Cara Cek Keaktifan BPJS Kesehatan dengan Cepat dan Mudah


Cara Cek Keaktifan BPJS Kesehatan dengan Cepat dan Mudah

BPJS Kesehatan merupakan program jaminan kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia. Program ini memberikan perlindungan kesehatan bagi seluruh penduduk Indonesia, termasuk warga negara Indonesia dan warga negara asing yang tinggal di Indonesia. Untuk dapat menggunakan layanan BPJS Kesehatan, peserta harus terlebih dahulu mendaftar dan membayar iuran setiap bulan.

Peserta BPJS Kesehatan dapat mengecek keaktifan kepesertaannya dengan beberapa cara, di antaranya:

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek keaktifan BPJS Kesehatan, baik melalui aplikasi, situs web, atau layanan telepon. Pada artikel ini, kita akan membahas berbagai cara tersebut secara rinci.

Cara Cek Keaktifan BPJS Kesehatan

Berikut adalah 8 cara untuk mengecek keaktifan BPJS Kesehatan:

  • Aplikasi Mobile JKN
  • Website BPJS Kesehatan
  • Layanan Telepon BPJS Kesehatan
  • SMS Gateway BPJS Kesehatan
  • Kantor Cabang BPJS Kesehatan
  • Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP)
  • Layanan BPJS Kesehatan Care Center
  • Whatsapp BPJS Kesehatan

Dengan memanfaatkan berbagai cara tersebut, peserta BPJS Kesehatan dapat dengan mudah mengetahui status keaktifan kepesertaannya.

Aplikasi Mobile JKN

Aplikasi Mobile JKN merupakan salah satu cara termudah untuk mengecek keaktifan BPJS Kesehatan. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store (untuk pengguna Android) dan App Store (untuk pengguna iOS).

Setelah aplikasi terinstal, peserta BPJS Kesehatan dapat langsung mendaftar dengan menggunakan nomor kartu BPJS Kesehatan dan tanggal lahir. Setelah berhasil mendaftar, peserta dapat langsung mengecek keaktifan kepesertaannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Mobile JKN dan login menggunakan akun yang telah didaftarkan.
  2. Pada halaman utama aplikasi, pilih menu “Peserta”.
  3. Pada halaman berikutnya, akan tampil informasi kepesertaan BPJS Kesehatan, termasuk status keaktifan.

Jika status keaktifan peserta BPJS Kesehatan adalah “Aktif”, maka peserta dapat menggunakan layanan kesehatan BPJS Kesehatan tanpa kendala. Namun, jika status keaktifan peserta BPJS Kesehatan adalah “Tidak Aktif”, maka peserta tidak dapat menggunakan layanan kesehatan BPJS Kesehatan dan harus segera membayar iuran BPJS Kesehatan yang tertunggak.

Selain untuk mengecek keaktifan kepesertaan, aplikasi Mobile JKN juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan lainnya, seperti:

  • Melihat tagihan iuran BPJS Kesehatan
  • Membayar iuran BPJS Kesehatan
  • Mendaftar layanan kesehatan BPJS Kesehatan
  • Melihat jadwal dan lokasi pelayanan kesehatan BPJS Kesehatan
  • Mengajukan klaim BPJS Kesehatan
  • Dan lain-lain

Website BPJS Kesehatan

Selain melalui aplikasi Mobile JKN, peserta BPJS Kesehatan juga dapat mengecek keaktifan kepesertaannya melalui website BPJS Kesehatan.

  • Buka website BPJS Kesehatan

    Kunjungi website BPJS Kesehatan di alamat https://www.bpjs-kesehatan.go.id/.

  • Klik menu “Cek Status Peserta”

    Pada halaman utama website BPJS Kesehatan, klik menu “Cek Status Peserta” yang terletak di bagian atas halaman.

  • Masukkan nomor kartu BPJS Kesehatan dan tanggal lahir

    Pada halaman berikutnya, masukkan nomor kartu BPJS Kesehatan dan tanggal lahir Anda, lalu klik tombol “Cek”.

  • Lihat status keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan

    Setelah beberapa saat, akan muncul informasi kepesertaan BPJS Kesehatan Anda, termasuk status keaktifan.

Jika status keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan Anda adalah “Aktif”, maka Anda dapat menggunakan layanan kesehatan BPJS Kesehatan tanpa kendala. Namun, jika status keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan Anda adalah “Tidak Aktif”, maka Anda tidak dapat menggunakan layanan kesehatan BPJS Kesehatan dan harus segera membayar iuran BPJS Kesehatan yang tertunggak.

Layanan Telepon BPJS Kesehatan

Peserta BPJS Kesehatan juga dapat mengecek keaktifan kepesertaannya melalui layanan telepon BPJS Kesehatan.

  • Hubungi nomor telepon BPJS Kesehatan

    Hubungi nomor telepon BPJS Kesehatan di 1500 400.

  • Pilih bahasa yang diinginkan

    Setelah tersambung dengan layanan telepon BPJS Kesehatan, pilih bahasa yang diinginkan, yaitu bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

  • Ikuti petunjuk operator

    Ikuti petunjuk operator untuk mengecek keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan Anda. Biasanya, operator akan meminta Anda untuk menyebutkan nomor kartu BPJS Kesehatan dan tanggal lahir Anda.

  • Dengarkan informasi dari operator

    Setelah Anda menyebutkan nomor kartu BPJS Kesehatan dan tanggal lahir, operator akan memberikan informasi tentang status keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan Anda.

Jika status keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan Anda adalah “Aktif”, maka Anda dapat menggunakan layanan kesehatan BPJS Kesehatan tanpa kendala. Namun, jika status keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan Anda adalah “Tidak Aktif”, maka Anda tidak dapat menggunakan layanan kesehatan BPJS Kesehatan dan harus segera membayar iuran BPJS Kesehatan yang tertunggak.

SMS Gateway BPJS Kesehatan

Peserta BPJS Kesehatan juga dapat mengecek keaktifan kepesertaannya melalui SMS Gateway BPJS Kesehatan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi SMS di ponsel Anda.
  2. Ketik pesan dengan format: CEK NIK[spasi]NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN.
  3. Kirim pesan tersebut ke nomor 087775500400.

Setelah beberapa saat, Anda akan menerima balasan SMS dari BPJS Kesehatan yang berisi informasi tentang status keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan Anda. Jika status keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan Anda adalah “Aktif”, maka SMS balasan akan berisi informasi sebagai berikut:

“`
Peserta BPJS Kesehatan dengan NIK [NIK Anda] dan nomor kartu [nomor kartu BPJS Kesehatan Anda] masih aktif.
“`

Namun, jika status keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan Anda adalah “Tidak Aktif”, maka SMS balasan akan berisi informasi sebagai berikut:

“`
Peserta BPJS Kesehatan dengan NIK [NIK Anda] dan nomor kartu [nomor kartu BPJS Kesehatan Anda] tidak aktif. Silakan hubungi kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk informasi lebih lanjut.
“`

Layanan SMS Gateway BPJS Kesehatan ini tersedia selama 24 jam setiap hari. Namun, perlu dicatat bahwa layanan ini hanya dapat digunakan untuk mengecek keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan, bukan untuk mengecek tagihan iuran BPJS Kesehatan atau mengajukan klaim BPJS Kesehatan.

Kantor Cabang BPJS Kesehatan

Peserta BPJS Kesehatan juga dapat mengecek keaktifan kepesertaannya melalui kantor cabang BPJS Kesehatan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Kunjungi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat

    Datanglah ke kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa kartu BPJS Kesehatan dan identitas diri Anda.

  • Ambil nomor antrean

    Setelah sampai di kantor cabang BPJS Kesehatan, ambil nomor antrean di bagian pendaftaran.

  • Tunggu hingga nomor antrean Anda dipanggil

    Tunggu hingga nomor antrean Anda dipanggil oleh petugas.

  • Sampaikan maksud kedatangan Anda

    Setelah nomor antrean Anda dipanggil, sampaikan kepada petugas bahwa Anda ingin mengecek keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan.

Petugas akan meminta Anda untuk menunjukkan kartu BPJS Kesehatan dan identitas diri Anda. Setelah itu, petugas akan memeriksa status keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan Anda. Jika status keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan Anda adalah “Aktif”, maka petugas akan memberikan Anda surat keterangan aktif kepesertaan BPJS Kesehatan. Namun, jika status keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan Anda adalah “Tidak Aktif”, maka petugas akan memberikan Anda informasi tentang cara mengaktifkan kembali kepesertaan BPJS Kesehatan Anda.

Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP)

Peserta BPJS Kesehatan juga dapat mengecek keaktifan kepesertaannya melalui Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat peserta terdaftar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi FKTP tempat Anda terdaftar

    Datanglah ke FKTP tempat Anda terdaftar dengan membawa kartu BPJS Kesehatan dan identitas diri Anda.

  2. Tanyakan kepada petugas tentang status keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan Anda

    Setelah sampai di FKTP, tanyakan kepada petugas tentang status keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan Anda.

  3. Petugas akan memeriksa status keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan Anda

    Petugas akan meminta Anda untuk menunjukkan kartu BPJS Kesehatan dan identitas diri Anda. Setelah itu, petugas akan memeriksa status keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan Anda.

  4. Petugas akan memberikan informasi tentang status keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan Anda

    Jika status keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan Anda adalah “Aktif”, maka petugas akan memberikan Anda surat keterangan aktif kepesertaan BPJS Kesehatan. Namun, jika status keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan Anda adalah “Tidak Aktif”, maka petugas akan memberikan Anda informasi tentang cara mengaktifkan kembali kepesertaan BPJS Kesehatan Anda.

Selain melalui FKTP tempat peserta terdaftar, peserta BPJS Kesehatan juga dapat mengecek keaktifan kepesertaannya melalui FKTP lain yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua FKTP bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya peserta BPJS Kesehatan terlebih dahulu menghubungi FKTP yang ingin dikunjungi untuk memastikan bahwa FKTP tersebut bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Layanan BPJS Kesahatan Care Center

Peserta BPJS Kesahatan juga dapat mengecek keaktifan kepesertannya melalui Layanan BPJS Kesahatan Care Center. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Hubungi Layanan BPJS Kesahatan Care Center

    Hubungi Layanan BPJS Kesahatan Care Center di nomor telepon 1600.

  • Pilih bahasa yang diinginkan

    Setelah tersambung dengan Layanan BPJS Kesahatan Care Center, pilih bahasa yang diinginkan, yaitu bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

  • Ikuti petunjukan operator

    Ikuti petunjukan operator untuk mengecek keaktifan kepesertannya BPJS Kesahatan Anda. Biasanya, operator akan meminta Anda untuk menyebutkan nomor kartu BPJS Kesahatan dan tanggal lahur Anda.

  • Dengarkan informasi dari operator

    Setelah Anda menyebutkan nomor kartu BPJS Kesahatan dan tanggal lahur, operator akan memberikan informasi tentang status keaktifan kepesertannya BPJS Kesahatan Anda.

Layanan BPJS Kesahatan Care Center ini tersedia selama 24 jam setiap hari. Namun, perlu dicatat bahwa layanana ini hanya dapat digunakan untuk mengecek keaktifan kepesertannya BPJS Kesahatan, bukan untuk mengecek tagihan iuran BPJS Kesahatan atau mengajuan klaim BPJS Kesahatan.

Whatsapp BPJS Kesehatan

Peserta BPJS Kesehatan juga dapat mengecek keaktifan kepesertaannya melalui Whatsapp BPJS Kesehatan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Simpan nomor Whatsapp BPJS Kesehatan
    Simpan nomor Whatsapp BPJS Kesehatan di 087775500400.
  2. Kirim pesan Whatsapp
    Kirim pesan Whatsapp dengan format: CEK NIK[spasi]NOMOR KARTU BPJS Kesehatan ke Whatsapp BPJS Kesehatan.
  3. Tunggu balasan dari BPJS Kesehatan
    Tunggu balasan dari BPJS Kesehatan. Biasanya, balasan akan diterima dalam waktu beberapa menit.
  4. Baca informasi status kepesertaan
    Buka pesan balasan dari BPJS Kesehatan dan baca informasi status kepesertaan Anda. Jika status kepesertaan aktif, maka akan muncul pesan “Peserta BPJS Kesehatan dengan NIK [NIK Anda] dan nomor kartu [Nomor Kartu BPJS Kesehatan Anda] masih aktif.” Namun, jika status kepesertaan tidak aktif, maka akan muncul pesan “Peserta BPJS Kesehatan dengan NIK [NIK Anda] dan nomor kartu [Nomor Kartu BPJS Kesehatan Anda] tidak aktif. Silakan hubungi kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk informasi lebih lanjut.”

Layanan Whatsapp BPJS Kesehatan ini tersedia selama 24 jam setiap hari. Namun, perlu dicatat bahwa layanan ini hanya dapat digunakan untuk mengecek keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan, bukan untuk mengecek tagihan iuran BPJS Kesehatan atau mengajukan klaim BPJS Kesehatan.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum seputar kesehatan yang sering ditanyakan:

Question 1: Apa saja jenis-jenis penyakit tidak menular yang paling umum?
Answer 1: Jenis-jenis penyakit tidak menular yang paling umum meliputi penyakit jantung, stroke, kanker, diabetes, dan penyakit paru-paru kronik.
Question 2: Bagaimana cara mencegah penyakit tidak menular?
Answer 2: Cara mencegah penyakit tidak menular meliputi pola makan sehat, olahraga teratur, tidak merokok, dan menghindari alkohol berlebihan.
Question 3: Apa saja gejala penyakit jantung?
Answer 3: Gejala penyakit jantung meliputi nyeri dada, sesak napas, kelelahan, dan jantung berdebar-debar.
Question 4: Bagaimana cara mengatasi stroke?
Answer 4: Penanganan stroke meliputi pemberian obat-obatan, fisioterapi, dan terapi okupasi.
Question 5: Apa saja jenis-jenis kanker yang paling umum?
Answer 5: Jenis-jenis kanker yang paling umum meliputi kanker paru-paru, kanker payudara, kanker kolorektal, kanker prostat, dan kanker kulit.
Question 6: Bagaimana cara mendeteksi kanker sejak dini?
Answer 6: Deteksi dini kanker dapat dilakukan melalui pemeriksaan skrining, seperti mammografi untuk kanker payudara, pap smear untuk kanker serviks, dan kolonoskopi untuk kanker kolorektal.
Question 7: Apa saja komplikasi diabetes yang dapat terjadi?
Answer 7: Komplikasi diabetes yang dapat terjadi meliputi penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, kerusakan saraf, dan kebutaan.

Demikian beberapa pertanyaan umum seputar kesehatan yang sering ditanyakan. Jika Anda memiliki pertanyaan lain, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan lainnya.

Selain menjawab pertanyaan umum seputar kesehatan, artikel ini juga akan memberikan beberapa tips untuk menjaga kesehatan Anda.

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan Anda:

Tip 1: Pola Makan Sehat

Konsumsi makanan yang kaya nutrisi, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak. Batasi konsumsi makanan yang tinggi gula, garam, dan lemak jenuh.

Tip 2: Olahraga Teratur

Olahraga teratur dapat membantu menjaga berat badan yang sehat, mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker. Lakukan olahraga intensitas sedang selama 150 menit atau olahraga intensitas berat selama 75 menit setiap minggu.

Tip 3: Hindari Rokok dan Alkohol

Merokok dan konsumsi alkohol berlebihan dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, termasuk kanker, penyakit jantung, dan penyakit paru-paru. Jika Anda merokok, berhentilah merokok. Jika Anda mengonsumsi alkohol, batasi konsumsi Anda.

Tip 4: Kelola Stres

Stres dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Kelola stres dengan cara yang sehat, seperti olahraga, yoga, meditasi, atau menghabiskan waktu dengan orang-orang yang Anda cintai.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menjaga kesehatan Anda dan mengurangi risiko berbagai penyakit.

Demikian beberapa tips untuk menjaga kesehatan Anda. Semoga bermanfaat.

Conclusion

Kesehatan adalah salah satu hal terpenting dalam hidup kita. Dengan menjaga kesehatan, kita dapat menjalani hidup yang lebih produktif dan bahagia.

Dalam artikel ini, kita telah membahas berbagai cara untuk menjaga kesehatan, mulai dari pola makan sehat, olahraga teratur, hingga menghindari rokok dan alkohol. Kita juga telah membahas beberapa penyakit tidak menular yang paling umum dan cara mencegahnya.

Semoga informasi yang diberikan dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan Anda dengan mengikuti tips-tips yang telah diberikan.

Salam sehat!


Artikel Terkait

Bagikan: