Cara Mencetak Kartu BPJS Kesehatan Praktis Tanpa Ribet


Cara Mencetak Kartu BPJS Kesehatan Praktis Tanpa Ribet

Kartu BPJS Kesehatan merupakan salah satu dokumen penting yang wajib dimiliki setiap peserta BPJS. Kartu ini berfungsi sebagai identitas peserta dan juga sebagai alat untuk mengakses layanan kesehatan di berbagai fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Jika Anda belum memiliki kartu BPJS Kesehatan, atau kartu Anda hilang atau rusak, Anda bisa mencetak kartu BPJS Kesehatan secara mandiri melalui aplikasi Mobile JKN atau melalui situs web BPJS Kesehatan. Berikut adalah langkah-langkah untuk mencetak kartu BPJS Kesehatan secara mandiri:

Melalui Aplikasi Mobile JKN:

cara mencetak kartu bpjs kesehatan

Berikut 10 poin penting tentang cara mencetak kartu BPJS Kesehatan:

  • Buka aplikasi Mobile JKN
  • Login dengan NIK dan kata sandi
  • Pilih menu “Cetak Kartu”
  • Pilih jenis kartu yang ingin dicetak
  • Masukkan nomor kartu BPJS Kesehatan
  • Pilih format file kartu (PDF atau JPG)
  • Klik tombol “Cetak”
  • Kartu BPJS Kesehatan akan tersimpan di perangkat Anda
  • Anda dapat mencetak kartu BPJS Kesehatan melalui printer
  • Atau Anda dapat menyimpan kartu BPJS Kesehatan dalam bentuk digital

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat dengan mudah mencetak kartu BPJS Kesehatan secara mandiri tanpa harus repot datang ke kantor BPJS Kesehatan.

Buka aplikasi Mobile JKN

Untuk mencetak kartu BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi tersebut. Pastikan Anda sudah memiliki aplikasi Mobile JKN yang terinstal di perangkat Anda. Jika belum, Anda dapat mengunduhnya dari Google Play Store (untuk perangkat Android) atau App Store (untuk perangkat iOS).

Setelah aplikasi Mobile JKN terinstal, buka aplikasi tersebut. Anda akan diminta untuk login menggunakan NIK dan kata sandi. Jika Anda belum memiliki akun Mobile JKN, Anda dapat membuatnya dengan mengikuti petunjuk yang tersedia di aplikasi.

Setelah berhasil login, Anda akan masuk ke halaman utama aplikasi Mobile JKN. Di halaman ini, terdapat berbagai menu yang dapat Anda pilih, termasuk menu “Cetak Kartu”.

Untuk mencetak kartu BPJS Kesehatan, pilih menu “Cetak Kartu” yang terdapat di halaman utama aplikasi Mobile JKN. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memilih jenis kartu yang ingin dicetak. Terdapat dua jenis kartu BPJS Kesehatan yang dapat dicetak, yaitu kartu fisik dan kartu digital.

Jika Anda ingin mencetak kartu fisik, pilih opsi “Kartu Fisik”. Sedangkan jika Anda ingin mencetak kartu digital, pilih opsi “Kartu Digital”.

Login dengan NIK dan kata sandi

Setelah memilih jenis kartu yang ingin dicetak, langkah berikutnya adalah login dengan NIK dan kata sandi.

  • Masukkan NIK

    Pada halaman login, masukkan NIK Anda pada kolom yang tersedia.

  • Masukkan kata sandi

    Setelah memasukkan NIK, masukkan kata sandi Anda pada kolom yang tersedia.

  • Klik tombol “Masuk”

    Setelah memasukkan NIK dan kata sandi, klik tombol “Masuk” untuk melanjutkan.

  • Verifikasi akun

    Jika Anda login untuk pertama kalinya, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi akun. Verifikasi akun dapat dilakukan dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel Anda.

Setelah berhasil login, Anda akan masuk ke halaman utama aplikasi Mobile JKN. Di halaman ini, terdapat berbagai menu yang dapat Anda pilih, termasuk menu “Cetak Kartu”.

Pilih menu “Cetak Kartu”

Setelah berhasil login ke aplikasi Mobile JKN, langkah berikutnya adalah memilih menu “Cetak Kartu”.

  • Cari menu “Cetak Kartu”

    Di halaman utama aplikasi Mobile JKN, terdapat berbagai menu yang dapat Anda pilih. Cari menu “Cetak Kartu” dan klik menu tersebut.

  • Pilih jenis kartu yang ingin dicetak

    Setelah masuk ke menu “Cetak Kartu”, Anda akan diminta untuk memilih jenis kartu yang ingin dicetak. Terdapat dua jenis kartu BPJS Kesehatan yang dapat dicetak, yaitu kartu fisik dan kartu digital.

  • Pilih kartu fisik atau kartu digital

    Jika Anda ingin mencetak kartu fisik, pilih opsi “Kartu Fisik”. Sedangkan jika Anda ingin mencetak kartu digital, pilih opsi “Kartu Digital”.

  • Klik tombol “Cetak”

    Setelah memilih jenis kartu yang ingin dicetak, klik tombol “Cetak” untuk melanjutkan proses pencetakan.

Jika Anda memilih untuk mencetak kartu fisik, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor kartu BPJS Kesehatan Anda. Setelah memasukkan nomor kartu BPJS Kesehatan, klik tombol “Cetak” untuk melanjutkan proses pencetakan.

Pilih jenis kartu yang ingin dicetak

Setelah masuk ke menu “Cetak Kartu” di aplikasi Mobile JKN, Anda akan diminta untuk memilih jenis kartu yang ingin dicetak. Terdapat dua jenis kartu BPJS Kesehatan yang dapat dicetak, yaitu kartu fisik dan kartu digital.

Kartu Fisik

Kartu fisik adalah kartu BPJS Kesehatan yang terbuat dari bahan plastik. Kartu ini memiliki ukuran yang sama dengan kartu ATM atau kartu kredit. Kartu fisik BPJS Kesehatan biasanya digunakan untuk berobat di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Untuk mencetak kartu fisik, Anda harus memasukkan nomor kartu BPJS Kesehatan Anda.

Kartu Digital

Kartu digital adalah kartu BPJS Kesehatan yang berbentuk file elektronik. Kartu ini dapat disimpan di perangkat elektronik seperti ponsel atau komputer. Kartu digital BPJS Kesehatan dapat digunakan untuk berobat di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, dengan menunjukkan kartu digital tersebut melalui aplikasi Mobile JKN.

Anda dapat memilih jenis kartu yang ingin dicetak sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda lebih sering berobat di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, Anda dapat memilih untuk mencetak kartu fisik. Sedangkan jika Anda lebih sering berobat di fasilitas kesehatan yang tidak bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, Anda dapat memilih untuk mencetak kartu digital.

Setelah memilih jenis kartu yang ingin dicetak, klik tombol “Cetak” untuk melanjutkan proses pencetakan.

Masukkan nomor kartu BPJS Kesehatan

Jika Anda memilih untuk mencetak kartu fisik BPJS Kesehatan, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor kartu BPJS Kesehatan Anda.

  • Cari kolom “Nomor Kartu BPJS Kesehatan”

    Pada halaman “Cetak Kartu”, cari kolom yang bertuliskan “Nomor Kartu BPJS Kesehatan”.

  • Masukkan nomor kartu BPJS Kesehatan

    Masukkan nomor kartu BPJS Kesehatan Anda pada kolom yang tersedia. Pastikan Anda memasukkan nomor kartu BPJS Kesehatan dengan benar.

  • Klik tombol “Cetak”

    Setelah memasukkan nomor kartu BPJS Kesehatan, klik tombol “Cetak” untuk melanjutkan proses pencetakan.

  • Kartu BPJS Kesehatan akan dicetak

    Kartu BPJS Kesehatan Anda akan dicetak oleh printer yang terhubung dengan perangkat Anda.

Setelah kartu BPJS Kesehatan tercetak, Anda dapat mengambil kartu tersebut dan menyimpannya dengan baik. Kartu BPJS Kesehatan ini dapat Anda gunakan untuk berobat di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Pilih format file kartu (PDF atau JPG)

Setelah memilih jenis kartu yang ingin dicetak dan memasukkan nomor kartu BPJS Kesehatan, Anda akan diminta untuk memilih format file kartu. Terdapat dua format file kartu yang dapat dipilih, yaitu PDF dan JPG.

Format file PDF

Format file PDF (Portable Document Format) adalah format file yang umum digunakan untuk menyimpan dokumen elektronik. File PDF dapat dibuka menggunakan berbagai perangkat lunak, seperti Adobe Reader, Foxit Reader, atau Google Chrome. File PDF memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan file JPG, sehingga lebih mudah untuk dibagikan melalui email atau media sosial.

Format file JPG

Format file JPG (Joint Photographic Experts Group) adalah format file yang umum digunakan untuk menyimpan gambar. File JPG memiliki kualitas gambar yang baik dan ukuran file yang lebih kecil dibandingkan dengan file PNG. File JPG dapat dibuka menggunakan berbagai perangkat lunak, seperti Microsoft Windows Photo Viewer, Apple Preview, atau Google Photos.

Anda dapat memilih format file kartu sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin menyimpan kartu BPJS Kesehatan dalam bentuk digital dan membagikannya melalui email atau media sosial, Anda dapat memilih format file PDF. Sedangkan jika Anda ingin mencetak kartu BPJS Kesehatan dalam bentuk fisik, Anda dapat memilih format file JPG.

Setelah memilih format file kartu, klik tombol “Cetak” untuk melanjutkan proses pencetakan.

Klik tombol “Cetak”

Setelah memilih jenis kartu yang ingin dicetak, memasukkan nomor kartu BPJS Kesehatan, dan memilih format file kartu, langkah berikutnya adalah klik tombol “Cetak”.

Cara klik tombol “Cetak”

  1. Cari tombol “Cetak” pada halaman “Cetak Kartu”. Biasanya, tombol “Cetak” berwarna hijau dan terletak di bagian bawah halaman.
  2. Arahkan kursor mouse ke tombol “Cetak” dan klik tombol tersebut.
  3. Jika Anda menggunakan perangkat layar sentuh, cukup sentuh tombol “Cetak” dengan jari Anda.

Apa yang terjadi setelah tombol “Cetak” diklik?

Setelah tombol “Cetak” diklik, beberapa hal berikut akan terjadi:

  • Jika Anda memilih untuk mencetak kartu fisik, printer yang terhubung dengan perangkat Anda akan mulai mencetak kartu BPJS Kesehatan.
  • Jika Anda memilih untuk mencetak kartu digital, file kartu BPJS Kesehatan dalam format PDF atau JPG akan diunduh ke perangkat Anda.
  • Setelah proses pencetakan atau pengunduhan selesai, Anda dapat mengambil kartu BPJS Kesehatan yang telah dicetak atau membuka file kartu BPJS Kesehatan yang telah diunduh.

Kartu BPJS Kesehatan yang telah dicetak atau file kartu BPJS Kesehatan yang telah diunduh dapat Anda simpan dengan baik. Kartu BPJS Kesehatan ini dapat Anda gunakan untuk berobat di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Kartu BPJS Kesehatan akan tersimpan di perangkat Anda

Jika Anda memilih untuk mencetak kartu digital BPJS Kesehatan, file kartu BPJS Kesehatan dalam format PDF atau JPG akan diunduh ke perangkat Anda.

  • Cari file kartu BPJS Kesehatan yang telah diunduh

    Setelah proses pengunduhan selesai, cari file kartu BPJS Kesehatan yang telah diunduh di perangkat Anda.

  • Buka file kartu BPJS Kesehatan

    Setelah menemukan file kartu BPJS Kesehatan, buka file tersebut menggunakan perangkat lunak yang sesuai. Misalnya, jika Anda mengunduh file kartu BPJS Kesehatan dalam format PDF, Anda dapat membukanya menggunakan Adobe Reader atau Foxit Reader.

  • Simpan file kartu BPJS Kesehatan

    Setelah membuka file kartu BPJS Kesehatan, Anda dapat menyimpan file tersebut di perangkat Anda. Pastikan Anda menyimpan file kartu BPJS Kesehatan di tempat yang aman dan mudah diakses.

  • Cetak kartu BPJS Kesehatan jika diperlukan

    Jika Anda memerlukan kartu BPJS Kesehatan dalam bentuk fisik, Anda dapat mencetak file kartu BPJS Kesehatan yang telah disimpan di perangkat Anda menggunakan printer.

Kartu BPJS Kesehatan yang tersimpan di perangkat Anda dapat Anda gunakan untuk berobat di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Anda cukup menunjukkan file kartu BPJS Kesehatan yang tersimpan di perangkat Anda kepada petugas kesehatan di fasilitas kesehatan tersebut.

Anda dapat mencetak kartu BPJS Kesehatan melalui printer

Jika Anda memilih untuk mencetak kartu fisik BPJS Kesehatan, Anda dapat mencetak kartu tersebut menggunakan printer.

  • Pastikan printer Anda terhubung dengan perangkat Anda

    Sebelum mencetak kartu BPJS Kesehatan, pastikan printer Anda terhubung dengan perangkat Anda (komputer, laptop, atau ponsel) dengan benar.

  • Buka file kartu BPJS Kesehatan yang ingin dicetak

    Setelah memastikan printer terhubung dengan perangkat Anda, buka file kartu BPJS Kesehatan yang ingin dicetak.

  • Pilih perintah “Cetak”

    Setelah file kartu BPJS Kesehatan terbuka, pilih perintah “Cetak” pada perangkat Anda. Biasanya, perintah “Cetak” terdapat pada menu “File” atau “Tools”.

  • Pilih printer yang akan digunakan

    Setelah memilih perintah “Cetak”, pilih printer yang akan digunakan untuk mencetak kartu BPJS Kesehatan.

  • Klik tombol “Cetak”

    Setelah memilih printer yang akan digunakan, klik tombol “Cetak” untuk memulai proses pencetakan.

Setelah proses pencetakan selesai, kartu BPJS Kesehatan akan keluar dari printer. Anda dapat mengambil kartu tersebut dan menyimpannya dengan baik. Kartu BPJS Kesehatan ini dapat Anda gunakan untuk berobat di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Atau Anda dapat menyimpan kartu BPJS Kesehatan dalam bentuk digital

Selain mencetak kartu BPJS Kesehatan dalam bentuk fisik, Anda juga dapat menyimpan kartu BPJS Kesehatan dalam bentuk digital. Ada beberapa keuntungan menyimpan kartu BPJS Kesehatan dalam bentuk digital, antara lain:

  • Lebih praktis

    Kartu BPJS Kesehatan digital lebih praktis karena dapat disimpan di perangkat elektronik seperti ponsel atau komputer. Anda tidak perlu khawatir kehilangan atau lupa membawa kartu BPJS Kesehatan fisik.

  • Lebih aman

    Kartu BPJS Kesehatan digital lebih aman karena tidak dapat dipalsukan atau disalahgunakan. Selain itu, kartu BPJS Kesehatan digital juga tidak dapat rusak atau hilang seperti kartu BPJS Kesehatan fisik.

  • Lebih mudah diakses

    Kartu BPJS Kesehatan digital lebih mudah diakses karena dapat dibuka kapan saja dan di mana saja menggunakan perangkat elektronik. Anda tidak perlu repot-repot mencari kartu BPJS Kesehatan fisik saat membutuhkannya.

Untuk menyimpan kartu BPJS Kesehatan dalam bentuk digital, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Cetak kartu BPJS Kesehatan dalam format PDF atau JPG.
  2. Simpan file kartu BPJS Kesehatan di perangkat elektronik Anda, seperti ponsel atau komputer.
  3. Jika Anda ingin menyimpan kartu BPJS Kesehatan di ponsel, Anda dapat menyimpannya di aplikasi seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive.
  4. Jika Anda ingin menyimpan kartu BPJS Kesehatan di komputer, Anda dapat menyimpannya di folder khusus di komputer Anda.

Setelah menyimpan kartu BPJS Kesehatan dalam bentuk digital, Anda dapat menunjukkan kartu BPJS Kesehatan tersebut kepada petugas kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan menggunakan perangkat elektronik Anda.

Demikianlah cara mencetak kartu BPJS Kesehatan secara mandiri melalui aplikasi Mobile JKN atau melalui situs web BPJS Kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait kesehatan:

Question 1: Apa saja manfaat BPJS Kesehatan?
Answer 1: BPJS Kesehatan memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Pelayanan kesehatan dasar
  • Pelayanan kesehatan rujukan
  • Pelayanan kesehatan gigi dan mulut
  • Pelayanan kesehatan mata
  • Pelayanan kesehatan jiwa
  • Pelayanan kesehatan tradisional
  • Pelayanan kesehatan komplementer

Question 2: Bagaimana cara mendaftar BPJS Kesehatan?
Answer 2: Anda dapat mendaftar BPJS Kesehatan melalui:

  • Kantor BPJS Kesehatan
  • Puskesmas
  • Rumah sakit
  • Klinik
  • Aplikasi Mobile JKN
  • Situs web BPJS Kesehatan

Question 3: Berapa iuran BPJS Kesehatan?
Answer 3: Iuran BPJS Kesehatan berbeda-beda tergantung kelas perawatan yang dipilih. Berikut ini adalah besaran iuran BPJS Kesehatan per bulan:

  • Kelas I: Rp 150.000
  • Kelas II: Rp 100.000
  • Kelas III: Rp 42.000

Question 4: Bagaimana cara menggunakan BPJS Kesehatan?
Answer 4: Untuk menggunakan BPJS Kesehatan, Anda harus:

  • Membawa kartu BPJS Kesehatan
  • Menunjukkan kartu BPJS Kesehatan kepada petugas kesehatan di fasilitas kesehatan
  • Petugas kesehatan akan memeriksa kartu BPJS Kesehatan Anda
  • Jika kartu BPJS Kesehatan Anda valid, petugas kesehatan akan memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan Anda

Question 5: Di mana saja saya bisa menggunakan BPJS Kesehatan?
Answer 5: Anda dapat menggunakan BPJS Kesehatan di seluruh fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Anda dapat mencari daftar fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan di situs web BPJS Kesehatan.

Question 6: Apa saja yang tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan?
Answer 6: BPJS Kesehatan tidak menanggung biaya:

  • Pelayanan kesehatan yang tidak termasuk dalam manfaat BPJS Kesehatan
  • Pelayanan kesehatan yang tidak sesuai dengan prosedur BPJS Kesehatan
  • Pelayanan kesehatan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan yang tidak bekerja sama dengan BPJS Kesehatan
  • Biaya kamar perawatan di rumah sakit
  • Biaya makan dan minum selama dirawat di rumah sakit

Demikianlah beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait kesehatan. Jika Anda memiliki pertanyaan lain, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau petugas kesehatan lainnya.

Selain FAQ di atas, berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan Anda:

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan Anda:

Tip 1: Pola makan sehat

Makan makanan yang sehat dan bergizi adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian utuh. Hindari makanan yang tinggi lemak jenuh, kolesterol, dan gula.

Tip 2: Olahraga teratur

Olahraga teratur dapat membantu menjaga berat badan yang sehat, mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2. Olahraga juga dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres.

Tip 3: Tidur yang cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Pastikan Anda tidur selama 7-8 jam setiap malam. Tidur yang cukup dapat membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan suasana hati. Tidur yang cukup juga dapat mengurangi risiko obesitas, penyakit jantung, dan stroke.

Tip 4: Kelola stres

Stres dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Temukan cara untuk mengelola stres dengan baik, seperti berolahraga, mendengarkan musik, atau menghabiskan waktu dengan orang yang Anda cintai. Kelola stres dengan baik dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan depresi.

Tip 5: Hindari rokok dan alkohol

Merokok dan minum alkohol dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, dan stroke. Hindari rokok dan alkohol untuk menjaga kesehatan Anda.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menjaga kesehatan tubuh dan pikiran Anda.

Demikianlah beberapa tips untuk menjaga kesehatan Anda. Semoga tips-tips tersebut bermanfaat.

Conclusion

Kesehatan adalah salah satu hal terpenting dalam hidup. Tanpa kesehatan, kita tidak dapat menikmati hidup sepenuhnya. Oleh karena itu, menjaga kesehatan sangatlah penting.

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan, antara lain dengan:

  • Menerapkan pola makan sehat
  • Berolahraga teratur
  • Tidur yang cukup
  • Mengelola stres dengan baik
  • Menghindari rokok dan alkohol

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan pikiran kita.

Jangan lupa untuk selalu memeriksakan kesehatan secara rutin ke dokter. Pemeriksaan kesehatan rutin dapat membantu mendeteksi penyakit sejak dini, sehingga dapat segera diobati.

Jagalah kesehatan Anda, karena kesehatan adalah harta yang paling berharga.

Demikianlah artikel tentang cara mencetak kartu BPJS Kesehatan, FAQ tentang kesehatan, dan tips untuk menjaga kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat.


Artikel Terkait

Bagikan: