3 Doa Setelah Shalat Dhuha yang Penting Diketahui

lisa


3 Doa Setelah Shalat Dhuha yang Penting Diketahui

Shalat Dhuha merupakan amalan sunnah yang dianjurkan Rasulullah SAW. Shalat ini memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah untuk melancarkan rezeki. Setelah melaksanakan shalat Dhuha, sangat dianjurkan untuk membaca doa-doa tertentu agar doa kita dikabulkan oleh Allah SWT.

Berikut ini adalah tiga doa yang disunnahkan dibaca setelah shalat Dhuha beserta artinya:

3 Doa Setelah Shalat Dhuha

Membaca doa setelah shalat Dhuha sangat dianjurkan, karena dapat menambah pahala dan keberkahan. Berikut adalah 10 poin penting tentang doa setelah shalat Dhuha:

  • Dibaca setelah salam
  • Disunnahkan membaca 3 doa
  • Memperlancar rezeki
  • Menambah pahala
  • Memperoleh keberkahan
  • Membaca doa yang diajarkan Nabi SAW
  • Membaca doa dengan khusyuk
  • Meyakini keutamaan doa
  • Berharap doa dikabulkan Allah SWT
  • Membaca doa secara rutin

Dengan membaca doa-doa setelah shalat Dhuha, semoga kita senantiasa mendapat limpahan rezeki dan keberkahan dari Allah SWT.

Dibaca setelah salam

Doa setelah shalat Dhuha disunnahkan untuk dibaca setelah selesai mengucapkan salam pada akhir shalat. Hal ini didasarkan pada hadits dari Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dan Imam Abu Daud:

“Barang siapa yang mengerjakan shalat Dhuha, kemudian dia duduk untuk berzikir kepada Allah SWT hingga matahari terbit, lalu dia mengerjakan dua rakaat shalat, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah yang sempurna.” (HR. At-Tirmidzi dan Abu Daud)

Setelah mengucapkan salam, dianjurkan untuk duduk sejenak di tempat shalat dan membaca doa-doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Doa-doa tersebut dapat dibaca dalam bahasa Arab atau bahasa Indonesia, yang terpenting adalah dibaca dengan khusyuk dan penuh penghayatan.

Dengan membaca doa setelah shalat Dhuha, semoga kita senantiasa mendapat limpahan rezeki dan keberkahan dari Allah SWT.

Disunnahkan membaca 3 doa

Setelah selesai mengucapkan salam pada akhir shalat Dhuha, disunnahkan untuk membaca tiga doa. Ketiga doa tersebut adalah sebagai berikut:

  • Doa Pertama

    ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ู‘ูŽ ุฅูู†ู‘ููŠ ุฃูŽุณู’ุฃูŽู„ููƒูŽ ุนูู„ู’ู…ู‹ุง ู†ูŽุงููุนู‹ุง ูˆูŽุฑูุฒู’ู‚ู‹ุง ุทูŽูŠู‘ูุจู‹ุง ูˆูŽุนูŽู…ูŽู„ู‹ุง ู…ูุชูŽู‚ูŽุจู‘ูŽู„ุงู‹

    Allahumma inni as’aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

    Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal, dan amal yang diterima.”

  • Doa Kedua

    ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ู‘ูŽ ุฅูู†ู‘ููŠ ุฃูŽุนููˆุฐูุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ููุชู’ู†ูŽุฉู ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ูˆูŽุนูŽุฐูŽุงุจู ุงู„ู’ู‚ูŽุจู’ุฑู ูˆูŽู…ูู†ู’ ุดูŽุฑู‘ู ุงู„ู’ู…ูŽุณููŠุญู ุงู„ุฏู‘ูŽุฌู‘ูŽุงู„ู

    Allahumma inni a’uudzu bika min fitnatid dunyaa wa ‘adzaabil qabri wa min syarril masiihid dajjaal.

    Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari fitnah dunia, azab kubur, dan dari kejahatan Al-Masih Ad-Dajjal.”

  • Doa Ketiga

    ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ู‘ูŽ ุฅูู†ู‘ููŠ ุฃูŽุณู’ุฃูŽู„ููƒูŽ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉูŽ ูˆูŽู†ูŽุนููŠู’ู…ูŽู‡ูŽุง ูˆูŽุฃูŽุนููˆุฐูุจููƒูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู ูˆูŽุญูŽุฑูู‡ูŽุง

    Allahumma inni as’aluka al-jannah wa na’iim, wa a’uudzu bika minan naar wa harriha.

    Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu surga dan kenikmatannya, dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka dan panasnya.”

Dengan membaca ketiga doa tersebut setelah shalat Dhuha, semoga kita senantiasa mendapat limpahan rezeki, terhindar dari fitnah dunia dan azab kubur, serta mendapat surga dan kenikmatannya.

Memperlancar rezeki

Salah satu keutamaan membaca doa setelah shalat Dhuha adalah untuk melancarkan rezeki. Rezeki yang dimaksud di sini bukan hanya berupa materi, tetapi juga segala sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan kita, seperti kesehatan, kebahagiaan, dan ilmu yang bermanfaat.

Dalam salah satu doanya, Rasulullah SAW memanjatkan doa:

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal, dan amal yang diterima.”

Dengan membaca doa tersebut, kita memohon kepada Allah SWT agar diberikan rezeki yang halal dan berkah. Rezeki yang halal adalah rezeki yang diperoleh dengan cara yang baik dan tidak melanggar syariat Islam. Sementara rezeki yang berkah adalah rezeki yang membawa manfaat dan keberkahan bagi kehidupan kita.

Selain itu, dengan membaca doa setelah shalat Dhuha, kita juga memohon kepada Allah SWT agar dihindarkan dari segala hal yang dapat menghalangi rezeki kita, seperti kemalasan, boros, dan sifat tercela lainnya.

Dengan membaca doa-doa tersebut secara rutin setelah shalat Dhuha, semoga kita senantiasa mendapat limpahan rezeki dan keberkahan dari Allah SWT.

Menambah pahala

Membaca doa setelah shalat Dhuha juga dapat menambah pahala bagi kita. Setiap doa yang kita baca, insya Allah akan dicatat sebagai amal ibadah dan akan mendapat pahala dari Allah SWT.

Pahala yang kita dapat dari membaca doa setelah shalat Dhuha tidak hanya terbatas pada doa-doa yang disunnahkan saja, tetapi juga doa-doa lainnya yang kita panjatkan kepada Allah SWT.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

“Tidak ada seorang pun yang berdoa kepada Allah SWT dengan doa yang baik, baik untuk urusan dunia maupun akhirat, kecuali Allah SWT akan memberikan apa yang ia minta atau menolak keburukan darinya.” (HR. Ibnu Majah)

Dengan membaca doa-doa setelah shalat Dhuha, semoga kita senantiasa mendapat tambahan pahala dan keberkahan dari Allah SWT.

Memperoleh keberkahan

Keberkahan adalah salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan kita. Keberkahan dapat membuat hidup kita lebih tenang, tentram, dan bahagia. Keberkahan juga dapat membuat rezeki kita lebih banyak dan bermanfaat.

Salah satu cara untuk memperoleh keberkahan adalah dengan membaca doa setelah shalat Dhuha. Dalam doa-doa tersebut, kita memohon kepada Allah SWT agar diberikan keberkahan dalam hidup kita.

Selain itu, dengan membaca doa setelah shalat Dhuha, kita juga memohon kepada Allah SWT agar dijauhkan dari segala sesuatu yang dapat menghalangi keberkahan dalam hidup kita, seperti sifat iri, dengki, dan sombong.

Dengan membaca doa-doa tersebut secara rutin setelah shalat Dhuha, semoga kita senantiasa mendapat limpahan keberkahan dari Allah SWT.

Membaca doa yang diajarkan Nabi SAW

Doa-doa setelah shalat Dhuha yang kita baca merupakan doa-doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Doa-doa tersebut telah diriwayatkan oleh para sahabat dan tabi’in, sehingga sanadnya jelas dan shahih.

  • Doa Pertama

    Doa pertama yang disunnahkan dibaca setelah shalat Dhuha adalah doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada Sayyidah Fatimah az-Zahra. Doa tersebut adalah:

    ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ู‘ูŽ ุฅูู†ูู‘ูŠ ุฃูŽุณู’ุฃูŽู„ููƒูŽ ุนูู„ู’ู…ู‹ุง ู†ูŽุงููุนู‹ุง ูˆูŽุฑูุฒู’ู‚ู‹ุง ุทูŽูŠูู‘ุจู‹ุง ูˆูŽุนูŽู…ูŽู„ู‹ุง ู…ูุชูŽู‚ูŽุจู‘ูŽู„ุงู‹

    Allahumma inni as’aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

    Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal, dan amal yang diterima.”

  • Doa Kedua

    Doa kedua yang disunnahkan dibaca setelah shalat Dhuha adalah doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada Mu’adz bin Jabal. Doa tersebut adalah:

    ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ู‘ูŽ ุฅูู†ูู‘ูŠ ุฃูŽุนููˆุฐูุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ููุชู’ู†ูŽุฉู ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ูˆูŽุนูŽุฐูŽุงุจู ุงู„ู’ู‚ูŽุจู’ุฑู ูˆูŽู…ูู†ู’ ุดูŽุฑู‘ู ุงู„ู’ู…ูŽุณููŠุญู ุงู„ุฏู‘ูŽุฌู‘ูŽุงู„ู

    Allahumma inni a’uudzu bika min fitnatid dunyaa wa ‘adzaabil qabri wa min syarril masiihid dajjaal.

    Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari fitnah dunia, azab kubur, dan dari kejahatan Al-Masih Ad-Dajjal.”

  • Doa Ketiga

    Doa ketiga yang disunnahkan dibaca setelah shalat Dhuha adalah doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada Abu Darda’. Doa tersebut adalah:

    ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ู‘ูŽ ุฅูู†ูู‘ูŠ ุฃูŽุณู’ุฃูŽู„ููƒูŽ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉูŽ ูˆูŽู†ูŽุนููŠู’ู…ูŽู‡ูŽุง ูˆูŽุฃูŽุนููˆุฐูุจููƒูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู ูˆูŽุญูŽุฑูู‡ูŽุง

    Allahumma inni as’aluka al-jannah wa na’iim, wa a’uudzu bika minan naar wa harriha.

    Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu surga dan kenikmatannya, dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka dan panasnya.”

Dengan membaca doa-doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, semoga doa-doa kita senantiasa dikabulkan dan diijabah oleh Allah SWT.

Membaca doa dengan khusyuk

Agar doa-doa kita dikabulkan oleh Allah SWT, sangat penting untuk membacanya dengan khusyuk. Khusyuk adalah keadaan hati yang tenang, fokus, dan hadir dalam berdoa.

Membaca doa dengan khusyuk dapat dilakukan dengan cara:

  • Memahami arti dari doa yang kita baca.
  • Berkonsentrasi penuh pada doa yang kita baca.
  • Meresapi setiap kalimat doa yang kita baca.
  • Membaca doa dengan suara yang rendah dan tidak terburu-buru.
  • Menghayati doa yang kita baca seolah-seola kita sedang berbicara langsung kepada Allah SWT.

Dengan membaca doa-doa tersebut secara khusyuk, semoga doa-doa kita senantiasa dikabulkan dan diijabah oleh Allah SWT.

Berharap doa dikabulkan Allah SWT

Setelah membaca doa-doa setelah shalat Dhuha dengan khusyuk dan meyakini keutamaannya, langkah selanjutnya adalah berharap doa-doa kita dikabulkan oleh Allah SWT.

  • Meyakini bahwa Allah SWT Maha Mendengar dan Maha Mengetahui

    Allah SWT adalah Tuhan Yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui. Dia mengetahui segala sesuatu yang ada di dalam hati kita, termasuk doa-doa yang kita panjatkan.

  • Meyakini bahwa Allah SWT Maha Pemurah dan Maha Pengasih

    Allah SWT adalah Tuhan Yang Maha Pemurah dan Maha Pengasih. Dia sangat sayang kepada hamba-Nya dan selalu ingin memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya.

  • Berdoa dengan penuh harap dan tawakal

    Berdoalah dengan penuh harap bahwa doa-doa kita akan dikabulkan oleh Allah SWT. Namun, jangan lupa untuk selalu bertawakal kepada Allah SWT. Tawakal artinya berserah diri kepada Allah SWT setelah berusaha dan berdoa.

  • Jangan putus asa

    Jika doa-doa kita belum dikabulkan, jangan putus asa. Teruslah berdoa dan berikhtiar. Allah SWT akan mengabulkan doa-doa kita pada waktu yang tepat.

Dengan berharap doa-doa kita dikabulkan oleh Allah SWT, semoga doa-doa kita senantiasa diijabah dan dikabulkan oleh-Nya.

Membaca doa secara rutin

Agar doa-doa kita senantiasa dikabulkan oleh Allah SWT, sangat penting untuk membacanya secara rutin. Membaca doa secara rutin dapat dilakukan setiap hari, baik setelah shalat Dhuha maupun pada waktu-waktu lainnya.

Dengan membaca doa secara rutin, kita menunjukkan kepada Allah SWT bahwa kita sungguh-sungguh dalam memohon sesuatu kepada-Nya. Kita juga menunjukkan bahwa kita yakin bahwa Allah SWT Maha Mendengar dan Maha Mengetahui doa-doa kita.

Selain itu, membaca doa secara rutin juga dapat membantu kita untuk lebih khusyuk dan fokus dalam berdoa. Kita akan lebih mudah untuk meresapi setiap kalimat doa yang kita baca dan menghayatinya seolah-olah kita sedang berbicara langsung kepada Allah SWT.

Dengan membaca doa-doa setelah shalat Dhuha secara rutin, semoga doa-doa kita senantiasa dikabulkan dan diijabah oleh Allah SWT.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai doa setelah shalat Dhuha:

Pertanyaan 1: Apakah boleh membaca doa setelah shalat Dhuha selain tiga doa yang disunnahkan?
Jawaban: Boleh, tidak masalah jika membaca doa selain tiga doa yang disunnahkan. Yang penting adalah doa yang kita baca sesuai dengan ajaran Islam dan tidak mengandung syirik.

Pertanyaan 2: Apakah membaca doa setelah shalat Dhuha dapat dilakukan kapan saja?
Jawaban: Disunnahkan untuk membaca doa setelah shalat Dhuha segera setelah selesai mengucapkan salam. Namun, jika tidak sempat, doa dapat dibaca kapan saja sebelum matahari tergelincir.

Pertanyaan 3: Apakah ada syarat khusus untuk membaca doa setelah shalat Dhuha?
Jawaban: Tidak ada syarat khusus untuk membaca doa setelah shalat Dhuha. Namun, dianjurkan untuk membaca doa dengan khusyuk dan penuh penghayatan.

Pertanyaan 4: Apakah doa setelah shalat Dhuha dapat dibaca dalam bahasa Indonesia?
Jawaban: Boleh, doa setelah shalat Dhuha dapat dibaca dalam bahasa Indonesia atau bahasa lainnya yang dikuasai. Yang penting adalah makna doa tersebut dipahami dan dihayati.

Pertanyaan 5: Apakah membaca doa setelah shalat Dhuha dapat dilakukan secara berjamaah?
Jawaban: Boleh, membaca doa setelah shalat Dhuha dapat dilakukan secara berjamaah maupun sendirian.

Pertanyaan 6: Apakah ada keutamaan khusus bagi orang yang membaca doa setelah shalat Dhuha?
Jawaban: Membaca doa setelah shalat Dhuha memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah melancarkan rezeki, menambah pahala, memperoleh keberkahan, dan dijauhkan dari fitnah dunia dan azab kubur.

Demikianlah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai doa setelah shalat Dhuha. Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Selain membaca doa-doa setelah shalat Dhuha, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memperlancar rezeki, di antaranya adalah:

Tips

Selain membaca doa-doa setelah shalat Dhuha, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memperlancar rezeki, di antaranya adalah:

1. Bekerja keras dan bersungguh-sungguh
Rezeki tidak akan datang dengan sendirinya. Oleh karena itu, penting untuk bekerja keras dan bersungguh-sungguh dalam segala hal yang kita lakukan. Jangan malas dan jangan pernah menyerah untuk berusaha.

2. Berhemat dan tidak boros
Salah satu cara untuk memperlancar rezeki adalah dengan berhemat dan tidak boros. Hindari pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu dan gunakan uang kita dengan bijak.

3. Bersedekah dan membantu orang lain
Bersedekah dan membantu orang lain dapat membuka pintu rezeki. Ketika kita memberi, Allah SWT akan membalas dengan lebih banyak rezeki.

4. Bersyukur dan menerima rezeki dengan ikhlas
Bersyukur atas rezeki yang kita terima adalah salah satu kunci untuk memperlancar rezeki. Jangan pernah mengeluh atau merasa tidak cukup. Terimalah rezeki yang kita terima dengan ikhlas dan syukurilah.

Dengan mengamalkan tips-tips di atas, insya Allah rezeki kita akan semakin lancar dan berkah. Namun, jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah SWT dan bertawakal kepada-Nya.

Kesimpulan

Membaca doa setelah shalat Dhuha merupakan amalan sunnah yang memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah melancarkan rezeki, menambah pahala, memperoleh keberkahan, dan dijauhkan dari fitnah dunia dan azab kubur.

Ada tiga doa yang disunnahkan untuk dibaca setelah shalat Dhuha, yaitu:

  • Allahumma inni as’aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa ‘amalan mutaqobbalaa.
  • Allahumma inni a’uudzu bika min fitnatid dunyaa wa ‘adzaabil qabri wa min syarril masiihid dajjaal.
  • Allahumma inni as’aluka al-jannah wa na’iim, wa a’uudzu bika minan naar wa harriha.

Agar doa-doa kita dikabulkan oleh Allah SWT, sangat penting untuk membacanya dengan khusyuk, meyakini keutamaannya, berharap doa-doa kita dikabulkan, dan membacanya secara rutin.

Selain membaca doa-doa tersebut, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memperlancar rezeki, di antaranya adalah bekerja keras dan bersungguh-sungguh, berhemat dan tidak boros, bersedekah dan membantu orang lain, serta bersyukur dan menerima rezeki dengan ikhlas.

Dengan mengamalkan sunnah membaca doa setelah shalat Dhuha dan mengikuti tips-tips di atas, insya Allah rezeki kita akan semakin lancar dan berkah.


Artikel Terkait

Bagikan:

lisa

Hai, nama aku Lisa! Udah lebih dari 5 tahun nih aku terjun di dunia tulis-menulis. Gara-gara hobi membaca dan menulis, aku jadi semakin suka buat berbagi cerita sama kalian semua. Makasih banget buat kalian yang udah setia baca tulisan-tulisanku selama ini. Oh iya, jangan lupa cek juga tulisan-tulisanku di Stikes Perintis, ya. Dijamin, kamu bakal suka! Makasih lagi buat dukungannya, teman-teman! Tanpa kalian, tulisanku nggak akan seistimewa ini. Keep reading and let's explore the world together! ๐Ÿ“–โค๏ธ

Tags

Cek di Google News

Artikel Terbaru