengkap untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dan penelitian, antara lain:

  • Ruang kuliah yang nyaman dan ber-AC
  • Laboratorium yang lengkap
  • Perpustakaan yang modern
  • Fasilitas olahraga yang lengkap
  • Asrama mahasiswa

Question 4: Bagaimana prospek kerja lulusan kesehatan masyarakat UNAIR?
Answer 4: Lulusan kesehatan masyarakat UNAIR memiliki prospek kerja yang luas, antara lain:

  • Analis kesehatan
  • Epidemiolog
  • Promotor kesehatan
  • Manajer kesehatan
  • Dosen
  • Peneliti

Question 5: Apakah kesehatan masyarakat UNAIR memiliki kerja sama dengan institusi lain?
Answer 5: Kesehatan masyarakat UNAIR memiliki kerja sama dengan berbagai institusi dalam dan luar negeri, antara lain:

  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Indonesia
  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Malaya
  • National University of Singapore
  • Harvard University

Question 6: Bagaimana cara mendaftar ke kesehatan masyarakat UNAIR?
Answer 6: Pendaftaran ke kesehatan masyarakat UNAIR dapat dilakukan melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan mandiri. Informasi lebih lengkap tentang pendaftaran dapat dilihat di website resmi UNAIR.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang kesehatan masyarakat UNAIR. Jika Anda memiliki pertanyaan lain, jangan ragu untuk menghubungi bagian informasi UNAIR.

Selain FAQ di atas, berikut ini adalah beberapa tips untuk calon mahasiswa kesehatan masyarakat UNAIR:

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips untuk calon mahasiswa kesehatan masyarakat UNAIR:

1. Pilih jalur masuk yang tepat

Kesehatan masyarakat UNAIR menerima mahasiswa melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan mandiri. Pilihlah jalur masuk yang paling sesuai dengan kemampuan dan prestasi Anda.

2. Persiapkan diri dengan baik untuk ujian masuk

Pelajari materi ujian dengan saksama dan lakukan latihan soal sebanyak mungkin. Anda juga dapat mengikuti bimbingan belajar untuk membantu persiapan Anda.

3. Manfaatkan fasilitas yang tersedia di UNAIR

Kesehatan masyarakat UNAIR memiliki berbagai fasilitas yang lengkap untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dan penelitian. Manfaatkan fasilitas tersebut sebaik-baiknya untuk meningkatkan prestasi akademik Anda.

4. Aktif dalam kegiatan kemahasiswaan

Kesehatan masyarakat UNAIR memiliki berbagai kegiatan kemahasiswaan yang menarik dan bermanfaat. Ikutilah kegiatan kemahasiswaan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda untuk mengembangkan soft skills dan memperluas jaringan pertemanan.

5. Jaga kesehatan dan kebugaran

Kuliah di kesehatan masyarakat UNAIR cukup padat dan melelahkan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran agar tetap fit dan tidak mudah sakit.

Demikian beberapa tips untuk calon mahasiswa kesehatan masyarakat UNAIR. Semoga bermanfaat!

Jika Anda memiliki tekad yang kuat dan mengikuti tips-tips di atas, maka Anda akan berhasil menjadi mahasiswa kesehatan masyarakat UNAIR.

Conclusion

Kesehatan masyarakat UNAIR merupakan salah satu program studi terbaik di Indonesia. Program studi ini memiliki kurikulum yang berstandar internasional, dosen yang berpengalaman dan kompeten, fasilitas yang lengkap dan modern, serta metode pembelajaran yang inovatif.

Lulusan kesehatan masyarakat UNAIR memiliki prospek kerja yang luas dan gaji yang tinggi. Mereka dapat bekerja di berbagai institusi, baik pemerintah maupun swasta, serta berkontribusi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Jika Anda tertarik untuk berkarier di bidang kesehatan masyarakat, maka kesehatan masyarakat UNAIR adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Dengan belajar di kesehatan masyarakat UNAIR, Anda akan mendapatkan ilmu dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi tenaga kesehatan masyarakat yang profesional dan kompeten.

Jangan ragu untuk mendaftar ke kesehatan masyarakat UNAIR. Raih cita-cita Anda untuk menjadi tenaga kesehatan masyarakat yang handal dan berkontribusi dalam pembangunan kesehatan di Indonesia.


Artikel Terkait

Bagikan: