Kantor BPJS Kesehatan Surabaya: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Layanan


Kantor BPJS Kesehatan Surabaya: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Layanan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan merupakan lembaga pemerintah yang bertanggung jawab dalam menyelenggarakan program jaminan kesehatan nasional (JKN). Dalam rangka memberikan pelayanan yang optimal kepada peserta JKN, BPJS Kesehatan memiliki kantor-kantor di berbagai daerah, salah satunya di Surabaya.

Kantor BPJS Kesehatan Surabaya beralamat di Jalan Raya Darmo 90, Surabaya. Kantor ini buka setiap hari kerja dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Untuk mendapatkan layanan di Kantor BPJS Kesehatan Surabaya, peserta JKN dapat datang langsung ke kantor tersebut atau menghubungi melalui telepon di nomor (031) 5010500.

Pada artikel ini, akan dijelaskan secara lengkap tentang Kantor BPJS Kesehatan Surabaya, meliputi alamat, jam buka, layanan yang tersedia, dan cara mendapatkan layanan di kantor tersebut. Selain itu, akan dijelaskan juga tentang beberapa hal penting yang perlu diketahui oleh peserta JKN terkait dengan pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan Surabaya.

kantor bpjs kesehatan surabaya

Berikut ini adalah 7 poin penting tentang Kantor BPJS Kesehatan Surabaya:

  • Alamat: Jl. Raya Darmo 90, Surabaya
  • Jam buka: 08.00 – 16.00 WIB
  • Nomor telepon: (031) 5010500
  • Layanan: pendaftaran peserta, perubahan data peserta, pelayanan kesehatan, dan pengaduan
  • Dokumen yang diperlukan: KTP, KK, dan kartu BPJS Kesehatan
  • Prosedur pendaftaran: datang langsung ke kantor atau melalui telepon
  • Biaya pendaftaran: gratis

Demikian beberapa poin penting yang perlu diketahui tentang Kantor BPJS Kesehatan Surabaya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para peserta JKN yang membutuhkan layanan di kantor tersebut.

Alamat: Jl. Raya Darmo 90, Surabaya

Kantor BPJS Kesehatan Surabaya terletak di Jalan Raya Darmo 90, Surabaya. Lokasi ini sangat strategis, berada di pusat kota Surabaya dan mudah diakses dari berbagai penjuru kota.

  • Mudah dijangkau dengan kendaraan umum

    Kantor BPJS Kesehatan Surabaya berada di jalur utama transportasi umum, sehingga mudah dijangkau dengan bus, angkot, atau kereta api. Hal ini tentu memudahkan bagi peserta JKN yang tidak memiliki kendaraan pribadi.

  • Dekat dengan pusat perbelanjaan dan kuliner

    Di sekitar Kantor BPJS Kesehatan Surabaya terdapat banyak pusat perbelanjaan dan kuliner. Hal ini tentu memudahkan bagi peserta JKN yang ingin menghabiskan waktu sambil menunggu antrean atau setelah selesai mendapatkan layanan.

  • Area parkir yang luas

    Kantor BPJS Kesehatan Surabaya memiliki area parkir yang luas, sehingga peserta JKN yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir kesulitan mencari tempat parkir.

  • Bangunan yang megah dan modern

    Kantor BPJS Kesehatan Surabaya merupakan bangunan yang megah dan modern. Hal ini tentu memberikan kesan positif bagi peserta JKN yang datang ke kantor tersebut.

Demikian beberapa poin penting terkait dengan alamat Kantor BPJS Kesehatan Surabaya di Jalan Raya Darmo 90, Surabaya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para peserta JKN yang membutuhkan layanan di kantor tersebut.

Jam buka: 08.00 – 16.00 WIB

Kantor BPJS Kesehatan Surabaya buka setiap hari kerja, dari Senin hingga Jumat, mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional, kantor tutup.

Bagi peserta JKN yang ingin mendapatkan layanan di Kantor BPJS Kesehatan Surabaya, sebaiknya datang pada jam-jam tersebut. Namun, perlu diketahui bahwa pada jam-jam tertentu, kantor tersebut mungkin ramai pengunjung. Oleh karena itu, sebaiknya datang lebih awal untuk menghindari antrean yang panjang.

Selain itu, peserta JKN juga dapat memanfaatkan layanan pendaftaran online melalui aplikasi Mobile JKN. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, peserta JKN dapat mendaftar untuk mendapatkan layanan di Kantor BPJS Kesehatan Surabaya tanpa harus datang langsung ke kantor tersebut. Namun, perlu diperhatikan bahwa layanan pendaftaran online hanya tersedia untuk beberapa jenis layanan tertentu.

Jika peserta JKN memiliki pertanyaan atau kendala terkait dengan jam buka Kantor BPJS Kesehatan Surabaya, dapat menghubungi layanan informasi BPJS Kesehatan di nomor telepon 165 atau melalui aplikasi Mobile JKN.

Demikian beberapa hal yang perlu diketahui tentang jam buka Kantor BPJS Kesehatan Surabaya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para peserta JKN yang membutuhkan layanan di kantor tersebut.

Nomor telepon: (031) 5010500

Kantor BPJS Kesehatan Surabaya memiliki nomor telepon (031) 5010500 yang dapat dihubungi oleh peserta JKN. Nomor telepon tersebut dapat dihubungi pada jam kerja, yaitu Senin hingga Jumat pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Peserta JKN dapat menghubungi nomor telepon tersebut untuk mendapatkan informasi terkait dengan layanan yang tersedia di Kantor BPJS Kesehatan Surabaya, syarat dan prosedur pendaftaran, perubahan data peserta, pelayanan kesehatan, dan pengaduan. Selain itu, peserta JKN juga dapat menghubungi nomor telepon tersebut untuk membuat janji temu dengan dokter atau petugas kesehatan lainnya di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Jika peserta JKN mengalami kesulitan dalam mengakses layanan di Kantor BPJS Kesehatan Surabaya, dapat menghubungi nomor telepon tersebut untuk mendapatkan bantuan. Petugas BPJS Kesehatan akan memberikan panduan dan arahan kepada peserta JKN agar dapat memperoleh layanan yang dibutuhkan.

Selain melalui telepon, peserta JKN juga dapat menghubungi BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN atau media sosial resmi BPJS Kesehatan. Namun, untuk mendapatkan layanan secara langsung, peserta JKN tetap harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan Surabaya pada jam kerja.

Demikian beberapa hal yang perlu diketahui tentang nomor telepon Kantor BPJS Kesehatan Surabaya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para peserta JKN yang membutuhkan layanan di kantor tersebut.

Layanan: pendaftaran peserta, perubahan data peserta, pelayanan kesehatan, dan pengaduan

Kantor BPJS Kesehatan Surabaya menyediakan berbagai layanan bagi peserta JKN, antara lain:

  • Pendaftaran peserta

    Bagi masyarakat yang belum menjadi peserta JKN, dapat mendaftar di Kantor BPJS Kesehatan Surabaya. Persyaratan yang diperlukan untuk pendaftaran peserta JKN adalah fotokopi KTP, fotokopi KK, dan pas foto terbaru ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar.

  • Perubahan data peserta

    Jika peserta JKN mengalami perubahan data, seperti perubahan alamat, nomor telepon, atau status pekerjaan, dapat mengajukan perubahan data di Kantor BPJS Kesehatan Surabaya. Persyaratan yang diperlukan untuk perubahan data peserta adalah fotokopi KTP, fotokopi KK, dan fotokopi dokumen pendukung perubahan data.

  • Pelayanan kesehatan

    Kantor BPJS Kesehatan Surabaya juga menyediakan pelayanan kesehatan bagi peserta JKN. Pelayanan kesehatan yang tersedia di kantor tersebut meliputi pemeriksaan kesehatan, pengobatan, dan rawat inap. Untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di Kantor BPJS Kesehatan Surabaya, peserta JKN harus membawa kartu BPJS Kesehatan dan identitas diri.

  • Pengaduan

    Jika peserta JKN mengalami masalah atau kendala dalam mendapatkan layanan JKN, dapat menyampaikan pengaduan di Kantor BPJS Kesehatan Surabaya. Pengaduan dapat disampaikan secara langsung, melalui telepon, atau melalui aplikasi Mobile JKN. Petugas BPJS Kesehatan akan menerima dan menangani pengaduan peserta JKN dengan sebaik-baiknya.

Demikian beberapa layanan yang tersedia di Kantor BPJS Kesehatan Surabaya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para peserta JKN yang membutuhkan layanan di kantor tersebut.

Dokumen yang diperlukan: KTP, KK, dan kartu BPJS Kesehatan

Untuk mendapatkan layanan di Kantor BPJS Kesehatan Surabaya, peserta JKN harus membawa dokumen-dokumen berikut:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)

    KTP merupakan identitas diri yang wajib dibawa oleh peserta JKN saat datang ke Kantor BPJS Kesehatan Surabaya. Pastikan KTP yang dibawa masih berlaku dan tidak rusak.

  • Kartu Keluarga (KK)

    KK merupakan dokumen yang memuat data tentang anggota keluarga peserta JKN. KK diperlukan untuk pendaftaran peserta JKN baru, perubahan data peserta, dan pengaduan.

  • Kartu BPJS Kesehatan

    Kartu BPJS Kesehatan merupakan kartu identitas peserta JKN yang diterbitkan oleh BPJS Kesehatan. Kartu BPJS Kesehatan harus dibawa oleh peserta JKN saat datang ke Kantor BPJS Kesehatan Surabaya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Selain ketiga dokumen tersebut, peserta JKN mungkin juga perlu membawa dokumen pendukung lainnya, tergantung pada jenis layanan yang dibutuhkan. Misalnya, untuk perubahan data peserta, peserta JKN perlu membawa dokumen pendukung perubahan data, seperti surat nikah atau surat cerai.

Prosedur pendaftaran: datang langsung ke kantor atau melalui telepon

Ada dua cara untuk mendaftar sebagai peserta JKN di Kantor BPJS Kesehatan Surabaya, yaitu datang langsung ke kantor atau melalui telepon.

  • Datang langsung ke kantor

    Untuk mendaftar langsung ke kantor, peserta JKN dapat datang ke Kantor BPJS Kesehatan Surabaya pada jam kerja, yaitu Senin hingga Jumat pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Peserta JKN harus membawa dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti KTP, KK, dan pas foto terbaru ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar.

  • Melalui telepon

    Peserta JKN juga dapat mendaftar melalui telepon dengan menghubungi nomor telepon Kantor BPJS Kesehatan Surabaya di (031) 5010500. Petugas BPJS Kesehatan akan memberikan panduan dan arahan kepada peserta JKN tentang prosedur pendaftaran dan dokumen-dokumen yang diperlukan.

Setelah menyelesaikan pendaftaran, peserta JKN akan mendapatkan kartu BPJS Kesehatan yang dapat digunakan untuk mendapatkan layanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Biaya pendaftaran: gratis

Pendaftaran peserta JKN di Kantor BPJS Kesehatan Surabaya tidak dikenakan biaya alias gratis. Peserta JKN hanya perlu membawa dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti KTP, KK, dan pas foto terbaru ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar.

  • Tidak ada biaya pendaftaran

    Pemerintah telah menetapkan bahwa pendaftaran peserta JKN tidak dikenakan biaya. Hal ini bertujuan untuk memberikan akses layanan kesehatan yang terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia.

  • Tidak ada biaya administrasi

    Selain biaya pendaftaran, tidak ada biaya administrasi lain yang dikenakan kepada peserta JKN. Peserta JKN hanya perlu membayar iuran bulanan sesuai dengan kelas perawatan yang dipilih.

  • Tidak ada biaya konsultasi dokter

    Peserta JKN tidak perlu membayar biaya konsultasi dokter saat berobat di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Biaya konsultasi dokter sudah termasuk dalam iuran bulanan yang dibayarkan oleh peserta JKN.

Dengan demikian, peserta JKN dapat menikmati layanan kesehatan yang berkualitas tanpa harus khawatir tentang biaya pendaftaran, biaya administrasi, dan biaya konsultasi dokter.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait dengan kesehatan dan Kantor BPJS Kesehatan Surabaya:

Pertanyaan 1: Apa saja layanan kesehatan yang tersedia di Kantor BPJS Kesehatan Surabaya?

Jawaban: Kantor BPJS Kesehatan Surabaya menyediakan berbagai layanan kesehatan, antara lain pemeriksaan kesehatan, pengobatan, dan rawat inap. Peserta JKN dapat memanfaatkan layanan kesehatan tersebut dengan membawa kartu BPJS Kesehatan dan identitas diri.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara mendaftar sebagai peserta JKN di Kantor BPJS Kesehatan Surabaya?

Jawaban: Untuk mendaftar sebagai peserta JKN di Kantor BPJS Kesehatan Surabaya, peserta JKN dapat datang langsung ke kantor tersebut pada jam kerja atau mendaftar melalui telepon. Persyaratan yang diperlukan untuk pendaftaran peserta JKN adalah fotokopi KTP, fotokopi KK, dan pas foto terbaru ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar.

Pertanyaan 3: Apakah ada biaya pendaftaran untuk menjadi peserta JKN?

Jawaban: Tidak ada biaya pendaftaran untuk menjadi peserta JKN. Pendaftaran peserta JKN sepenuhnya gratis.

Pertanyaan 4: Apa saja dokumen yang diperlukan untuk mendapatkan layanan kesehatan di Kantor BPJS Kesehatan Surabaya?

Jawaban: Untuk mendapatkan layanan kesehatan di Kantor BPJS Kesehatan Surabaya, peserta JKN harus membawa kartu BPJS Kesehatan, KTP, dan KK.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara menyampaikan pengaduan terkait layanan kesehatan JKN?

Jawaban: Peserta JKN dapat menyampaikan pengaduan terkait layanan kesehatan JKN melalui telepon, aplikasi Mobile JKN, atau datang langsung ke Kantor BPJS Kesehatan Surabaya.

Pertanyaan 6: Apakah ada tips untuk menjaga kesehatan yang baik?

Jawaban: Ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan yang baik, antara lain makan makanan sehat, olahraga teratur, istirahat yang cukup, dan kelola stres dengan baik.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait dengan kesehatan dan Kantor BPJS Kesehatan Surabaya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para peserta JKN.

Selain informasi tersebut, berikut ini beberapa tips untuk menjaga kesehatan yang baik:

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan yang baik:

1. Makan makanan sehat
Mengonsumsi makanan sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Makanan sehat meliputi buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak. Hindari makanan olahan, makanan tinggi gula, dan makanan tinggi garam.

2. Olahraga teratur
Olahraga teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung, paru-paru, dan otot. Olahraga juga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari atau 150 menit setiap minggu.

3. Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Orang dewasa membutuhkan sekitar 7-8 jam tidur setiap malam. Pastikan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas agar tubuh dapat beristirahat dan pulih dengan baik.

4. Kelola stres dengan baik
Stres dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Kelola stres dengan baik dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan, seperti berolahraga, mendengarkan musik, atau menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menjaga kesehatan tubuh dan pikiran Anda tetap sehat dan bugar.

Demikian beberapa tips untuk menjaga kesehatan yang baik. Selain mengikuti tips-tips tersebut, jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan Anda secara berkala ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat.

Conclusion

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Dengan memiliki kesehatan yang baik, kita dapat menjalani hidup dengan lebih produktif dan bahagia.

Kantor BPJS Kesehatan Surabaya menyediakan berbagai layanan kesehatan yang dapat dimanfaatkan oleh peserta JKN. Peserta JKN dapat mendaftar sebagai peserta JKN secara gratis di kantor tersebut. Selain itu, peserta JKN juga dapat memperoleh layanan kesehatan dengan biaya yang terjangkau.

Untuk menjaga kesehatan yang baik, ada beberapa tips yang dapat diikuti, antara lain makan makanan sehat, berolahraga teratur, istirahat yang cukup, dan mengelola stres dengan baik.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut dan memanfaatkan layanan kesehatan yang tersedia di Kantor BPJS Kesehatan Surabaya, peserta JKN dapat menjaga kesehatan mereka tetap baik dan terhindar dari berbagai penyakit.

Jagalah selalu kesehatan Anda dan keluarga. Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan Anda secara berkala ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat.


Artikel Terkait

Bagikan: