Cara Cek BPJS Kesehatan Terbaru, Mudah dan Praktis!


Cara Cek BPJS Kesehatan Terbaru, Mudah dan Praktis!

BPJS Kesehatan merupakan program jaminan kesehatan nasional yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada seluruh penduduk Indonesia. Untuk dapat menggunakan layanan BPJS Kesehatan, peserta harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran dan membayar iuran. Setelah terdaftar, peserta dapat menggunakan layanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Untuk mengetahui status kepesertaan BPJS Kesehatan, Anda dapat melakukan pengecekan secara online melalui beberapa cara. Salah satunya adalah melalui situs resmi BPJS Kesehatan. Anda juga dapat melakukan pengecekan melalui aplikasi Mobile JKN atau melalui SMS.

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas secara rinci tentang cara cek BPJS Kesehatan melalui situs resmi BPJS Kesehatan, aplikasi Mobile JKN, dan SMS. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkahnya dengan benar agar hasil pengecekan akurat.

Cara Cek BPJS Kesehatan

Berikut adalah 6 poin penting tentang cara cek BPJS Kesehatan:

  • Cek lewat situs resmi
  • Cek lewat aplikasi Mobile JKN
  • Cek lewat SMS
  • Siapkan NIK dan nomor kartu BPJS
  • Ikuti petunjuk yang diberikan
  • Hasil cek akan muncul di layar

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat dengan mudah dan cepat mengetahui status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda. Pastikan Anda melakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan bahwa kepesertaan Anda masih aktif dan iuran Anda telah dibayarkan.

Cek lewat situs resmi

Untuk cek BPJS Kesehatan lewat situs resmi, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka situs resmi BPJS Kesehatan

    Kunjungi situs resmi BPJS Kesehatan di alamat https://www.bpjs-kesehatan.go.id.

  • Pilih menu “Cek Status Peserta”

    Pada halaman utama situs BPJS Kesehatan, pilih menu “Cek Status Peserta” yang terletak di bagian atas halaman.

  • Masukkan NIK dan nomor kartu BPJS

    Pada halaman “Cek Status Peserta”, masukkan nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu BPJS Kesehatan Anda pada kolom yang tersedia. Pastikan Anda memasukkan data dengan benar.

  • Klik tombol “Cek”

    Setelah memasukkan NIK dan nomor kartu BPJS, klik tombol “Cek” untuk melanjutkan proses pengecekan.

Setelah Anda mengklik tombol “Cek”, hasil pengecekan status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda akan muncul di layar. Informasi yang ditampilkan meliputi nama peserta, nomor kartu BPJS, status kepesertaan, kelas perawatan, dan masa berlaku kartu BPJS.

Cek lewat aplikasi Mobile JKN

Untuk cek BPJS Kesehatan lewat aplikasi Mobile JKN, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Unduh dan instal aplikasi Mobile JKN
Unduh aplikasi Mobile JKN dari Google Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS). Setelah terunduh, instal aplikasi tersebut pada perangkat Anda.

2. Buat akun Mobile JKN
Jika Anda belum memiliki akun Mobile JKN, Anda perlu membuatnya terlebih dahulu. Buka aplikasi Mobile JKN dan pilih menu “Daftar”. Masukkan data diri Anda sesuai dengan yang tertera pada kartu BPJS Kesehatan, lalu klik tombol “Daftar”.

3. Login ke akun Mobile JKN
Setelah akun Anda berhasil dibuat, login ke aplikasi Mobile JKN menggunakan nomor kartu BPJS Kesehatan dan kata sandi yang telah Anda buat sebelumnya.

4. Cek status kepesertaan BPJS Kesehatan
Pada halaman utama aplikasi Mobile JKN, pilih menu “Status Kepesertaan”. Informasi status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda akan ditampilkan pada layar. Informasi tersebut meliputi nama peserta, nomor kartu BPJS, status kepesertaan, kelas perawatan, dan masa berlaku kartu BPJS.

Selain dapat mengecek status kepesertaan, aplikasi Mobile JKN juga memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai transaksi terkait BPJS Kesehatan, seperti membayar iuran, mengubah data peserta, dan mengajukan klaim.

Dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN, Anda dapat dengan mudah dan cepat mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda kapan saja dan di mana saja.

Cek lewat SMS

Untuk cek BPJS Kesehatan lewat SMS, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Ketik format SMS
Ketik format SMS berikut: NIK[spasi]nomor kartu BPJS Kesehatan. Contoh: 1234567890123456 0001234567890.

2. Kirim SMS ke nomor 087775500400
Setelah mengetik format SMS, kirim SMS tersebut ke nomor 087775500400.

3. Tunggu balasan SMS
Setelah mengirim SMS, Anda akan menerima balasan SMS dari BPJS Kesehatan. Balasan SMS tersebut berisi informasi status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda, meliputi nama peserta, nomor kartu BPJS, status kepesertaan, kelas perawatan, dan masa berlaku kartu BPJS.

4. Simpan balasan SMS
Simpan balasan SMS dari BPJS Kesehatan sebagai bukti bahwa Anda telah melakukan pengecekan status kepesertaan BPJS Kesehatan.

Dengan menggunakan layanan SMS, Anda dapat mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan dengan mudah dan cepat tanpa harus mengakses internet.

Demikian informasi tentang cara cek BPJS Kesehatan melalui situs resmi, aplikasi Mobile JKN, dan SMS. Semoga bermanfaat.

Siapkan NIK dan nomor kartu BPJS

Sebelum melakukan pengecekan status kepesertaan BPJS Kesehatan, pastikan Anda telah menyiapkan nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu BPJS Kesehatan Anda.

NIK adalah nomor identitas penduduk yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia. NIK tertera pada kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK). NIK juga dapat ditemukan pada akta kelahiran, akta nikah, dan ijazah.

Nomor kartu BPJS Kesehatan adalah nomor identitas peserta BPJS Kesehatan yang tertera pada kartu BPJS Kesehatan. Nomor kartu BPJS Kesehatan terdiri dari 13 digit angka.

Pastikan Anda memasukkan NIK dan nomor kartu BPJS Kesehatan dengan benar. Kesalahan dalam memasukkan data dapat menyebabkan hasil pengecekan tidak akurat.

Jika Anda tidak memiliki kartu BPJS Kesehatan, Anda dapat mencari tahu nomor kartu BPJS Kesehatan Anda dengan menghubungi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat atau melalui layanan Care Center BPJS Kesehatan di nomor telepon 165.

Setelah menyiapkan NIK dan nomor kartu BPJS Kesehatan, Anda dapat melakukan pengecekan status kepesertaan BPJS Kesehatan melalui situs resmi BPJS Kesehatan, aplikasi Mobile JKN, atau SMS.

Ikuti petunjuk yang diberikan

Setelah memilih metode pengecekan status kepesertaan BPJS Kesehatan, Anda akan diberikan petunjuk tentang cara melakukan pengecekan. Ikuti petunjuk tersebut dengan saksama agar hasil pengecekan akurat.

  • Masukkan data yang diminta

    Pada umumnya, Anda akan diminta untuk memasukkan data diri seperti NIK, nomor kartu BPJS Kesehatan, dan tanggal lahir. Pastikan Anda memasukkan data dengan benar dan lengkap.

  • Klik tombol “Cek” atau “Submit”

    Setelah memasukkan data yang diminta, klik tombol “Cek” atau “Submit” untuk melanjutkan proses pengecekan.

  • Tunggu hasil pengecekan

    Setelah mengklik tombol “Cek” atau “Submit”, tunggu beberapa saat hingga hasil pengecekan muncul di layar.

  • Periksa hasil pengecekan

    Setelah hasil pengecekan muncul, periksa dengan saksama apakah informasi yang ditampilkan sudah benar. Pastikan nama peserta, nomor kartu BPJS Kesehatan, status kepesertaan, kelas perawatan, dan masa berlaku kartu BPJS sudah sesuai dengan data Anda.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengikuti petunjuk yang diberikan, Anda dapat menghubungi layanan pelanggan BPJS Kesehatan di nomor telepon 165 atau melalui email di alamat [email protected]

Hasil cek akan muncul di layar

Setelah Anda mengikuti petunjuk yang diberikan, hasil pengecekan status kepesertaan BPJS Kesehatan akan muncul di layar.

  • Periksa nama peserta

    Pastikan nama peserta yang tertera pada hasil pengecekan sudah sesuai dengan nama Anda.

  • Periksa nomor kartu BPJS Kesehatan

    Pastikan nomor kartu BPJS Kesehatan yang tertera pada hasil pengecekan sudah sesuai dengan nomor kartu BPJS Kesehatan Anda.

  • Periksa status kepesertaan

    Periksa apakah status kepesertaan Anda aktif atau tidak. Jika status kepesertaan Anda tidak aktif, segera hubungi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat untuk mengetahui penyebabnya.

  • Periksa kelas perawatan

    Periksa kelas perawatan yang tertera pada hasil pengecekan. Kelas perawatan menentukan jenis pelayanan kesehatan yang dapat Anda terima.

  • Periksa masa berlaku kartu BPJS

    Periksa masa berlaku kartu BPJS Kesehatan Anda. Pastikan kartu BPJS Kesehatan Anda masih berlaku dan belum melewati tanggal kedaluwarsa.

Jika Anda menemukan kesalahan pada hasil pengecekan, segera hubungi layanan pelanggan BPJS Kesehatan di nomor telepon 165 atau melalui email di alamat [email protected]

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai kesehatan:

Question 1: Apa saja jenis layanan kesehatan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan?
Answer 1: Layanan kesehatan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan meliputi layanan kesehatan dasar, layanan kesehatan rujukan, dan layanan kesehatan komplementer.

Question 2: Bagaimana cara mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan?
Answer 2: Anda dapat mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan melalui kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat, melalui aplikasi Mobile JKN, atau melalui agen BPJS Kesehatan.

Question 3: Berapa iuran BPJS Kesehatan yang harus dibayarkan setiap bulan?
Answer 3: Iuran BPJS Kesehatan yang harus dibayarkan setiap bulan tergantung pada kelas perawatan yang dipilih. Untuk kelas I, iurannya sebesar Rp 150.000, untuk kelas II sebesar Rp 100.000, dan untuk kelas III sebesar Rp 42.000.

Question 4: Bagaimana cara mengetahui status kepesertaan BPJS Kesehatan?
Answer 4: Anda dapat mengetahui status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda melalui situs resmi BPJS Kesehatan, aplikasi Mobile JKN, atau melalui SMS.

Question 5: Apa yang harus dilakukan jika kartu BPJS Kesehatan hilang?
Answer 5: Jika kartu BPJS Kesehatan hilang, Anda dapat mengajukan pembuatan kartu BPJS Kesehatan pengganti di kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat.

Question 6: Bagaimana cara mengajukan klaim BPJS Kesehatan?
Answer 6: Anda dapat mengajukan klaim BPJS Kesehatan melalui kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat atau melalui aplikasi Mobile JKN.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai kesehatan. Jika Anda memiliki pertanyaan lain, jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan BPJS Kesehatan di nomor telepon 165 atau melalui email di alamat [email protected]

Selain informasi tentang BPJS Kesehatan, berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan Anda:

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan Anda:

1. Makan makanan sehat dan bergizi
Konsumsilah makanan yang kaya akan nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak. Batasi konsumsi makanan olahan, makanan cepat saji, dan minuman manis.

2. Berolahraga secara teratur
Olahraga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat, meningkatkan kesehatan jantung, dan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis. Lakukan olahraga intensitas sedang selama 150 menit setiap minggu atau olahraga intensitas berat selama 75 menit setiap minggu.

3. Tidur yang cukup
Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Orang dewasa membutuhkan tidur selama 7-8 jam setiap malam. Pastikan Anda mendapatkan tidur yang berkualitas dan nyenyak.

4. Kelola stres
Stres dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Temukan cara untuk mengelola stres dengan baik, seperti berolahraga, mendengarkan musik, atau menghabiskan waktu dengan orang yang dicintai.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menjaga kesehatan Anda dan mengurangi risiko berbagai penyakit.

Dengan menjaga kesehatan, Anda dapat menjalani hidup yang lebih panjang, lebih bahagia, dan lebih produktif.

Conclusion

Kesehatan adalah salah satu hal terpenting dalam hidup. Dengan menjaga kesehatan, kita dapat menjalani hidup yang lebih panjang, lebih bahagia, dan lebih produktif.

Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan, seperti:

  • Makan makanan sehat dan bergizi
  • Berolahraga secara teratur
  • Tidur yang cukup
  • Kelola stres

Selain itu, penting juga untuk memiliki asuransi kesehatan yang baik, seperti BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan dapat membantu kita mendapatkan layanan kesehatan yang dibutuhkan tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Dengan menjaga kesehatan dan memiliki asuransi kesehatan yang baik, kita dapat hidup lebih tenang dan tidak perlu khawatir tentang biaya kesehatan yang tinggi.

Jadi, mulailah jaga kesehatan Anda mulai dari sekarang. Jangan tunggu sampai sakit untuk baru sadar pentingnya kesehatan.


Artikel Terkait

Bagikan: