Cara Cek Saldo BPJS kesehatan dengan Mudah dan Cepat


Cara Cek Saldo BPJS kesehatan dengan Mudah dan Cepat

BPJS kesehatan merupakan salah satu program pemerintah yang memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh penduduk Indonesia. Dengan BPJS kesehatan, peserta dapat mengakses layanan kesehatan di seluruh fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan. Saldo BPJS kesehatan merupakan jumlah uang yang tersedia dalam rekening BPJS kesehatan peserta. Saldo ini dapat digunakan untuk membayar biaya pengobatan yang ditangguhkan oleh BPJS kesehatan. Mengetahui saldo BPJS kesehatan sangat penting karena dapat membantu peserta dalam merencanakan penggunaan layanan kesehatan.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk cek saldo BPJS kesehatan. Salah satunya adalah melalui aplikasi Mobile JKN. Aplikasi Mobile JKN dapat diunduh di smartphone Android dan iOS. Setelah aplikasi terinstall, peserta dapat masuk ke aplikasi menggunakan NIK dan nomor kartu BPJS kesehatan. Setelah berhasil masuk, peserta dapat melihat saldo BPJS kesehatan pada halaman utama aplikasi.

cek saldo bpjs kesehatan

Mudah dan cepat:

  • Via aplikasi Mobile JKN
  • Via website BPJS Kesehatan
  • Via SMS
  • Via telepon ke BPJS Kesehatan
  • Via ATM
  • Via kantor BPJS Kesehatan

Pastikan data diri Anda benar dan terkini.

Via aplikasi Mobile JKN

Aplikasi Mobile JKN adalah salah satu cara termudah dan tercepat untuk cek saldo BPJS kesehatan. Aplikasi ini dapat diunduh di smartphone Android dan iOS. Setelah aplikasi terinstall, peserta dapat masuk ke aplikasi menggunakan NIK dan nomor kartu BPJS kesehatan.

  • Buka aplikasi Mobile JKN

    Setelah berhasil masuk, peserta akan berada di halaman utama aplikasi. Pada halaman ini, peserta dapat melihat saldo BPJS kesehatan pada bagian atas layar.

  • Klik menu “Saldo”

    Untuk melihat detail saldo BPJS kesehatan, peserta dapat mengklik menu “Saldo” yang terdapat di bagian bawah layar. Pada halaman ini, peserta dapat melihat saldo BPJS kesehatan saat ini, saldo Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dan saldo Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

  • Cek saldo BPJS kesehatan

    Peserta dapat melihat saldo BPJS kesehatan saat ini pada bagian “Saldo JKN”. Saldo ini dapat digunakan untuk membayar biaya pengobatan yang ditangguhkan oleh BPJS kesehatan. Saldo JKN akan bertambah setiap bulan sesuai dengan iuran yang dibayarkan oleh peserta.

  • Cek saldo JKN dan Jamkesda

    Selain saldo JKN, peserta juga dapat melihat saldo Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan saldo Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) pada halaman ini. Saldo JKN adalah saldo yang berasal dari iuran peserta dan pemberi kerja, sedangkan saldo Jamkesda adalah saldo yang berasal dari pemerintah daerah.

Dengan aplikasi Mobile JKN, peserta dapat dengan mudah dan cepat cek saldo BPJS kesehatan kapan saja dan di mana saja.

Via website BPJS Kesehatan

Selain melalui aplikasi Mobile JKN, peserta juga dapat cek saldo BPJS kesehatan melalui website BPJS Kesehatan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka website BPJS Kesehatan

    Buka website BPJS Kesehatan di https://www.bpjs-kesehatan.go.id/. Pada halaman utama website, klik menu “Cek Saldo” yang terdapat di bagian atas layar.

  • Pilih jenis peserta

    Pada halaman Cek Saldo, pilih jenis peserta yang sesuai dengan Anda, yaitu “Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU)”, “Peserta Bukan Pekerja (BP)”, atau “Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)”.

  • Masukkan nomor kartu BPJS kesehatan

    Setelah memilih jenis peserta, masukkan nomor kartu BPJS kesehatan Anda pada kolom yang tersedia. Pastikan nomor kartu BPJS kesehatan yang Anda masukkan benar.

  • Masukkan tanggal lahir

    Masukkan tanggal lahir Anda pada kolom yang tersedia. Pastikan tanggal lahir yang Anda masukkan sesuai dengan tanggal lahir yang tertera pada kartu BPJS kesehatan Anda.

  • Klik tombol “Cek Saldo”

    Setelah mengisi semua kolom yang diperlukan, klik tombol “Cek Saldo” yang terdapat di bagian bawah layar. Saldo BPJS kesehatan Anda akan ditampilkan pada halaman berikutnya.

Dengan website BPJS Kesehatan, peserta dapat cek saldo BPJS kesehatan dengan mudah dan cepat tanpa harus keluar rumah.

Via SMS

Cek saldo BPJS kesehatan via SMS dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi SMS di ponsel Anda.

2. Ketik pesan dengan format: BPJSSaldo[spasi]Nomor Kartu BPJS Kesehatan.

Contoh: BPJSSaldo 000123456789

3. Kirim pesan tersebut ke nomor 087775500400.

4. Tunggu beberapa saat hingga Anda menerima balasan SMS dari BPJS Kesehatan.

5. Dalam balasan SMS tersebut, Anda akan menerima informasi tentang saldo BPJS kesehatan Anda saat ini.

Cek saldo BPJS kesehatan via SMS merupakan salah satu cara yang mudah dan cepat. Namun, perlu diperhatikan bahwa layanan ini hanya tersedia untuk peserta BPJS kesehatan yang telah mengaktifkan layanan SMS notifikasi.

Via telepon ke BPJS Kesehatan

Cek saldo BPJS kesehatan via telepon ke BPJS Kesehatan dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Hubungi nomor telepon BPJS Kesehatan

    Hubungi nomor telepon BPJS Kesehatan di 165 atau (021) 500400.

  • Pilih bahasa yang diinginkan

    Setelah terhubung dengan operator BPJS Kesehatan, pilih bahasa yang diinginkan, yaitu bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

  • Sampaikan maksud Anda

    Sampaikan maksud Anda kepada operator BPJS Kesehatan bahwa Anda ingin cek saldo BPJS kesehatan.

  • Berikan informasi yang diperlukan

    Operator BPJS Kesehatan akan meminta Anda untuk memberikan informasi berikut:

    • Nomor kartu BPJS kesehatan Anda
    • Tanggal lahir Anda
    • Nama lengkap Anda
  • Dengarkan informasi saldo BPJS kesehatan Anda

    Setelah Anda memberikan informasi yang diperlukan, operator BPJS Kesehatan akan menyampaikan informasi tentang saldo BPJS kesehatan Anda saat ini.

Cek saldo BPJS kesehatan via telepon ke BPJS Kesehatan merupakan salah satu cara yang mudah dan cepat. Namun, perlu diperhatikan bahwa layanan ini hanya tersedia pada jam kerja BPJS Kesehatan, yaitu Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB.

Via ATM

Cek saldo BPJS kesehatan via ATM dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Masukkan kartu ATM Anda ke mesin ATM.

2. Pilih bahasa yang diinginkan.

3. Masukkan PIN ATM Anda.

4. Pilih menu “Transaksi Lainnya”.

5. Pilih menu “Pembayaran”.

6. Pilih menu “BPJS Kesehatan”.

7. Masukkan nomor kartu BPJS kesehatan Anda.

8. Masukkan tanggal lahir Anda.

9. Pilih menu “Cek Saldo”.

10. Saldo BPJS kesehatan Anda akan ditampilkan pada layar ATM.

Cek saldo BPJS kesehatan via ATM merupakan salah satu cara yang mudah dan cepat. Namun, perlu diperhatikan bahwa layanan ini hanya tersedia di ATM-ATM tertentu yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Via kantor BPJS Kesehatan

Cek saldo BPJS kesehatan via kantor BPJS Kesehatan dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

2. Ambil nomor antrian.

3. Tunggu hingga nomor antrian Anda dipanggil.

4. Sampaikan maksud Anda kepada petugas BPJS Kesehatan bahwa Anda ingin cek saldo BPJS kesehatan.

5. Berikan informasi yang diperlukan, seperti:

  • Nomor kartu BPJS kesehatan Anda
  • Tanggal lahir Anda
  • Nama lengkap Anda

6. Petugas BPJS Kesehatan akan mengecek saldo BPJS kesehatan Anda dan menyampaikan informasi tersebut kepada Anda.

Cek saldo BPJS kesehatan via kantor BPJS Kesehatan merupakan salah satu cara yang mudah dan cepat. Namun, perlu diperhatikan bahwa layanan ini hanya tersedia pada jam kerja kantor BPJS Kesehatan, yaitu Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait cek saldo BPJS kesehatan:

Question 1: Bagaimana cara cek saldo BPJS kesehatan?
Answer 1: Ada beberapa cara untuk cek saldo BPJS kesehatan, yaitu melalui aplikasi Mobile JKN, website BPJS Kesehatan, SMS, telepon ke BPJS Kesehatan, ATM, dan kantor BPJS Kesehatan.

Question 2: Apa saja informasi yang diperlukan untuk cek saldo BPJS kesehatan?
Answer 2: Informasi yang diperlukan untuk cek saldo BPJS kesehatan adalah nomor kartu BPJS kesehatan, tanggal lahir, dan nama lengkap.

Question 3: Apakah ada biaya untuk cek saldo BPJS kesehatan?
Answer 3: Tidak ada biaya untuk cek saldo BPJS kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN, website BPJS Kesehatan, SMS, telepon ke BPJS Kesehatan, dan kantor BPJS Kesehatan. Namun, jika Anda cek saldo BPJS kesehatan melalui ATM, maka akan dikenakan biaya sesuai dengan ketentuan bank penerbit kartu ATM Anda.

Question 4: Kapan waktu terbaik untuk cek saldo BPJS kesehatan?
Answer 4: Anda dapat cek saldo BPJS kesehatan kapan saja. Namun, sebaiknya cek saldo BPJS kesehatan secara berkala, misalnya setiap bulan, agar Anda mengetahui jumlah saldo BPJS kesehatan Anda dan dapat merencanakan penggunaan layanan kesehatan dengan baik.

Question 5: Apa yang harus dilakukan jika saldo BPJS kesehatan saya tidak sesuai?
Answer 5: Jika saldo BPJS kesehatan Anda tidak sesuai, Anda dapat menghubungi BPJS Kesehatan melalui telepon di nomor 165 atau (021) 500400, atau datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Question 6: Bagaimana cara menambah saldo BPJS kesehatan?
Answer 6: Anda dapat menambah saldo BPJS kesehatan dengan membayar iuran BPJS kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Iuran BPJS kesehatan dapat dibayarkan melalui ATM, internet banking, mobile banking, atau kantor pos.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain terkait cek saldo BPJS kesehatan, Anda dapat menghubungi BPJS Kesehatan melalui telepon di nomor 165 atau (021) 500400, atau datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan Anda:

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan Anda:

1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak. Batasi konsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh, gula, dan garam.

2. Berolahraga secara teratur

Olahraga dapat membantu menjaga kesehatan jantung, paru-paru, dan otot Anda. Selain itu, olahraga juga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan mood Anda.

3. Istirahat yang cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental Anda. Pastikan Anda tidur selama 7-8 jam setiap malam.

4. Kelola stres dengan baik

Stres dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda. Kelola stres dengan baik dengan melakukan kegiatan yang Anda sukai, seperti berolahraga, mendengarkan musik, atau menghabiskan waktu bersama orang-orang yang Anda cintai.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menjaga kesehatan Anda dan terhindar dari berbagai penyakit.

Demikian informasi tentang cara cek saldo BPJS kesehatan dan tips untuk menjaga kesehatan. Semoga bermanfaat.

Conclusion

Cek saldo BPJS kesehatan sangat penting untuk mengetahui jumlah saldo BPJS kesehatan Anda dan dapat merencanakan penggunaan layanan kesehatan dengan baik. Ada beberapa cara untuk cek saldo BPJS kesehatan, yaitu melalui aplikasi Mobile JKN, website BPJS Kesehatan, SMS, telepon ke BPJS Kesehatan, ATM, dan kantor BPJS Kesehatan.

Selain cek saldo BPJS kesehatan, menjaga kesehatan juga sangat penting. Anda dapat menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, berolahraga secara teratur, istirahat yang cukup, dan mengelola stres dengan baik.

Dengan menjaga kesehatan, Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit dan hidup lebih produktif. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan Anda.

Demikian informasi tentang cara cek saldo BPJS kesehatan dan tips untuk menjaga kesehatan. Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait

Bagikan: