Cara Mencetak Kartu BPJS Kesehatan dengan Mudah dan Cepat


Cara Mencetak Kartu BPJS Kesehatan dengan Mudah dan Cepat

Kartu BPJS Kesehatan merupakan salah satu dokumen penting yang wajib dimiliki oleh setiap peserta BPJS Kesehatan. Kartu ini berfungsi sebagai identitas peserta dan sebagai alat untuk mengakses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Jika Anda belum memiliki kartu BPJS Kesehatan atau kartu Anda hilang, Anda dapat mencetak kartu BPJS Kesehatan secara mandiri melalui aplikasi JKN Mobile atau melalui situs web BPJS Kesehatan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mencetak kartu BPJS Kesehatan melalui aplikasi JKN Mobile:

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah dan cepat mencetak kartu BPJS Kesehatan secara mandiri. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan perangkat yang mendukung untuk dapat mengakses aplikasi JKN Mobile atau situs web BPJS Kesehatan.

cara cetak bpjs kesehatan

Berikut adalah 8 poin penting tentang cara mencetak kartu BPJS Kesehatan:

  • Buka aplikasi JKN Mobile atau situs web BPJS Kesehatan.
  • Login dengan menggunakan NIK dan kata sandi Anda.
  • Pilih menu “Cetak Kartu”.
  • Pilih jenis kartu yang ingin Anda cetak (kartu fisik atau kartu digital).
  • Masukkan alamat lengkap Anda jika Anda memilih untuk mencetak kartu fisik.
  • Konfirmasi data Anda dan klik “Cetak”.
  • Kartu BPJS Kesehatan Anda akan dicetak atau dikirimkan ke alamat Anda dalam waktu 14 hari kerja.
  • Simpan kartu BPJS Kesehatan Anda di tempat yang aman.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat dengan mudah mencetak kartu BPJS Kesehatan secara mandiri.

Buka aplikasi JKN Mobile atau situs web BPJS Kesehatan.

Untuk mencetak kartu BPJS Kesehatan secara mandiri, Anda perlu membuka aplikasi JKN Mobile atau situs web BPJS Kesehatan. Aplikasi JKN Mobile dapat diunduh melalui Google Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS). Sedangkan situs web BPJS Kesehatan dapat diakses melalui alamat https://bpjs-kesehatan.go.id.

  • Pastikan Anda memiliki akun JKN Mobile atau BPJS Kesehatan.

    Jika Anda belum memiliki akun JKN Mobile, Anda dapat mendaftar melalui aplikasi JKN Mobile atau situs web BPJS Kesehatan. Sedangkan jika Anda belum memiliki akun BPJS Kesehatan, Anda dapat mendaftar melalui kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat.

  • Login dengan menggunakan NIK dan kata sandi Anda.

    Setelah memiliki akun JKN Mobile atau BPJS Kesehatan, Anda dapat login dengan menggunakan NIK dan kata sandi yang telah Anda buat saat mendaftar.

  • Pilih menu “Cetak Kartu”.

    Setelah berhasil login, pilih menu “Cetak Kartu” pada aplikasi JKN Mobile atau situs web BPJS Kesehatan.

  • Pilih jenis kartu yang ingin Anda cetak.

    Pada menu “Cetak Kartu”, Anda akan diberikan pilihan untuk mencetak kartu fisik atau kartu digital. Kartu fisik adalah kartu yang terbuat dari plastik, sedangkan kartu digital adalah kartu yang disimpan dalam bentuk file elektronik pada perangkat Anda.

Setelah memilih jenis kartu yang ingin Anda cetak, ikuti langkah-langkah selanjutnya sesuai dengan petunjuk yang diberikan pada aplikasi JKN Mobile atau situs web BPJS Kesehatan.

Login dengan menggunakan NIK dan kata sandi Anda.

Setelah membuka aplikasi JKN Mobile atau situs web BPJS Kesehatan, Anda akan diminta untuk login dengan menggunakan NIK dan kata sandi Anda. Pastikan Anda memasukkan NIK dan kata sandi yang benar agar dapat berhasil login.

Jika Anda lupa kata sandi, Anda dapat mengklik tautan “Lupa Kata Sandi” yang terdapat pada halaman login. Anda akan diminta untuk memasukkan NIK dan alamat email Anda. Setelah itu, Anda akan menerima email berisi tautan untuk mengatur ulang kata sandi Anda.

Jika Anda belum memiliki akun JKN Mobile atau BPJS Kesehatan, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu. Anda dapat mendaftar melalui aplikasi JKN Mobile atau situs web BPJS Kesehatan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mendaftar akun JKN Mobile:

  1. Unduh aplikasi JKN Mobile melalui Google Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS).
  2. Buka aplikasi JKN Mobile dan pilih menu “Daftar”.
  3. Masukkan NIK, nomor ponsel, dan alamat email Anda.
  4. Buat kata sandi untuk akun Anda.
  5. Klik tombol “Daftar”.

Setelah berhasil mendaftar, Anda dapat login ke aplikasi JKN Mobile atau situs web BPJS Kesehatan dengan menggunakan NIK dan kata sandi yang telah Anda buat.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat dengan mudah login ke aplikasi JKN Mobile atau situs web BPJS Kesehatan untuk mencetak kartu BPJS Kesehatan secara mandiri.

Pilih menu “Cetak Kartu”.

Setelah berhasil login ke aplikasi JKN Mobile atau situs web BPJS Kesehatan, pilih menu “Cetak Kartu”. Menu ini biasanya terletak pada halaman utama aplikasi atau situs web.

Setelah memilih menu “Cetak Kartu”, Anda akan diberikan pilihan untuk mencetak kartu fisik atau kartu digital. Kartu fisik adalah kartu yang terbuat dari plastik, sedangkan kartu digital adalah kartu yang disimpan dalam bentuk file elektronik pada perangkat Anda.

Jika Anda memilih untuk mencetak kartu fisik, Anda perlu memasukkan alamat lengkap Anda. Kartu fisik akan dikirimkan ke alamat tersebut melalui pos dalam waktu 14 hari kerja.

Jika Anda memilih untuk mencetak kartu digital, kartu tersebut akan langsung tersedia dalam aplikasi JKN Mobile atau situs web BPJS Kesehatan. Anda dapat mengunduh kartu digital tersebut dan menyimpannya di perangkat Anda.

Setelah memilih jenis kartu yang ingin Anda cetak, ikuti langkah-langkah selanjutnya sesuai dengan petunjuk yang diberikan pada aplikasi JKN Mobile atau situs web BPJS Kesehatan. Biasanya, Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi data Anda sebelum kartu dicetak atau dikirimkan.


Artikel Terkait

Bagikan: