Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak: Panduan Mudah dan Lengkap


Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak: Panduan Mudah dan Lengkap

BPJS Kesehatan merupakan program jaminan kesehatan nasional yang diselenggarakan oleh pemerintah Republik Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi seluruh penduduk Indonesia, termasuk warga negara Indonesia (WNI) dan warga negara asing (WNA) yang bekerja di Indonesia. Dengan BPJS Kesehatan, Anda dapat mengakses layanan kesehatan di berbagai fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, seperti rumah sakit, puskesmas, dan klinik.

Namun, terkadang ada beberapa peserta BPJS Kesehatan yang tidak mengetahui apakah kepesertaannya masih aktif atau tidak. Jika Anda termasuk dalam salah satunya, jangan khawatir. Anda dapat dengan mudah mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda melalui berbagai cara. Berikut ini adalah beberapa cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak:

cek bpjs kesehatan aktif

Pastikan kepesertaan Anda aktif untuk mendapatkan layanan kesehatan.

  • Buka situs web BPJS Kesehatan
  • Pilih menu “Cek Status Kepesertaan”
  • Masukkan nomor NIK atau nomor BPJS Kesehatan Anda
  • Klik tombol “Cari”
  • Status kepesertaan Anda akan muncul di layar
  • Hubungi Care Center BPJS Kesehatan di 1500 400
  • Kirim SMS ke 0877 7550 0400 dengan format: NIK(spasi)Nomor BPJS Kesehatan
  • Unduh aplikasi Mobile JKN
  • Daftar atau masuk ke aplikasi Mobile JKN
  • Pilih menu “Cek Status Kepesertaan”

Dengan mengetahui status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda, Anda dapat memastikan bahwa Anda memiliki perlindungan kesehatan yang memadai. Jika Anda mengalami masalah dengan kepesertaan BPJS Kesehatan Anda, segera hubungi Care Center BPJS Kesehatan untuk mendapatkan bantuan.

Buka situs web BPJS Kesehatan

Cara pertama untuk cek bpjs kesehatan aktif adalah dengan membuka situs web resmi BPJS Kesehatan. Situs web ini dapat diakses melalui komputer, laptop, atau ponsel pintar Anda.

  • Buka situs web BPJS Kesehatan

    Ketik alamat situs web BPJS Kesehatan (www.bpjs-kesehatan.go.id) pada kolom alamat peramban (browser) Anda.

  • Pilih menu “Cek Status Kepesertaan”

    Setelah halaman situs web BPJS Kesehatan terbuka, pilih menu “Cek Status Kepesertaan” yang terdapat pada bagian atas halaman.

  • Masukkan nomor NIK atau nomor BPJS Kesehatan Anda

    Pada halaman Cek Status Kepesertaan, masukkan nomor NIK (Nomor Induk Kependudukan) Anda atau nomor BPJS Kesehatan Anda pada kolom yang tersedia.

  • Klik tombol “Cari”

    Setelah memasukkan nomor NIK atau nomor BPJS Kesehatan, klik tombol “Cari” untuk memulai proses pengecekan status kepesertaan Anda.

Setelah Anda mengklik tombol “Cari”, status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda akan muncul di layar. Anda dapat melihat informasi seperti nama Anda, nomor BPJS Kesehatan Anda, jenis kepesertaan Anda, tanggal berlaku kepesertaan Anda, dan status kepesertaan Anda (aktif atau tidak aktif).

Pilih menu “Cek Status Kepesertaan”

Setelah membuka situs web BPJS Kesehatan, langkah selanjutnya untuk cek bpjs kesehatan aktif adalah memilih menu “Cek Status Kepesertaan”. Menu ini biasanya terletak pada bagian atas halaman situs web BPJS Kesehatan.

  • Perhatikan tampilan menu

    Menu “Cek Status Kepesertaan” biasanya ditampilkan dengan jelas pada halaman situs web BPJS Kesehatan. Menu ini dapat berupa tautan (link) atau tombol (button).

  • Klik menu “Cek Status Kepesertaan”

    Setelah menemukan menu “Cek Status Kepesertaan”, klik menu tersebut untuk membuka halaman Cek Status Kepesertaan.

  • Halaman Cek Status Kepesertaan

    Halaman Cek Status Kepesertaan biasanya berisi beberapa kolom yang perlu diisi, seperti kolom untuk memasukkan nomor NIK atau nomor BPJS Kesehatan Anda.

  • Ikuti petunjuk pada halaman

    Setelah membuka halaman Cek Status Kepesertaan, ikuti petunjuk yang diberikan pada halaman tersebut untuk menyelesaikan proses pengecekan status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat dengan mudah menemukan menu “Cek Status Kepesertaan” pada situs web BPJS Kesehatan dan memulai proses pengecekan status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda.

Masukkan nomor NIK atau nomor BPJS Kesehatan Anda

Setelah membuka halaman Cek Status Kepesertaan pada situs web BPJS Kesehatan, langkah selanjutnya adalah memasukkan nomor NIK (Nomor Induk Kependudukan) atau nomor BPJS Kesehatan Anda pada kolom yang tersedia.

  • Cari kolom isian

    Pada halaman Cek Status Kepesertaan, biasanya terdapat kolom isian untuk memasukkan nomor NIK atau nomor BPJS Kesehatan Anda.

  • Masukkan nomor NIK atau nomor BPJS Kesehatan Anda

    Masukkan nomor NIK atau nomor BPJS Kesehatan Anda dengan benar dan lengkap pada kolom yang tersedia.

  • Perhatikan petunjuk pengisian

    Perhatikan petunjuk pengisian yang diberikan pada halaman Cek Status Kepesertaan. Misalnya, apakah Anda harus memasukkan nomor NIK tanpa spasi atau dengan spasi.

  • Pastikan nomor yang dimasukkan benar

    Pastikan nomor NIK atau nomor BPJS Kesehatan yang Anda masukkan sudah benar sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Dengan memasukkan nomor NIK atau nomor BPJS Kesehatan Anda dengan benar, sistem BPJS Kesehatan dapat mengidentifikasi data kepesertaan Anda dan menampilkan status kepesertaan Anda secara akurat.

Klik tombol “Cari”

Setelah memasukkan nomor NIK atau nomor BPJS Kesehatan Anda pada halaman Cek Status Kepesertaan, langkah selanjutnya adalah mengklik tombol “Cari” untuk memulai proses pengecekan status kepesertaan Anda.

  • Temukan tombol “Cari”

    Pada halaman Cek Status Kepesertaan, biasanya terdapat tombol “Cari” yang terletak di dekat kolom isian nomor NIK atau nomor BPJS Kesehatan.

  • Klik tombol “Cari”

    Setelah memastikan bahwa nomor NIK atau nomor BPJS Kesehatan yang Anda masukkan sudah benar, klik tombol “Cari” untuk memulai proses pengecekan.

  • Tunggu beberapa saat

    Tunggu beberapa saat hingga sistem BPJS Kesehatan memproses permintaan Anda. Proses ini biasanya berlangsung cepat, tetapi dapat memakan waktu lebih lama jika terjadi gangguan pada sistem.

  • Hasil pencarian akan muncul

    Setelah proses pengecekan selesai, hasil pencarian akan muncul pada halaman yang sama. Hasil pencarian ini berisi informasi tentang status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda, seperti nama Anda, nomor BPJS Kesehatan Anda, jenis kepesertaan Anda, tanggal berlaku kepesertaan Anda, dan status kepesertaan Anda (aktif atau tidak aktif).

Dengan mengklik tombol “Cari”, Anda dapat dengan mudah mengetahui status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda secara akurat dan cepat.

Status kepesertaan Anda akan muncul di layar

Setelah Anda mengklik tombol “Cari” pada halaman Cek Status Kepesertaan, sistem BPJS Kesehatan akan memproses permintaan Anda dan menampilkan hasil pencarian pada halaman yang sama.

Hasil pencarian ini berisi informasi tentang status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda, meliputi:

  • Nama Anda: Nama Anda sesuai dengan data yang terdaftar di BPJS Kesehatan.
  • Nomor BPJS Kesehatan Anda: Nomor BPJS Kesehatan yang Anda miliki.
  • Jenis kepesertaan Anda: Jenis kepesertaan BPJS Kesehatan Anda, seperti peserta mandiri, peserta pekerja penerima upah (PPU), atau peserta penerima bantuan iuran (PBI).
  • Tanggal berlaku kepesertaan Anda: Tanggal mulai berlakunya kepesertaan BPJS Kesehatan Anda.
  • Status kepesertaan Anda: Status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda, yaitu aktif atau tidak aktif.

Jika status kepesertaan Anda aktif, berarti Anda masih terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan dan dapat menggunakan layanan kesehatan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Namun, jika status kepesertaan Anda tidak aktif, berarti Anda tidak lagi terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan dan tidak dapat menggunakan layanan kesehatan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Jika Anda menemukan bahwa status kepesertaan Anda tidak aktif padahal seharusnya aktif, segera hubungi Care Center BPJS Kesehatan di 1500 400 untuk mendapatkan bantuan.

Hubungi Care Center BPJS Kesehatan di 1500 400

Jika Anda mengalami masalah dengan status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda, seperti status kepesertaan Anda tidak aktif padahal seharusnya aktif, Anda dapat menghubungi Care Center BPJS Kesehatan di 1500 400.

  • Siapkan informasi yang diperlukan

    Sebelum menghubungi Care Center BPJS Kesehatan, siapkan informasi yang diperlukan, seperti nomor NIK atau nomor BPJS Kesehatan Anda, nama lengkap Anda, tanggal lahir Anda, dan nomor telepon Anda.

  • Hubungi Care Center BPJS Kesehatan di 1500 400

    Hubungi Care Center BPJS Kesehatan di 1500 400 melalui telepon rumah atau ponsel Anda. Pastikan Anda memiliki pulsa yang cukup.

  • Jelaskan masalah yang Anda alami

    Setelah tersambung dengan petugas Care Center BPJS Kesehatan, jelaskan masalah yang Anda alami terkait dengan status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda.

  • Ikuti instruksi petugas

    Petugas Care Center BPJS Kesehatan akan memberikan instruksi tentang langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Dengan menghubungi Care Center BPJS Kesehatan di 1500 400, Anda dapat memperoleh bantuan untuk menyelesaikan masalah yang Anda alami terkait dengan status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda.

Kirim SMS ke 0877 7550 0400 dengan format: NIK(spasi)Nomor BPJS Kesehatan

Selain menghubungi Care Center BPJS Kesehatan di 1500 400, Anda juga dapat mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda dengan mengirimkan SMS ke 0877 7550 0400.

  • Ketik format SMS yang benar

    Ketik format SMS yang benar, yaitu: NIK(spasi)Nomor BPJS Kesehatan.

  • Kirim SMS ke 0877 7550 0400

    Setelah mengetik format SMS yang benar, kirim SMS tersebut ke 0877 7550 0400.

  • Tunggu balasan SMS

    Tunggu beberapa saat hingga Anda menerima balasan SMS dari BPJS Kesehatan.

  • Periksa balasan SMS

    Periksa balasan SMS dari BPJS Kesehatan untuk mengetahui status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda.

Dengan mengirimkan SMS ke 0877 7550 0400, Anda dapat dengan mudah mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda tanpa harus menghubungi Care Center BPJS Kesehatan.

Unduh aplikasi Mobile JKN

Cara lain untuk mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda adalah dengan mengunduh aplikasi Mobile JKN.

  • Buka Google Play Store atau App Store

    Buka Google Play Store jika Anda menggunakan perangkat Android atau App Store jika Anda menggunakan perangkat iOS.

  • Cari aplikasi Mobile JKN

    Ketik “Mobile JKN” pada kolom pencarian.

  • Pilih aplikasi Mobile JKN yang resmi

    Pastikan Anda memilih aplikasi Mobile JKN yang resmi, yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan.

  • Klik tombol “Instal”

    Klik tombol “Instal” untuk mengunduh dan memasang aplikasi Mobile JKN pada perangkat Anda.

Setelah aplikasi Mobile JKN terpasang pada perangkat Anda, Anda dapat langsung menggunakannya untuk mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda.

Daftar atau masuk ke aplikasi Mobile JKN

Setelah aplikasi Mobile JKN terpasang pada perangkat Anda, langkah selanjutnya adalah mendaftar atau masuk ke aplikasi tersebut.

Jika Anda belum memiliki akun Mobile JKN, Anda dapat mendaftar dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Mobile JKN.
  2. Pilih menu “Daftar”.
  3. Masukkan nomor NIK Anda.
  4. Masukkan nomor telepon Anda.
  5. Buat kata sandi.
  6. Konfirmasikan kata sandi.
  7. Klik tombol “Daftar”.

Setelah Anda berhasil mendaftar, Anda dapat langsung masuk ke aplikasi Mobile JKN menggunakan nomor NIK dan kata sandi yang telah Anda buat.

Jika Anda sudah memiliki akun Mobile JKN, Anda dapat langsung masuk ke aplikasi tersebut dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Mobile JKN.
  2. Masukkan nomor NIK Anda.
  3. Masukkan kata sandi Anda.
  4. Klik tombol “Masuk”.

Setelah Anda berhasil masuk ke aplikasi Mobile JKN, Anda dapat langsung mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda.

Pilih menu “Cek Status Kepesertaan”

Setelah Anda berhasil masuk ke aplikasi Mobile JKN, Anda dapat langsung mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pada halaman utama aplikasi Mobile JKN, pilih menu “Cek Status Kepesertaan”.
  2. Halaman “Cek Status Kepesertaan” akan terbuka. Pada halaman ini, Anda dapat melihat informasi tentang status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda, seperti nama Anda, nomor BPJS Kesehatan Anda, jenis kepesertaan Anda, tanggal berlaku kepesertaan Anda, dan status kepesertaan Anda (aktif atau tidak aktif). Jika koneksi internet , coba periksa koneksi internet Anda atau coba lagi nanti. Jika Anda merasa ada yang salah dengan data kepesertaan Anda, sebaiknya Anda menghubungi Care Center BPJS Kesehatan di 1500 400.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat dengan mudah mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda menggunakan aplikasi Mobile JKN.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait dengan kesehatan:

Pertanyaan 1: Apa itu BPJS Kesehatan?
Jawaban 1: BPJS Kesehatan adalah program jaminan kesehatan nasional yang diselenggarakan oleh pemerintah Republik Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi seluruh penduduk Indonesia, termasuk warga negara Indonesia (WNI) dan warga negara asing (WNA) yang bekerja di Indonesia.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara mendaftar BPJS Kesehatan?
Jawaban 2: Anda dapat mendaftar BPJS Kesehatan melalui beberapa cara, yaitu:

Datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.
Mendaftar secara online melalui website BPJS Kesehatan atau aplikasi Mobile JKN.
Mendaftar melalui perusahaan tempat Anda bekerja (jika Anda seorang pekerja penerima upah).

Pertanyaan 3: Apa saja manfaat BPJS Kesehatan?
Jawaban 3: Manfaat BPJS Kesehatan meliputi:

Pelayanan kesehatan dasar, seperti pemeriksaan kesehatan, pengobatan, dan rawat inap.
Pelayanan kesehatan rujukan, seperti perawatan khusus dan operasi.
Pelayanan kesehatan gigi, seperti pemeriksaan gigi, penambalan gigi, dan cabut gigi.

Pertanyaan 4: Berapa iuran BPJS Kesehatan?
Jawaban 4: Besaran iuran BPJS Kesehatan berbeda-beda, tergantung pada jenis kepesertaan dan kelas perawatan yang dipilih. Untuk peserta mandiri, iuran BPJS Kesehatan berkisar antara Rp25.000 hingga Rp150.000 per bulan.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara membayar iuran BPJS Kesehatan?
Jawaban 5: Anda dapat membayar iuran BPJS Kesehatan melalui beberapa cara, yaitu:

Melalui ATM, internet banking, atau mobile banking.
Datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.
Membayar melalui perusahaan tempat Anda bekerja (jika Anda seorang pekerja penerima upah).

Pertanyaan 6: Bagaimana cara mengetahui status kepesertaan BPJS Kesehatan?
Jawaban 6: Anda dapat mengetahui status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda dengan beberapa cara, yaitu:

Melalui website BPJS Kesehatan atau aplikasi Mobile JKN.
Datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.
Hubungi Care Center BPJS Kesehatan di 1500 400.

Pertanyaan 7: Apa yang harus dilakukan jika kartu BPJS Kesehatan hilang?
Jawaban 7: Jika kartu BPJS Kesehatan Anda hilang, segera lapor ke kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk mendapatkan kartu pengganti. Anda juga dapat mengajukan penggantian kartu BPJS Kesehatan melalui website BPJS Kesehatan atau aplikasi Mobile JKN.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait dengan kesehatan. Jika Anda memiliki pertanyaan lain, jangan ragu untuk menghubungi Care Center BPJS Kesehatan di 1500 400.

Selain mengetahui informasi tentang BPJS Kesehatan, Anda juga perlu mengetahui beberapa tips untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Berikut ini adalah beberapa tips kesehatan yang dapat Anda lakukan:

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips kesehatan yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda:

Tip 1: Konsumsi makanan sehat dan bergizi.
Perbanyak konsumsi buah, sayur, dan biji-bijian utuh. Batasi konsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh, gula, dan garam.

Tip 2: Lakukan aktivitas fisik secara teratur.
Olahraga selama 30 menit setiap hari atau setidaknya 150 menit per minggu. Anda dapat memilih jenis olahraga yang Anda sukai, seperti jalan cepat, lari, bersepeda, atau berenang.

Tip 3: Jaga berat badan yang sehat.
Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, cobalah untuk menurunkan berat badan secara bertahap. Berat badan yang sehat dapat mengurangi risiko berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Tip 4: Tidak merokok dan batasi konsumsi alkohol.
Merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, dan stroke. Jika Anda merokok, cobalah untuk berhenti merokok. Jika Anda mengonsumsi alkohol, batasi konsumsi alkohol Anda.

Tip 5: Kelola stres dengan baik.
Stres dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental Anda. Lakukan kegiatan yang dapat membantu Anda mengelola stres, seperti olahraga, yoga, atau meditasi.

Tip 6: Tidur yang cukup.
Tidur yang cukup penting untuk kesehatan fisik dan mental Anda. Orang dewasa membutuhkan sekitar 7-8 jam tidur per malam. Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap malam.

Tip 7: Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.
Pemeriksaan kesehatan secara rutin dapat membantu Anda mendeteksi penyakit sejak dini dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Dengan mengikuti tips-tips kesehatan ini, Anda dapat menjaga kesehatan tubuh Anda dan mengurangi risiko berbagai penyakit.

Demikian beberapa tips kesehatan yang dapat Anda lakukan. Dengan menerapkan tips-tips tersebut, Anda dapat menjaga kesehatan tubuh Anda dan hidup lebih sehat.

Conclusion

Kesehatan adalah harta yang paling berharga. Dengan memiliki tubuh yang sehat, kita dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lancar dan produktif. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh kita dengan baik.

Dalam artikel ini, kita telah membahas berbagai hal tentang kesehatan, mulai dari pengertian BPJS Kesehatan, manfaat BPJS Kesehatan, hingga tips-tips untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan mengetahui informasi tentang BPJS Kesehatan, kita dapat memanfaatkan program ini untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan.

Dengan mengikuti tips-tips kesehatan yang telah disebutkan, kita dapat menjaga kesehatan tubuh kita dan mengurangi risiko berbagai penyakit. Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, melakukan aktivitas fisik secara teratur, menjaga berat badan yang sehat, tidak merokok dan membatasi konsumsi alkohol, mengelola stres dengan baik, tidur yang cukup, dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Dengan menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan, kita dapat meningkatkan kualitas hidup dan hidup lebih lama.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh Anda dan keluarga Anda.


Artikel Terkait

Bagikan: