Seputar BPJS Kesehatan Medan yang Perlu Diketahui


Seputar BPJS Kesehatan Medan yang Perlu Diketahui

BPJS Kesehatan merupakan salah satu program pemerintah yang wajib diikuti oleh seluruh warga negara Indonesia. BPJS Kesehatan bertujuan untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi seluruh masyarakat, sehingga mereka dapat mengakses layanan kesehatan yang berkualitas dengan biaya yang terjangkau.

Di Medan, terdapat beberapa kantor BPJS Kesehatan yang melayani masyarakat. Kantor-kantor tersebut berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Jalan Letjen Jamin Ginting, dan Jalan Sudirman. Masyarakat dapat datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk melakukan pendaftaran, membayar iuran, atau mendapatkan informasi terkait layanan BPJS Kesehatan.

Pada artikel ini, kami akan membahas lebih detail tentang BPJS Kesehatan Medan, termasuk kantor-kantor BPJS Kesehatan, cara pendaftaran, jenis layanan, dan biaya iuran. Dengan demikian, masyarakat dapat lebih memahami tentang BPJS Kesehatan dan dapat memanfaatkan layanannya dengan sebaik-baiknya.

bpjs kesehatan medan

Pelayanan kesehatan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat.

  • Kantor pusat di Jalan Gatot Subroto
  • Dua kantor cabang lainnya
  • Pendaftaran peserta secara online dan offline
  • Jenis layanan kesehatan lengkap
  • Biaya iuran terjangkau
  • Fasilitas kesehatan bekerja sama luas

BPJS Kesehatan Medan berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat Medan dan sekitarnya.

Kantor pusat di Jalan Gatot Subroto

Kantor pusat BPJS Kesehatan Medan terletak di Jalan Gatot Subroto Nomor 102, Medan.

  • Akses mudah

    Kantor pusat BPJS Kesehatan Medan berada di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat. Kantor ini berada di pusat kota Medan, sehingga dapat diakses dengan mudah menggunakan kendaraan umum atau pribadi.

  • Pelayanan lengkap

    Kantor pusat BPJS Kesehatan Medan menyediakan pelayanan yang lengkap terkait BPJS Kesehatan. Masyarakat dapat melakukan pendaftaran peserta, pembayaran iuran, perubahan data peserta, pengaduan, dan mendapatkan informasi terkait layanan BPJS Kesehatan.

  • Ruang tunggu nyaman

    Kantor pusat BPJS Kesehatan Medan memiliki ruang tunggu yang nyaman bagi masyarakat yang sedang menunggu pelayanan. Ruang tunggu ini dilengkapi dengan AC, televisi, dan tempat duduk yang nyaman.

  • Petugas ramah dan profesional

    Petugas BPJS Kesehatan Medan ramah dan profesional dalam melayani masyarakat. Petugas akan memberikan informasi dan pelayanan yang jelas dan lengkap kepada masyarakat.

Dengan segala fasilitas dan layanan yang tersedia, kantor pusat BPJS Kesehatan Medan siap melayani masyarakat dengan baik.

Dua kantor cabang lainnya

Selain kantor pusat di Jalan Gatot Subroto, BPJS Kesehatan Medan memiliki dua kantor cabang lainnya, yaitu:

1. Kantor Cabang Medan Utara

Kantor Cabang Medan Utara terletak di Jalan Letjen Jamin Ginting Nomor 100, Medan. Kantor ini melayani masyarakat di wilayah Medan Utara, Medan Timur, dan Medan Denai.

2. Kantor Cabang Medan Selatan

Kantor Cabang Medan Selatan terletak di Jalan Sudirman Nomor 102, Medan. Kantor ini melayani masyarakat di wilayah Medan Selatan, Medan Barat, dan Medan Tuntungan.

Kedua kantor cabang BPJS Kesehatan Medan tersebut menyediakan pelayanan yang sama lengkapnya dengan kantor pusat. Masyarakat dapat melakukan pendaftaran peserta, pembayaran iuran, perubahan data peserta, pengaduan, dan mendapatkan informasi terkait layanan BPJS Kesehatan.

Dengan adanya tiga kantor layanan, BPJS Kesehatan Medan berupaya untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat dan memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik.

Masyarakat dapat memilih kantor BPJS Kesehatan yang terdekat dengan tempat tinggal mereka untuk mendapatkan pelayanan.

Pendaftaran peserta secara online dan offline

BPJS Kesehatan Medan menyediakan pendaftaran peserta secara online dan offline. Masyarakat dapat memilih cara pendaftaran yang paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Pendaftaran online

Pendaftaran online BPJS Kesehatan Medan dapat dilakukan melalui website resmi BPJS Kesehatan atau aplikasi Mobile JKN. Berikut adalah langkah-langkah pendaftaran online BPJS Kesehatan Medan:

  1. Buka website resmi BPJS Kesehatan atau aplikasi Mobile JKN.
  2. Pilih menu “Pendaftaran Peserta”.
  3. Isi data diri dan data keluarga dengan lengkap dan benar.
  4. Pilih jenis kepesertaan yang diinginkan.
  5. Pilih fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) yang diinginkan.
  6. Unggah fotokopi KTP dan fotokopi Kartu Keluarga.
  7. Kirim pendaftaran.

Setelah pendaftaran online berhasil, peserta akan mendapatkan nomor virtual account (VA). Peserta dapat membayar iuran BPJS Kesehatan melalui VA tersebut.

Pendaftaran offline

Pendaftaran offline BPJS Kesehatan Medan dapat dilakukan di kantor BPJS Kesehatan Medan atau di kantor-kantor cabang BPJS Kesehatan Medan. Berikut adalah langkah-langkah pendaftaran offline BPJS Kesehatan Medan:

  1. Datang ke kantor BPJS Kesehatan Medan atau kantor cabang BPJS Kesehatan Medan.
  2. Ambil formulir pendaftaran.
  3. Isi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar.
  4. Lampirkan fotokopi KTP dan fotokopi Kartu Keluarga.
  5. Serahkan formulir pendaftaran dan lampirannya kepada petugas.

Setelah pendaftaran offline berhasil, peserta akan mendapatkan kartu BPJS Kesehatan. Kartu BPJS Kesehatan tersebut dapat digunakan untuk mengakses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Dengan adanya pendaftaran online dan offline, masyarakat dapat memilih cara pendaftaran yang paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Jenis layanan kesehatan lengkap

BPJS Kesehatan Medan menyediakan jenis layanan kesehatan yang lengkap, meliputi:

  • Pelayanan kesehatan dasar
  • Pelayanan kesehatan rujukan
  • Pelayanan kesehatan gigi dan mulut
  • Pelayanan kesehatan mata
  • Pelayanan kesehatan jiwa
  • Pelayanan kesehatan tradisional
  • Pelayanan kesehatan komplementer
  • Pelayanan kesehatan rehabilitatif
  • Pelayanan kesehatan paliatif

Pelayanan kesehatan dasar meliputi pemeriksaan kesehatan umum, pengobatan penyakit umum, dan tindakan medis dasar lainnya. Pelayanan kesehatan rujukan meliputi pemeriksaan kesehatan spesialis, pengobatan penyakit khusus, dan tindakan medis lanjutan lainnya.

Pelayanan kesehatan gigi dan mulut meliputi pemeriksaan gigi dan mulut, penambalan gigi, pencabutan gigi, dan pembuatan gigi palsu. Pelayanan kesehatan mata meliputi pemeriksaan mata, pemberian kacamata, dan operasi mata.

Pelayanan kesehatan jiwa meliputi pemeriksaan kesehatan jiwa, pengobatan gangguan jiwa, dan rehabilitasi gangguan jiwa. Pelayanan kesehatan tradisional meliputi pengobatan tradisional yang menggunakan bahan-bahan alami dan metode tradisional.

Pelayanan kesehatan komplementer meliputi pengobatan komplementer yang menggunakan metode pengobatan alternatif, seperti akupunktur, herbal, dan hipnosis.

Dengan jenis layanan kesehatan yang lengkap, BPJS Kesehatan Medan berupaya untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat.

Biaya iuran terjangkau

BPJS Kesehatan Medan menawarkan biaya iuran yang terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat. Biaya iuran BPJS Kesehatan Medan dibedakan berdasarkan jenis kepesertaan dan kelas perawatan.

  • Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP)

    Biaya iuran untuk peserta PBPU dan BP adalah sebesar Rp25.500 per bulan.

  • Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU)

    Biaya iuran untuk peserta PPU dibayarkan oleh pemberi kerja dan pekerja. Pemberi kerja membayar sebesar 4% dari gaji pekerja, sedangkan pekerja membayar sebesar 1% dari gaji.

  • Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI)

    Peserta PBI adalah peserta yang tidak mampu membayar iuran BPJS Kesehatan. Biaya iuran untuk peserta PBI dibayarkan oleh pemerintah.

  • Kelas perawatan

    BPJS Kesehatan Medan menawarkan tiga kelas perawatan, yaitu kelas I, kelas II, dan kelas III. Biaya iuran untuk kelas I lebih tinggi daripada kelas II dan kelas III.

Dengan biaya iuran yang terjangkau, BPJS Kesehatan Medan berupaya untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Fasilitas kesehatan bekerja sama luas

BPJS Kesehatan Medan bekerja sama dengan berbagai fasilitas kesehatan yang tersebar di seluruh wilayah Medan dan sekitarnya. Fasilitas kesehatan tersebut meliputi:

  • Rumah sakit

    BPJS Kesehatan Medan bekerja sama dengan berbagai rumah sakit, baik pemerintah maupun swasta. Rumah sakit tersebut meliputi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Pirngadi, dan Rumah Sakit Umum Swasta (RSUS) Columbia Asia.

  • Puskesmas

    BPJS Kesehatan Medan bekerja sama dengan berbagai puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah Medan dan sekitarnya. Puskesmas tersebut meliputi Puskesmas Medan Helvetia, Puskesmas Medan Polonia, dan Puskesmas Medan Johor.

  • Klinik

    BPJS Kesehatan Medan bekerja sama dengan berbagai klinik yang tersebar di seluruh wilayah Medan dan sekitarnya. Klinik tersebut meliputi Klinik Pratama dr. Sehat, Klinik Pratama dr. Sejahtera, dan Klinik Pratama dr. Bahagia.

  • Dokter praktik perorangan

    BPJS Kesehatan Medan bekerja sama dengan berbagai dokter praktik perorangan yang tersebar di seluruh wilayah Medan dan sekitarnya. Dokter praktik perorangan tersebut meliputi Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr. Adnan, Dokter Spesialis Anak dr. Budi, dan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr. Chandra.

Dengan bekerja sama dengan berbagai fasilitas kesehatan yang luas, BPJS Kesehatan Medan berupaya untuk memberikan akses layanan kesehatan yang mudah dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang BPJS Kesehatan Medan:

Question 1: Bagaimana cara mendaftar BPJS Kesehatan Medan?
Answer 1: Pendaftaran BPJS Kesehatan Medan dapat dilakukan secara online melalui website resmi BPJS Kesehatan atau aplikasi Mobile JKN, atau secara offline di kantor BPJS Kesehatan Medan atau kantor cabang BPJS Kesehatan Medan.

Question 2: Apa saja jenis layanan kesehatan yang ditanggung BPJS Kesehatan Medan?
Answer 2: BPJS Kesehatan Medan menanggung berbagai jenis layanan kesehatan, meliputi pelayanan kesehatan dasar, pelayanan kesehatan rujukan, pelayanan kesehatan gigi dan mulut, pelayanan kesehatan mata, pelayanan kesehatan jiwa, pelayanan kesehatan tradisional, pelayanan kesehatan komplementer, pelayanan kesehatan rehabilitatif, dan pelayanan kesehatan paliatif.

Question 3: Berapa biaya iuran BPJS Kesehatan Medan?
Answer 3: Biaya iuran BPJS Kesehatan Medan dibedakan berdasarkan jenis kepesertaan dan kelas perawatan. Biaya iuran untuk peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) adalah sebesar Rp25.500 per bulan. Biaya iuran untuk peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) dibayarkan oleh pemberi kerja dan pekerja. Pemberi kerja membayar sebesar 4% dari gaji pekerja, sedangkan pekerja membayar sebesar 1% dari gaji. Biaya iuran untuk peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) dibayarkan oleh pemerintah.

Question 4: Di mana saja saya bisa mendapatkan layanan kesehatan menggunakan BPJS Kesehatan Medan?
Answer 4: BPJS Kesehatan Medan bekerja sama dengan berbagai fasilitas kesehatan yang tersebar di seluruh wilayah Medan dan sekitarnya, meliputi rumah sakit, puskesmas, klinik, dan dokter praktik perorangan.

Question 5: Bagaimana cara mengajukan klaim BPJS Kesehatan Medan?
Answer 5: Pengajuan klaim BPJS Kesehatan Medan dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Mobile JKN atau secara offline di kantor BPJS Kesehatan Medan atau kantor cabang BPJS Kesehatan Medan.

Question 6: Apa saja manfaat menjadi peserta BPJS Kesehatan Medan?
Answer 6: Manfaat menjadi peserta BPJS Kesehatan Medan meliputi akses layanan kesehatan yang mudah dan terjangkau, perlindungan finansial dari biaya kesehatan yang tinggi, dan ketenangan pikiran karena memiliki jaminan kesehatan bagi diri sendiri dan keluarga.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang BPJS Kesehatan Medan. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi kantor BPJS Kesehatan Medan atau kantor cabang BPJS Kesehatan Medan terdekat.

Selain mengetahui informasi tentang BPJS Kesehatan Medan, Anda juga perlu mengetahui tips-tips untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit.

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit:

Tip 1: Pola makan sehat
Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Perbanyak konsumsi buah, sayur, dan biji-bijian. Batasi konsumsi makanan yang tinggi lemak, gula, dan garam.

Tip 2: Olahraga teratur
Olahraga secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari atau 150 menit setiap minggu.

Tip 3: Istirahat cukup
Istirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Tidurlah selama 7-8 jam setiap malam.

Tip 4: Kelola stres
Stres dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental. Kelola stres dengan baik melalui kegiatan-kegiatan yang positif, seperti berolahraga, mendengarkan musik, atau menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat menjaga kesehatan tubuh dan pikiran agar terhindar dari penyakit.

Demikian informasi lengkap mengenai BPJS Kesehatan Medan dan tips-tips untuk menjaga kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Conclusion

BPJS Kesehatan Medan merupakan program pemerintah yang wajib diikuti oleh seluruh warga negara Indonesia. BPJS Kesehatan Medan bertujuan untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi seluruh masyarakat, sehingga mereka dapat mengakses layanan kesehatan yang berkualitas dengan biaya yang terjangkau.

BPJS Kesehatan Medan memiliki berbagai keunggulan, di antaranya kantor layanan yang mudah dijangkau, jenis layanan kesehatan yang lengkap, biaya iuran yang terjangkau, dan fasilitas kesehatan bekerja sama yang luas.

Selain mengetahui informasi tentang BPJS Kesehatan Medan, masyarakat juga perlu mengetahui tips-tips untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit. Tips-tips tersebut meliputi pola makan sehat, olahraga teratur, istirahat cukup, dan pengelolaan stres.

Dengan mengikuti program BPJS Kesehatan Medan dan menerapkan tips-tips untuk menjaga kesehatan, masyarakat dapat hidup sehat dan terhindar dari penyakit.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan sebaik-baiknya. Hidup sehat adalah investasi yang sangat berharga.


Artikel Terkait

Bagikan: